Cari Blog Ini

Sejarah Klenteng Sam Po Kong yang menjadi tempat Wisata di Semarang.

Mungkin bagi Sobat banyak yang belum tau tentang sejarah berdirinya klenteng Sam Po Kong Semarang, Kali ini kami akan berbagi sedikit informasi tentang Klenteng Sam Po Kong yang kini telah berubah menjadi tempat wisata, meskipun sebenarnya Klenteng ini merupakan tempat peribadatan.
Klenteng Sam Po Kong by@Rahyani
Klenteng Sam Po Kong merupakan Klenteng yang ada di Semarang dengan karakter Bangunan Cina yang sangat khas.

Bagaimanakah asal mula berdirinya Klenteng Sam Po Kong?

Klenteng Sam Po Kong berada diJalan Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Bongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kelenteng atau kuil Sam Po Kong adalah petilasan, yaitu dulunya tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yaitu Zheng He / Cheng Ho di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Tanda tanda yang menunjukkan petilasan yang berciri keislamanan dengan ditemukannya tulisan "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an".

Gedung Batu atau yang disebut Klenteng ini merupakan Gua Batu besar yang terletak di bukit batu, orang Indonesia menganggap bangunan itu adalah sebuah kelenteng karena konsep arsitektur seperti bangunan Cina seperti sebuah kelenteng.

Dan sekarang tempat ini digunakan sebagai tempat untuk berziarah.sehingga di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar, dan patung-patung Sam Po Tay Djien, untuk acara acara tersebut.Padahal laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim.

Oleh orang orang keturunan cina mereka menganganggap sebagai dewa, karena orang orang yang beragama Kong Hu Cu atau Tau, orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Menurut cerita, Laksamana Zheng He sedang berlayar melewati laut jawa, namun banyak yang terbangun kapalnya yang sakit ditengah perjalannya.Kemudian beliau lakukan untuk mendaratkan kapita kemudian merapat ke pantai utara semarang.

Kemudian tinggal di sebuah Goa selama penyembuhan yang sakit, kemudian mereka mendirikan sebuah masjid yang sekarang telah berubah menjadi kelenteng Sam Po Kong yang sangat terkenal di kota Semarang.

Dimanakah Jalur Klenteng Sam Po Kong Semarang?

Jalur yang harus dilalui untuk menuju Klenteng Sam Po Kong adalah sebagai berikut:

Bagi Sobat yang ingin datang ke tempat ini Sobat bisa melalui jalur menuju Jl.Sriwijaya menuju RSUP. Dr. Kariadi.Pada pertigaan yang akan menuju ke RSUP, Sobat harus berbelok ke kiri menuju jalan Kaligarang & berbelok lagi tiba di pertigaan yang mengarah ke Simongan, dari situ Sobat sudah dekat dengan tujuan Klenteng Sam Po Kong.

Bagi Sobat yang berkunjung dari jogja, dapat mengambil jalur menuju magelang kemudian terus menuju jalur ambarawa.Dari situ Sobat menuju ungaran, melalui Yayasan Buddhagaya & terus hingga rute yang sama dengan arah RSUP hingga tiba Klenteng Sam Po Kong.

Untuk mudahnya, Sobat juga dapat menggunakan petunjuk arah dengan bantuan google maps baik itu menggunakan rute non tol untuk sepeda motor maupun mobil dengan menggunakan rute yang mudah agar tidak melalui jalur yang salah.

Bagi Sobat yang menuju ke Klenteng Sam Po Kong menggunakan kereta api, Sobat bisa turun di stasiun Tawang semarang kemudian untuk lebih mudah Sobat dapat menyewa kendaraan seperti motor dan mobil yang banyak disewakan diseputaran Stasiun Tawang.

Baca juga  Gedung Lawang Sewu Semarang dan harga tiket masuknya

Berapa harga tiket masuk Klenteng Sam Po Kong?
Mungkin bagi Sobat banyak yang mau berkunjung ke sana namun belum tau tentang harga tiket masuknya berikut adalah harga tiket sesuai kategorinya:

Wisatawan domestik untuk masuk area pada hari biasa sbb:
Dewasa Rp5000. Anak anak Rp3000.

Untuk masuk area sembahyang sbb:
Dewasa Rp20.000. Anak anak Rp10.000.

Bagi pengunjung Mancanegara untuk masuk area wisata Rp10.000 untuk masuk ke area sembahyang Rp30.000.

Untuk harga tiket hari libur (akhir pekan) yang berbeda yaitu sbb:
Dewasa Rp8000. Anak anak Rp5000.

Sedangkan untuk masuk tempat sembahyang,
Dewasa Rp20.000. Anak anak Rp10.000
Sedangkan untuk wisatawan Mancanegara biaya masuk area wisata Rp15.000 dan untuk masuk tempat sembahyang Rp30.000.

Fasilitas Klenteng Sam Po Kong.

Apa saja fasilitas yang ada di Klenteng Sam Po Kong Semarang ?? Berbicara tentang fasilitas klenteng ini, kerena sekarang berubah fungsi menjadi tempat wisata yang banyak fasilitas yang disediakan disana seperti:
1.Toilet / kamar mandi.
    Harga untuk ke toilet dan kmar mandi standar seperti tempat lain.
2.Area parkir yang cukup luas.
    Area parkir luas dengan tarif murah Rp5000.
3.sewa kamera.
    Harga sewa kamera juga tidak mahal, sesuai dengan kebutuhan Sobat, mau copy file, cetak, sekalian Fotografernya juga bisa.
4. Sewa Guide
    Disana Sobat juga bisa menggunakan jasa panduan untuk memandu dan menjelaskan cerita yang ada di sana, Biasanya cukup dengan membayar Rp30.000 hingga Rp50.000.
5.Sewa pakainan
   Disana Sobat juga bisa sewa pakaian adat China untuk berfoto dengan durasi waktu sepuasnya biasanya biaya sewa Rp100.000.

Tips bagi Sobat yang ingin pergi ke sana lebih baik pada hari hari raya imlek atau perayaan orang-orang Cina agar bisa menyaksikan berbagai atraksi seperti barongsai dan bazar atau pameran kuliner.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Klenteng Sam Po Kong yang menjadi tempat Wisata di Semarang. "

Posting Komentar