Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Pesona Puncak Sikunir Jawa Tengah Laksana Negeri Di atas Awan



Puncak Sikunir merupakan puncak tertinggi di lokasi wisata Dieng Jawa Tengah yang selalu menjadi tujuan bagi para traveller untuk menikmati keindahan alam dan sunset maupun sunrise yang sangat indah.Pesona keindahan puncak Sikunir ini sangat menarik dengan spot foto dari atas puncak,sehingga tak heran jika pada akhir pekan akan banyak pengunjung yang berbondong bondong  untuk menikmati pesonanya,baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bukit Sikunir atau yang biasa disebut dengan puncak Sikunir ini termasuk salah satu destinasi favorit yang ada di dataran tinggi  Dieng.Letak Bukit Sikunir ini berada di Kelurahan Sambungan,Kecamatan Kejajar,Kabupaten Wonosobo,Jawa Tengah yang merupakan Desa tertinggi dengan ketinggian 2.263 mdpl.Dengan ketinggian tersebut tentunya suhu udara sangat dingin meskipun pada musim kemarau,sehingga Sobat haris menggunakan jaket jika mau berkunjung ke puncak Sikunir Jawa Tengah ini.
harga tiket masuk sikunir
PantainyaJogja.com   by@Sikunir_wonosobo
Di lokasi puncak bukit Sikunir ini sangat terkenaldengan golden sunrisenya,karena Sobat bisa menikmati keindahan sunrise tanpa ada penghalang dari atas ketinggian bukit.
Jika Sobat mau pergi ke Puncak Sikunir lebih baik mengetahui terlebih dahulu tentang lokasinya dan jalur menuju Sikunir secara lengkap,agar perjalanan Sobat lancar sampai tujuan puncak Sikunir yang Sobat tuju.

Baca juga Pesona wisata malam simpang lima Semarang

Rute jalan menuju puncak Sikunir Jawa Tengah
Untuk rute menuju Sikunir Jawa Tengah ini sebenarnya cukup mudah,bisa Sobat temukan dari semua penjuru daerah.Pertama kali Sobat bisa menuju Wonosobo yaitu jalan raya Dieng kemudian pertigaan Dieng belok ke kiri menuju jalan raya Telaga Warna kemudian menuju Desa Sikunang kemudian bukit Sikunir.

Rute jalan ini merupakan rute utama menuju Sikunir yang bisa di tempuh dengan waktu sekitar 1,5jam perjalanan.

Jika Sobat melalui jalur pedesaan yaitu bisa melalui jalur Desa Mlandi dari Wonosobo menuju PLTA Garung kemudian belok ke kiri menuju Desa Mlandi arah menuju air terjun Sikarim kemudian ikuti jalan menuju Desa Sembungan dan kemudian menuju puncak bukut Sikunir.

Jalur menuju Sikunir ini merupakan rute alternatif yang lebih dekat namun jalan masih rusak dan Sobat akan melalui lahan pertanian dan hutan di lereng lereng pegunungan,bisa Sobat tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi roda 2 maupun roda 4.Waktu yang bisa Sobat tempuh dari jalur ini adalah sekitar 1 jam 15 menit.

lokasi puncak bukit sikunir
PantanyaJogja.com   by@Shintapradina
Harga tiket masuk puncak Sikunir Jawa Tengah
Jika Sobat mau berkunjung ke bukit Sikunir Jawa Tengah initakusah khawatir dengan harga tiket masuknya,karena harga retribusi Sikunir ini cukup murah karena Sobat hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 saja perorang,Sobat sudah bisa menikmati keindahan Golden sunrise dari atas ketinggian bukit.

Baca juga Lokasi tempat wisata Klenteng Sam Po Kong Semarang Jawa Tengah

Selain menikmati Sunrise Sobat juga bisa menikmati keindahan telaga Cebong dan air terjun Sikarim yang lokasinya tidak jauh dari puncak bukit Sikunir ini.Harga tiket masuk Sikunir tersebut hanya berlaku bagi wisatawan lokal,namun untuk wisatawan asing harganya berbeda yaitu sebesar Rp 30.000 per orang.

Fasilitas di puncak Sikunir Dieng Jawa Tengah
Berbicara tentang fasilitas bukit Sikunir tentunya sudah cukup lengkap,seperti tempat parkir yang cukup luas yang mampu menampung wisatawan yang berkunjung pada akhir pekan,Di puncak Sikunir juga ada fasilitas penginapan dan homestay yang sangat murah untuk rombongan,harga penginapan di puncak Sikunir mulai dari harga Rp 75.000 hingga Rp 200.000 sesuai dengan fasilitas dan banyaknya rombongan Sobat.

Fasikitas bukit Sikunir yang lainnya antara lain Toilet,mushola,warung makan juga sudah ada.Di sana juga ada tukang ojek yang siap mengantarkan Sobat dari lokasi parkiran hingga sampai ke post pendakian di telaga Cebong dengan tarif yang sangat murah yaitu sebesar Rp 5000 saja.Karena jika Sobat sudah lelah dengan perjalanan akan semakin lelah lagi dengan pendakian yang masih sekitar 2 Km menuju puncak Sikunir.

Sebelum Sobat menuju puncak Sikunir,Pos pendakian Sobat akan dimulai dari telaga Cebongan,sebelum melakukan pendakian Sobat akan dimanjakan dengan pemandangan keindahan telaga Cebongan yang masih sangat alami dengan pemandangan tebing tebing puncak Sikunir yang biasa dijadikan background berfoto saat berada di seputaran telaga Cebongan ini.

Di pos pendakian telaga Cebongan ini sudah berdiri banyak warung warung makan sedehana yang menyediakan makanan ringan atau sekedar tempat melepaskan capek dengan minum kopi di sini.Sobat juga bisa mendirikan tenda di sekitar telaga Cebongan ini karena perjalanan pendakian menuju puncak Sikunir dari Telaga Cebongan ini masih memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan.

Meskipun akan memakan waktu yang cukup lama,tetapi tenang saja untuk jalur pendakian menuju puncak Sikunir tidak terlalu sulit,karena jalur jalurnya sudah mulai di perbaiki dan membuka jalur lain sehingga perjalanan pendakian akan lebih mudah.
puncak sikunir wonosobo
PantainyaJogja.com   by@Sikunir_wonosobo

Nah jika Sobat mau melakukan pendakian menuju puncak Sikunir ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan yang paling penting adalah kondisi badan Sobat harus benar benar dalam kondisi fit,untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan,selain itu Sobat juga harus mempersiapkan tenda dome,sehingga bisa untuk tempat berteduh dan istirahat,jangan sampai lupa Sobat juga harus membawa alat P3K terutama minyak angin karena kondisi suhu yang dingin bisa jadi penghangat badan.

Pastikan semua perlengkapan dan persiapan yang matang untuk melakukan pendakian menuju puncak Sikunir agar perjalanan Sobat berjalan dengan lancar,Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa jadi bahan panduan dan referensi Sobat saat mau melakukan pendakian ke puncak bukit Sikunir Jawa Tengah.

Posting Komentar untuk "Keindahan Pesona Puncak Sikunir Jawa Tengah Laksana Negeri Di atas Awan"