Cari Blog Ini

Lawang Sewu Gedung bersejarah dan angker yang menjadi tempat wisata di Semarang


Foto oleh @margarethapita
Lawang Sewu adalah gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah tepatnya berada diJalan Pemuda, Sekayu, Kota Semarang, Jawa Tengah.Gedung Lawang sewu dahulunya adalah kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.Didirikan pada tahun 1904 hingga selesai pada tahun 1907.

Mengapa dijuluki Gedung Lawang Sewu?

Arti kata lawang sewu sendiri menurut bahasa jawa Lawang berarti adalah Pintu dan Sewu artinya seribu, jadi lawang sewu adalah gedung dengan pintu seribu.Namun jika dihitung tidak sampai seribu pintu, tetapi untuk memudahkan orang-orang tetap menyebutnya Lawang Sewu atau pintu seribu.

Bangunan ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api, Bangunan ini memiliki konstruksi yang cukup megah dengan dua lantai.

Selain itu juga disebut sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV / Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah.Gedung ini juga memiliki kisah  sejarah yang sama persis dengan Pertempuran Semarang di Semarang (14 Oktober - 19). Oktober 1945).

Gedung tua ini menjadi lokasi revolusi yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang.Oleh karena itu Walikota semarang memasukan Gedung Lawang sewu ini sebagai salah satu gedung kuno yang bersejarah.

Setelah berjalannya waktu Gedung Tua lawang sewu ini sebagai tempat wisata yang cukup terkenal dikota Semarang.Mendengar tentang bangunan lawang sewu ini pasti akan terlintas difikiran Sobat tentang cerita mistis dan menakutkan namun Sobat tidak perlu takut lagi karena setiap hari bsnyak pengunjung yang datang ke sana.

Harga tiket masuk ke lawang sewu tidaklah mahal karena untuk dewasa hanya dikenakan tarif Rp 10.000 dan anak anak Rp5000.Harga yang cukup murah untuk mengeksplor gedung tua ini.

Sobat bisa mencari tempat terbaik dengan menyusuri lorong lorong gedung dengan tampilan dinding yang unik, sobat juga bisa menemukan museum kereta tua dan sumur pompa jaman dulu, Selain itu Sobat juga bisa menyusuri lorong di bawah tanah yang konon menjadi tempat penyiksaan, sampai sekarang akan terasa lebih mistis dan angker.
Gedung yang terlihat angker oleh @ Jimbo_ndut
Baca juga  Tempat wisata terhits dan instagramable di Jogjakarta

Untuk Fasilitas yang ada di lawang sewu ini tidak komplit seperti wahana permainan, seperti tempat lain, karena kita datang di sini untuk melihat kisah pemuda Semarang dalam perang, dan melihat Bangunan tua yang paling angker.Namun Sobat dapat menemukan semua fasilitas yang diperlukan di seputaran kota ini, seperti: tempat makan, hotel, penginapan, resto atau pusat oleh oleh dan melayani khas Kota Semarang.

Jika Sobat mau menginap, diseputaran Lawang sewu ini banyak sekali hotel hotel megah dengan berbagai fasilitas yang komplit, selain hotel untuk menikmati kuliner juga lengkap diseputaran kota Sekayu karena lokasi di tengah kota Semarang.

Nah bagi Sobat yang datang ke Kota Semarang rasanya belum lengkap jika belum datang ke Gedung Lawang sewu ini, eeeem,mudah mudahan sedikit artikel ini bisa jadi ilmu pengetahuan dan teferensi tujuan Sobat jika berkunjung ke Semarang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lawang Sewu Gedung bersejarah dan angker yang menjadi tempat wisata di Semarang"

Posting Komentar