Cari Blog Ini

Keindahan Curug Maribaya Yang Terkenal Sebagai Tempat Pemandian Air Panas Di Bandung Barat



Keindahan Curug Maribaya Bandung sudah terkenal sejak dulu, karena selain pemandangan yang bagus di Curug Maribaya Bandung ini menjadi tempat pemandian air panas yang sangat diminati.

Apa sih Curug Maribaya itu?
Mungkin Sobat ada yang belum tahu tentang Curug Maribaya yang ada di Bandung Barat ini.
Nama julukan curug Maribaya ini berasal dari bahasa Sunda yaitu MARI yang berarti sehat dan BAYA yang berarti bahagia.

Namun ada versi yang berbeda tentang asal usul nama curug Maribaya ini adalah bekas tumpahan air yang dilakukan oleh seorang gadis dari keluarga yang miskin yang menumpahkan air dari dalam bokor yang diberikan dari sang ayah setelah bertapa, dan setelah beberapa hari keajaiban datang, bekas air yang ditumpahkan itu muncul lah air panas yang mengandung belerang , konon air belerang tersebut berkasiat bisa mengobati berbagai penyakit, dan hingga saat itu tempat itu diberi julukan curug maribaya sebagai pemandian air panas.
keindahan curug maribaya
PantainyaJogja.com foto oleh @ Jelajahbandung
Sampai sekarang keindahan curug maribaya ini menjadi sebuah objek wisata yang memiliki ciri khas pemandian air panas di Bandung Barat.Namun tempat wisata ini sekarang lebih diminati karena keindahan alamnya dan air terjun yang sangat cantik.

Dimana lokasi Curug Maribaya yang ada di Kota Bandung?
Bagi Sobat yang ingin berkunjung ke Bandung tidak ada salahnya untuk mampir ke Curug Maribaya yang sangat terkenal ini, Curug Maribaya terletak di Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang Bandung Barat yang berjarak sekitar 15 km dari kota Bandung.Lokasi yang sangat mudah Sobat Temukan jika berada di kota Bandung, ada beberapa rute yang dapat digunakan untuk menuju Curug Maribaya Bandung ini.
Rute menuju Curug Maribaya Bandung Barat.
Rute yang pertama yaitu melewati Dago atas.
Sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan rute dari arah terminal Dago Sobat akan menemukan pertigaan kemudian dari pertigaan Sobat belok kiri menuju arah Dago Giri, kemudian Sobat lurus saja kemudian akan menemukan Lembang kemudian Maribaya, setelah sampai Sobat akan menemukan beberapa papan petunjuk arah menuju air terjun Maribaya.

Rute yang ke dua melewati Dago Ciumbeleuit.
Jalur ini Sobat harus melewati daerah Dago kemudian menuju Ciumbeleuit kemudian Sobat menuju ke arah Punclut kemudian Arah menuju Lembang, dan ikutilah jalan lurus hingga sampai Maribaya.

Rute yang ke tiga adalah melewati jalan Setia Budi.
Dari arah Dago Sobat harus menuju jalan Setia Budi yang ada di dekat Ledeng atau UPI kemudian menelusuri jalur lurus menuju Lembang kemudian menelusuri jalan menuju daerah Maribaya, dan Sobat akan menemukan papan petunjuk yang sangat jelas untuk menemukan lokasi curug Maribaya yang Sobat tuju.

Tak usah khawatir akan tersesat karena banyak sekali papan petunjuk untuk menuju tempat curug Maribaya ini, selain itu Sobat juga bisa menggunakan Smartphone Sobat untuk buka peta Google.

Harga tiket masuk dan fasilitas  Curug Maribaya Bandung Barat.
Tak usah khawatir untuk harga tiketnya cukup murah kok, untuk bisa menikmati keindahan curug maribaya Sobat hanya dikenakan biaya tiket masuk Rp8000 per orang. Hanya dengan biaya yang cukup murah ini Sobat sudah bisa menikmati keindahan curug Maribaya dengan sejuta keindahan Curug maupun hutan alami nan cantik.

Selain biaya masuk ke curug maribaya tersebut Sobat juga harus mengeluarkan biaya parkir kendaraan yang sobat kendarai, untuk biaya parkir mobil sebesar Rp20.000 dan untuk parkir motor Rp5000.
Fasilitas yang ada di curug Maribaya.
Berbicara tentang fasilitas ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan, Fasilitas yang ada di Curug Maribaya sudah cukup lengkap, seperti fasilitas penunjang yaitu area parkir yang luas, toilet, mushola dan tempat tempat istirahat yang gratis, selain itu Jika Sobat ingin menikmati kuliner di sana juga banyak rumah makan atau Resto yang menyediakan berbagai masakan, 
keindahan curug maribaya
PantainyaJogja.com foto oleh @ senifotoembongan
Baca juga Kawah putih Ciwidey Bandung yang sangat instagramable

Jam buka tempat wisata indah Curug Maribaya.
Berbicara tentang jam operasional tempat wisata Curug maribaya ini juga normal seperti di tempat wisata pada umumnya yaitu buka pukul pukul 08.00 dan tutup hingga pukul 22.00.Wooow cukup menarik sekali karena jam tutup malam, karena banyak para wisatawan yang ingin menikmati suasana sore hari dan menikmati sunset di seputaran curug Maribaya ini.

Jika Sobat sudah puas menikmati keindahan Curug Maribaya yang terkenal sebagai tempat pemandian air panas ini dan ingin menginap, banyak sekali tempat menginsp sederhana dan sekelas hotel yang ada di seputaran Curug Maribaya Bandung ini.Harga yang ditawarkan sebuah hotel atau homestay di sana juga bervareasi sesuai dengan fasilitas yang disediakan.Harga yang ditawarkan sana biasanya sekitar Rp300.000 hingga Rp800.000, harga tersebut Sobat sudah bisa menikmati fasilitas hotel bintang 3 dan bintang 4 yang ada di seputaran Wisata Curug Maribaya Bandung Barat ini.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi Sobat jika berkunjung ke Kota Bandung, dan ingin menikmati keindahan alam dengan air terjun dan pemandian air panas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keindahan Curug Maribaya Yang Terkenal Sebagai Tempat Pemandian Air Panas Di Bandung Barat"

Posting Komentar