Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Wisata Bukit Sikendil Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Bukit Sikendil atau Gunung Kendil merupakan pegunungan dengan pemandangan yang sangat bagus,tak kalah menarik dari gunung gunung tinggi yang ada di Jawa Tengah,Gunung Kendil ini memang sangat cocok bagi para pendaki pemula,karena ketinggian Gunung Kendil ini hanya sekitar 1.800 MDPL.

Namun meskipun tidak terlalu tinggi untuk pemandangan jika berada di spot atas Gunung Kendil ini sangat keren dan menjadi  tujuan pendakian para pemula.

Bagi para pendaki yang ingin mendirikan tenda camping,lokasinya juga cukup luas,sehingga Sobat bisa bersama sama camping di bukit Sikendil Jawa Tengah ini.

Alamat Bukit Sikendil.
Bukit Sikendil ini berada di daerah Sibajak,Sikatok,Canggal,Candiroto,Kabupaten Temanggung,Jawa Tengah.

Lokasi bukit Sikendil ini dapat di akses dari Kota Wonosobo,karena akan lebih cepat untuk sampai di basecamp pendakian Gunung Kendil ini.

Dari Kota Wonosobo ini untuk sampai di Basecamp pendakian Gunung Kendil berjarak sekitar 20 Km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Wisata Bukit Sikendil Sibajak
Pantainyajogja.com  by@Isnansholeh

Rute Menuju Bukit Sikendil Jawa Tengah.
Jika Sobat ingin melakukan pendakian ke Gunung Kendil ini bisa melalui Kota Wonosobo menuju basecamp pendakian Gunung Kendil via Sibajak dengan menuju srsh wisata Dieng.

Sebelum sampai di dataran tinggi Dieng,nanti Sobat akan menemukan pertigaan Rejosari kemudian belok kanan menuju jalur wisata Kebun Teh Tambi.

Setelah Kebun Teh Tambi Sobat nanti akan sampai di Basecamp pendakian Gunung Sikendil yaitu Desa Sibajak,Kabupaten Temanggung,Jawa Tengah.

Jika Sobat ingin naik transportasi umum bisa melalui terminal Mendolo Wonsobo,dengan naik bus kecil,namun nanti hanya sampai di pertigaan Rejosari saja,kemudian dilanjutkan dengan naik ojek dengan biaya sekitar 25.000 hingga sampai di Basecamp pendakian.


Harga Tiket Pendakian Bukit Sikendil Via Sibajak.
Berbicara tentang harga tiket masuk atau tiket pandakian Gunung Kendil ini cukup murah hanya sebesar Rp 10.000 per orang.

Bagi Sobat yang membawa sepeda motor telah disediakan lokasi parkir seperti garasi yang aman dengan biaya Rp 5000 untuk sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil pribadi.

Gunung Kendil Temanggung
Pantainyajogja.com by@Sudutemanggung

Fasilitas Bukit Sikendil.
Untk fasilitas yang ada di Bukit Sikendil memang tidak ada,namun di lokasi Basecamp pendakian tentunya sudah ada fasilitas tempat parkir yang aman,Kamar mandi,warung makan dan minuman.

Untuk lokasi parkir tersebut cukup aman karena dijaga 24 jam dan dimasukkan seperti berada di garasi rumah.

Tracking Bukit Sikendil.
Jika Sobat sudah memarkirkan kendaraan dan sudah registrasi di Basecamp kemudian melakukan pendakian dengan menyusuri perkampungan warga,kemudian melewati gapura.

Dalam perjalanan Sobat tentunya harus tetap berhati hati,meskipun Gunung Kendil ini tidak terlalu tinggi,tetapi nanti Sobat juga akan menemukan tracking yang cukup menanjak dan disisi jalan merupakan jurang yang tinggi.

Pengelola telah menyediakan tali yang kuat sebagai pegangan untuk membantu Sobat dalam pendakian.Perjalanan menuju Puncak Bukit Sikendil ini sekitar 1 jam perjalanan dari posBasecampa pendakian,namun juga tergantung dari kecepatan dan kebiasaan pendakian Sobat.

Keindahan Wisata Bukit Sikendil.
Puncak Bukit Sikendil ini cukup luas untuk dijadikan tempat camping,pemandangannya pun cukup luar biasa mengagumkan,karena Sobat bisa melihat kemegahan Gunung Sindoro dan Gunung Sigandul.

Selan itu Sobat juga bisa melihat keindahan area persawahan yang hijau dan juga pemukiman warga yang berada di bawah Gunung Kendil ini.

Yang menjadi daya tarik tersendiri di bukit Kendil ini adalah bisa melihat keindahan Sunset yang muncul dipagi hari,sehingga jika pada pagi hari banyak yang mencari spot spot terbaik untuk berfoto sambil  menyaksikan sunset yang begitu elok.

Baca juga Wisata Puncak Gunung Telomoyo Magelang  

bukit sikendil jawa tengah
Pantainyajogja.com  by@Betazudia

>
Tips Melakukan Pendakian Gunung Kendil Temanggung.
Jika Sobat ingin melakukan pendakian Gunung Kendil sebaiknya mempersiapkan hal hal yang penting,sedikit tips jika Sobat ingin melakukan pendakian antara lain:
*Kondisi cuaca pastikan saat cerah,tidak sedang mendung atau hujan.
*Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak licin.
*Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup.
*Bawalah baju hangat karena cuaca di bukit sikendil cukup dingin pada malam hari.
*Bawalah obat obatan yang biasa Sobat gunakan atau juga jangan lupa bawa minyak penghangat badan.
*Siapkan gadget dan camera Sobat untuk mengabadikan momen keindahan Bukit Sikendil.
*Cek barang perlengkapan pribadi Sobat sebelum melakukan tracking.

Menikmati keindahan alam dengan melakukan pendakian tentunya menjadi kepuasan tersendiri,namun tentunya Sobat harus memperhatikan keselamatan diri dan tetaplah berhati hati,jagalah alam kita dengan jangan buang sampah sembarangan.

Sekian dulu ulasan tentang Puncak Bukit Sikendil Jawa Tengah,semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan pendakian Sobat bersama teman teman. 

Posting Komentar untuk "Info Wisata Bukit Sikendil Kabupaten Temanggung Jawa Tengah"