Candi Sukuh Merupakan Situs Peninggalan Kerajaan Majapahit



Tahukah Sobat tentang sejarah situs candi Sukuh?

Mungkin dari Sobat semua ada yang belum mengenal tentang keberadaan peninggalan yang bersejarah ini.

Banyak juga dari Sobat yang bertanya tentang sebenarnya candi Sukuh ini peninggalan dari kerajaan apa sih?
Kali ini PantainyaJogja.com akan berbagi sedikit informasi tentang keberadaan candi Sukuh yang berada di Kabupaten Karanganyar ini.
Candi Sukuh Merupakan Situs Peninggalan Kerajaan Majapahit
PantainyaJogja.com  by@Candi Sukuh

Fungsi candi Sukuh Karanganyar

Candi Sukuh adalah situs peninggalan bersejarah yang merupakan komplek candi Hindu yang menurut para ahli dibangun dengan tujuan pengruwatan yaitu menangkal kekuatan buruk yang mempengaruhi kehidupan pada zaman Kerajaan Majapahit dahulu.

Candi Sukuh ini diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-15M,yang dibangun di lereng gunung Lawu dengan ketinggian kurang lebih 1.186M dari permukaan laut.Candi Sukuh ini ditemukan oleh arkeolog pada masa pemerintahan Gubernur Raffles tahun 1815,dan hingga saat ini candi Sukuh dilestarikan menjadi tempat belajar sejarah dan tempat wisata.

Dimanakah letak Candi Sukuh ini?

Jika Sobat ingin berkunjung ke candi Sukuh ini letaknya cukup mudah Sobat temukan yaitu berada di Dusun Sukuh,Desa Berjo,Kecamatan Ngargoyoso,Kabupaten Karanganyar,Jawa Tengah.

Jarak dari Karanganyar sekitar 15 KM dengan waktu tempuh sekitar 30menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan jalur yang bisa Sobat lalui yaitu Jl Karang Pandan-Metesih dan Jl Karang Pandan-Ngargoyoso.

Mitos Candi Sukuh

Candi Sukuh ini menyimpan mitos yang masih kental dikalangan masyarakat sekitar yaitu mitos tes keperawanan,di komplek candi Sukuh ini terdapat piramida yang mirip dengan piramida suku maya di Amerika Tengah,nah tes keperawanan ini dengan cara melewati anak tangga menuju puncak piramida ini,jika kain yang dipakainya Robek maka perempuan tersebut sudah tidak perawan,dan jika kain yang dipakainya tidak robek hingga sampai puncak piramida berarti perempuan tersebut masih perawan.

Maka tak heran jika Sobat berkunjung ke candi Sukuh ini para pengunjung banyak yang memakai kain yang disewakan disana dengan biaya sukarela,kain tersebut dipakai sebagai bentuk penghormatan saat berkunjung ke komplek candi Sukuh tersebut.

Makna relief erotis Candi Sukuh

Candi Sukuh Karanganyar ini memang merupakan candi yang berbeda dari candi hindu yang lain,karena candi sukuh ini berbentuk seperti piramid dengan relief yang erotis dengan patung patung yang fulgar yang mengumbar seksualitas,jenis kelamin laki laki dan perempuan tergambar jelas yang bermakna kemakmuran dan kesuburan.

Jadi Sobat jika berkunjung kesana pasti akan melhat relief relief yang tak biasa,namun jangan sampai berfikiran ngeres ya Sob,karena semua patung dan relief yang ada di Candi Sukuh mempunyai makna tersendiri.
candi sukuh dan candi cetho
PantainyaJogja.com  by@Candi Sukuh
Jika Sobat sudah puas berkunjung ke candi Sukuh tersebut ternyata di Gunung Lawu ini juga terdapat candi lagi yaitu candi Cetho.Candi Sukuh dan Candi Cetho ini mempunyai kesamaan gaya arsitektur yang terlihat pada bangunan candi.

Namun jika diperhatikan ada perbadaan yaitu Candi Cetho merupakan bangunan dengan berteras atau pundak berunden dan untuk candi Sukuh memang menyerupai piramida di Mesir dan cenderung mirip dengan peninggalan budaya Maya Meksiko.

Mungkin inilah sedikit informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan tempat tujuan kunjungan Sobat di akhir pekan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Candi Sukuh Merupakan Situs Peninggalan Kerajaan Majapahit"

Posting Komentar