Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Air Terjun Kedung Tolok Bantul Jogjakarta;Tempatnya Sejuk Dan Masih Asri

Kabupaten Bantul Jogjakarta memang menyimpan banyak sekali tempat wisata alam yang patut Sobat kunjungi.

banyak sekali tempat wisata di Bantul yang sudah terkenal seperti kebun buah Mangunan,hutan pinus Mangunan,rumah hobbit dan masih banyak lainnya.


Tetapi tahukah Sobat tentang tempat wisata air terjun di Bantul yang satu ini yaitu wisata air terjun Kedung Tolok.

Air terjun Kedung Tolok ini masih sangat alami dengan aliran air yang cukup jernih dari kawasan Goa Cerme.

Goa Cerme Bantul ini berada di atas ketinggian yang memiliki sumber air yang sangat deras,selain menuju Kedung Tolok,aliran air dari Goa Cerme ini juga mengaliri hingga area persawahan masyarakat Bantul Yogyakarta.

Kedung Tolok ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain air di bawah air terjun, Kedung Tolok Bantul memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan kemiringan tebing sekitar 60 derajat,selain bisa untuk bermain air tentunya juga sangat rekomended banget sebagai spot berfoto selfie.

Air terjun Kedung Tolok ini cukup deras saat musim penghujan,dan tetap ada aliran air terjun saat musim kemarau,dan di bawah air terjun ini terbentuk cekungan seperti kolam,sehingga menjadi lokasi bermain dan mandi bagi para pengunjung.

Lokasi kedung tolok
Pantainyajogja.com

Alamat Kedung Tolok.

Jika Sobat ingin berkunjung ke tempat wisata alam Kedung Tolok ini alamatnya berada di kampung Godean, dusun Siluk, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Lokasi Kedung Tolok ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bantul,karena hanya berada di sebelah selatan Kecamatan Imogiri Bantul.

Rute Menuju Kedung Tolok.

Untuk menuju Kedung Tolok ini, jalur yang harus Sobat lalui adalah arah menuju Imogiri Timur, kemudian menuju ke Jembatan Siluk, setelah menemukan pertigaan, belok ke kiri menuju arah Selopamioro atau arah Panggang Gunungkidul.

Kemudian setelah sekitar 1 km Sobat akan menemukan jalan aspal kecil menuju arah perkampungan, kemudian nanti akan menemukan jalan setapak, dari sana Sobat akan menemukan papan petunjuk jalan menuju air terjun Kedung Tolok yang Sobat tuju.

air terjun kedung tolok
Pantainyajogja.com

Fasilitas Air Terjun Kedung Tolok Bantul.

Berbicara tentang fasilitas, tentunya belum begitu lengkap, namun untuk fasilitas pentingnya juga sudah ada seperti area parkir, kamar mandi, persewaan ban karet, dan juga tempat penjual makanan juga sudah ada.

Bagi Sobat yang ingin bemain air dan berfoto foto lebih baik membawa perlengkapan pribadi,seperti baju ganti.Dan kami sarankan untuk tetap berhati hati karena bebatuan yang ada di tempat wisata Bantul ini juga cukup licin.

Bagi Sobat  yang ingin menikmati lokasi kedung yang ada di atas Kedung Tolok ini juga bisa,karena di atas Kedung Tolok ini masih ada kedung-kedung kecil yang juga cocok untuk dijadikan tempat berendam dan mandi,yaitu kedung Cumplung,Kedung Gupit,Kedung Dowo,dan Kedung Kempul.

Harga Tiket Kedung Tolok Bantul.

Berbicara tentang harga tiket masuk wisata air terjun di Bantul ini masih gratis tidak dipungut biaya masuk,Sobat bisa memberikan dana sukarela untuk memberikan dukungan berkembangnya wisata Bantul ini.

Sobat hanya dikenakan biaya parkir saja,tiket parkir di Kedung Tolok Yogyakarta ini juga sangat terjangkau,untuk sepeda motor Rp 2000,sedangkan untuk mobil pribadi Rp 5000 saja.

Dengan biaya yang cukup terjangkau ini Sobat sudah bisa menikmati keindahan air terjun di Bantul yang sangat indah dan juga bisa puas bermain air di kedung bawah air terjun.

wisata di jogja
Pantainyajogja.com

Nah Menarik kan Sob tempatnya,selain airnya yang masih segar dan jernih,tentunya lokasinya masih sangat alami dan cocok bagi Sobat yang ingin mencari suasana baru dan merasakan kesejukan alam daerah Bantul,Jogjakarta.

Sedikit ulasan tentang Kedung Tolok ini semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan tempat wisata di Jogja.

Posting Komentar untuk "Wisata Air Terjun Kedung Tolok Bantul Jogjakarta;Tempatnya Sejuk Dan Masih Asri"