Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Air Terjun Kedung Kayang Magelang Panorama Cantik Dan Menawan

Berbicara tentang tempat wisata di Magelang memang tak kan pernah ada habisnya,Magelang terkenal dengan alamnya yang sangat indah dengan pegunungan nan hijau.

Banyak sekali wisata alam pegunungan daerah Magelang seperti Nepal Van Java,Ketep Pas Magelang,Air Terjun Grenjengan dan masih banyak wisata alam lainnya.

Salah satu tempat wisata alam Kabupaten Magelang yang terkenal tahun 2021 adalah Air Terjun Kedung Kayang.

Air Terjun Kedung Kayang Magelang ini merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah,karena tingginya sekitar 40 km,sehingga airnya cukup deras.Panorama keindahan air terjun Kedung Kayang ini belum tantu bisa Sobat dapatkan dari lokasi air terjun pada umumnya.

Selain pemandangan yang menawan lokasi air terjun ini memiliki spot foto yang keren yaitu berada dari atas bukit dengan spot yang terbuat dari kayu yang ada di pohon,layaknya rumah pohon.

Alamat Lokasi Air Terjun Kedung Kayang.

Air Terjun Kedung Kayang ini berada di Daerah Wonolelo,Kecamatan Sawangan,Kabupaten Magelang,Jawa Tengah.

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang ini tak bagitu jauh dari pusat Kota Magelang,berjarak sekitar 30 km dengan waktu tempuh sekitar 50 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Wisata Air Terjun Kedung Kayang Magelang
Pantainyajogja.com by@Hijabindokece

Jalur Menuju Air Terjun Kedung Kayang.

Bagi Sobat yang ingin berkunjung ke lokasi wisata Air Terjun Kedung Kayang jika dari pusat Kota magelang atau dari alun-alun Magelang bisa langsung menuju Jl Sriwijaya,

Dari Jl Sriwijaya ini kemudian nanti belok ke kiri menuju Jl Beringin,hingga sampai di Jl Soekarno-Hatta,kemudian Jl Magelang-Jogja,kemudian belok kiri lagi Jl Blabak-Mungkid.

Ikuti teus jalur tersebut hingga sampai di Jl Magelang-Boyolali,kemudian terus saja hingga sampai di Daerah Wonolelo,nanti Sobat akan menemukan papan petunjuk untuk sampai di lokasi Air Terjun Kedung Kayang.

Nah Jika Sobat sudah sampai di lokasi parkir kemudian dilanjutkan dengan tracking dengan dua pilihan,yaitu tracking menuju air terjun dan tracking menuju spot foto atas bukit air terjun Kedung Kayang.

Perjalanan Sobat akan terasa sangat menyenangkan,karena di sana akan disuguhkan dengan pemandangan hutan dan pegunungan yang masih alami,Sobat bisa tracking sambil berfoto foto di spot sepanjang perjalanan.

Namun tentunya Sobat harus berhati hati,karena saat musim hujan bebatuan cukup licin dan belum adanya pembatas jalan stapak.

Jam Buka Air Terjun Kedung Kayang Wonolelo.

Air Terjun  Kedung Kayang ini buka setiap hari dari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 wib,tetapi dengan adanya pandemi Covid 19 ini akan adaperubahan untuk jam buka nya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kayang.

Untuk Htm Kedung Kayang ini cukup murah,Sobat akan dikenakan biaya masuk spot gardu pandang Rp 5000 per orang.

Sedangkan untuk masuk area air terjun juga dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5000 per orang,dan untuk jasa foto biasanaya Rp 2500 untuk satu file foto.

Wisata Air Terjun Kedung Kayang Magelang
Pantainyajogja.com by@Areajogjajateng

Mitos Dan Aura Mistis Air Terjun Kedung Kayang Magelang.

Air terjun kedung kayang ini ada cerita atau mitos yang masih dipercayai oleh masyarakat sekitar yaitu sejarah adanya air terjun kedung kandang.

Menurut cerita sebelum adanya air terjun ini ada 3 empu yang beradu tanding atau adu lempar telur angsa,siapa yang bisa melemparkan ke arah jurang dan tidak pecah.

Ketiga Empu ini adalah,Empu Putut,Empu Kholik dan Empu Panggung,setelah melempar telur angsa ternyata semuanya pecah,dan setelah dicari pecahan telurnya tidak ditemukan,namundari lokasi jatuhnya telur tersebut menjadi sumber mata air yang tidak pernah kering hingga sekarang.

Fasilitas Wisata Air Terjun Kedung Kayang Magelang.

Berbicara tentang fasilitas yang ada di sana memang belum ada,hanya saja untuk fasilitas warung,toilet dan lainnya berada di dekat lokasi parkir sebelum melakukan tracking menuju air terjun.

Sedikit ulasan tentang Air Terjun Kedung Kayang Magelang ini,semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan wisata diakhir pekan. 

Sobat perlu membawa barang kebutuhan anda sendiri,bawalah air minum yang cukup maupun cemilan sebagai teman bersantai di lokasi air terjun maupun spot foto.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan alam ya Sob,jangan membuang sampah sembarangan,buanglah pada tempat sampaah yang sudah disediakan oleh pengelola wisata.


 

Posting Komentar untuk "Wisata Air Terjun Kedung Kayang Magelang Panorama Cantik Dan Menawan"