Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Yang Sangat Terkenal di Kabupaten Karanganyar


Tawangmangu merupakan sebuah Kecamatan yang berada di Kabupaten Karanganyar,Jawa Tengah.Tawangmangu ini sangat terkenal dengan tempat wisata pegunungan yang mempunyai pemandangan yang bagus dan suasana kesejukan yang membuat betah berkunjung ke Tawangmangu Jawa Tengah ini.

Tawangmangu ini merupakan sebuah ibukota Kecamatan yang menyimpan tempat wisata yang sangat terkenal yaitu air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu yang menjadi tempat wisata favorit di Kabupaten Karanganyar ini.

Wisata Tawangmangu  Karanganyar ini sebenarnya sangat banyak sekali meskipun belum begitu populer seperti halnya dengan wisata Grojogan Sewu misalnya tempat wisata yang ada di Tawangmangu Karanganyar antara lain:
*Javenir park Taman Balekambang Tawangmangu
*Wisata Bukit Skipan Tawangmangu
*Telaga Madirda
*Wisata Batu Gamping Tanggolasi dan masih banyak yang lainnya.

PantainyaJogja.com
Air terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu diantara tempat wisata yang ada di Kecamatan Tawangmangu yang paling populer,bahkan namanya sudah terkenal sampai ke penjuru Nusantara,pastinya Sobat juga sudah pernah berkunjung ke tempat wisata grojogan sewu ini.

Dimanakah letak air terjun Grojogan sewu Tawangmangu?
Jika Sobat belum pernah datang ke Grojogan sewu Tawangmangu ini simak ulasan pada artikel ini.
Air terjun Grojogan Sewu ini berada di JL Raya Tawangmangu,Beji,Kecamatan Tawangmangu,Kabupaten Karanganyar,Jawa Tengah.

Air terjun Grojogan sewu ini merupakan air terjun yang sangat terkenal dengan ketinggian air terjun yang paling tinggi daripada air terjun yang lain.Air Terjun Grojogan Sewu ini berada di lereng gunung lawu dengan suhu udara yang dingin yang berjarak sekitar 27 Km sebelah timur Kota Karanganyar dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Surakarta.

Untuk menuju lokasi Grojogan Sewu Tawangmangu ini Sobat bisa memilih diantara dua pintu masuk yang ada di sana,tetapi yang biasa di lalui adalah pintu masuk yang pertama  yang berada di dekat taman Balekambang,karena tempatnya yang dekat dengan terminal Tawangmangu sehingga banyak yang masuk melalui pintu masuk yang pertama ini.

Pintu masuk yang pertama ini memiliki suasana yang berbeda daripada pintu masuk yang ke dua,disana Sobat akan disambut dengan kuda kuda yang berjajar.Untuk akses masuknya melalui jalan setapak dengan tangga yang sudah lumayan bagus,namun membutuhkan tenaga yang ekstra dan kondisi badan yang fit,karena Sobat akan melewati anak tangga yang berjumlah sekitar 1000 anak tangga yang dapat menguras tenaga Sobat.

Melewati pintu masuk yang pertama ini merupakan sebuah tantangan tersendiri dan akan membayar rasa penasaran Sobat tentang banyaknya anak tangga yang bisa menguras tenaga,sebaiknya Sobat juga mempersiapkan bekal air minum yang cukup,jika Sobat merasa lelah sebelum sampai air terjun Grojogan Sewu ini tak usah khawatir karena disamping anak tangga tersebut ada gasebo gasebo tempat istirahat sementara untuk kembali melakukan perjalanan Sobat.

Berapa harga tiket masuk Tawangmangu?
Mungkin Sobat juga penasaran dengan harga tiket masuknya,nah untuk harga tiket masuk Grojogan sewu Tawangmangu ini tidaklah mahal karena Sobat hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 17.000 saja perorang,Sobat sudah bisa menikmati panorama keindahan air terjun dengan sejuknya suasana alam.Di sana Sobat juga akan menemukan banyak monyet monyet alam yang berkeliaran,Kami sarankan untuk menyiapkan makanan bagi monyet monyet yang mendekat.

Jangan lupa juga menyembunyikan makanan maupun minuman yang Sobat bawa kalau tidak mau direbut oleh monyet monyet tersebut,karena menurut pengalaman pribadi saya saat berkunjung ke sana,minuman yang baru saja saya beli belum saya minum malah direbut monyet,akhirnya saya pun tidak jadi minum deeh,karena monyet monyet disana tidak takut dengan pengunjung,bahkan selalu mendekat untuk merebut bekal makanan dan minuman yang kita bawa.
Baca juga  Telaga sarangan Magetan sangat terkenal dengan wisata speedboat yang ekstrem
grojogan sewu tawangmangu
PantainyaJogja.com foto by@infotawangmangu
Apasaja Fasilitas yang ada di grojogan sewu Tawangmangu?
Berbicara tentang fasilitas yang ada di Grojogan Sewu Tawangmangu ini sudah cukup lengkap mulai dari tempat parkir yang luas,tempat MCK,mushola atau tempat ibadah,rumaah makan dan restoran maupun penginapan dan hotel sudah ada di sana.

Penginapan yang ada di Tawangmangu memang sudah sangat lengkap,ada beberapa penginapan yang bisa Sobat temukan di Tawangmangu antara lain:
*Nava Hotel Tawangmangu
alamat:Jl Grojogan Sewu pintu 2,Ngunut lor Rt 4 Rw 6,Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.
*Omah Joglo Salere
Alamat:Tengklik Tawangmangu Salere Rt 01 Rw 10,Salere,Tengklik,Tawangmangu,Kabupaten Karanganyar.
*Samara Homestay Tawangmangu
Alamat:Jl.Grojogan Sewu,Beji,Tawangmangu,Kabupaten Karanganyar,Jawa Tengah.
*Hotel Bintang Tawangmangu
Alamat:Jl raya Lawu,Bener,Tawangmangu Karanganyar.

Selain penginapan tersebut masih banyak lagi hotel dan penginapan yang murah yang ada di seputaran Grojogan Sewu Tawangmangu yang bisa Sobat temukan di sana.

Diseputaran tempat wisata Grojogan Sewu Tawangmangu ini juga banyak tempat oleh oleh yang menyediakan berbagai makanan khas Tawangmangu,untuk bisa menemukan oleh oleh yang lengkap Sobat bisa berkunjung ke Pasar wisata tawangmangu kabupaten Karanganyar Jawa tengah yang letaknya tidak jauh dari tempat wisata Grojogan Sewu Tawangmangu ini.

Di pasar wisata Tawangmangu ini Sobat bisa menemukan berbagai olahan khas Tawangmangu maupun buah segar seperti jeruk,dengan berbagai macam jenis jeruk,Sobat juga bisa mendapatkan berbagai Souvenir khas yang bisa jadi pilihan oleh oleh saat berkunjung ke sana.
Baca juga Goa Gong Pacitan Jawa Timur yang Sangat eksotis
grojogan sewu tawangmangu
Panainyajogja.com
Naah inilah sedikit ulasan dan pengalaman kami saat berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu.Mudah mudahan bisa jadi bahan referensi dan pengetahuan Sobat jika mau berkunjung ke tempat Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu,Karanganyar Jawa tengah.

Selain Grojogan Sewu Sobat juga bisa berkunjung ke tempat wisata yang terdekat dengan wisata alam Grojogan Sewu ini.
Baca jugaTempat Wisata Malang Yang Paling Populer tahun 2019

Posting Komentar untuk "Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Yang Sangat Terkenal di Kabupaten Karanganyar"