Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokasi Dan Rute Menuju Pantai Gesing Gunungkidul,Jogjakarta

Pantai Gesing Gunungkidul,Jogjakarta merupakan salah satu dari beberapa deretan pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul yang berada di sebelah barat kota Wonosari Gunungkidul dengan jarak sekitar 40 Km.

Daya tarik yang ada di Pantai Gesing Gunungkidul memang berbeda dari pantai pantai yang lain yang ada di Gunungkidul,Di pantai Gesing ini ada beberapa spot foto yang sangat populer yaitu jembatan cinta yang berada di bukit karang diantara bibir pantai Gesing,selain itu di lokasi yang tak jauh Sobat akan menemukan teras kaca yang sangat terkenalyaitu di pantai Nguluran yang berdekatan dengan pantai Gesing Gunungkidul ini.
lokasi pantai gesing gunungkidul
Dimanakah letak pantai Gesing Gunungkidul?
Banyak sekali teman teman yang bertanya tentang letak pantai Gesing Gunungkidul ini,pantai Gesing Panggang ini sebenarnnya sangat mudah untuk kita temukan dengan melalui beberapa jalur menuju pantai Gesing.

Alamat pantai Gesing ini berada di Girikarto,Bolang,Girikarto,Panggang,Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta.Lokasi pantai Gesing ini mudah Sobat jangkau dengan melewati Imogiri Bantul jika Sobat berasal dari Kota Jogjakarta.

Rute menuju pantai Gesing Gunungkidul ini ada beberapa jalur yang bisa Sobat lalui jika dari Kota Jogjakarta diantaranya adalah:

*Dari Jogjakarta dngan melewati Bantul yaitu Sobat arahkan kendaraan Sobat menuju Ringroad selatan Jogja kemudian ambil arah jalan Imogiri Bantul kemudian mengikuti jalur menuju arah Selopamioro kemudian ikuti jalur menuju Panggang,Patokannya adalah pertigaan SDN Sawah yang berada di dekat pertigaan dan ada pohon beringin besar nanti Sobat arahkan kendaraan belok kanan menuju Bolang,kemudian ikuti papan petunjunk jalan hingga sampai pantai Gesing,karena dari pertigaan tersebut jalan lurus keselatan dan sudah ada papan petunjuknya.

*Rute yang ke dua untuk menuju pantai Gesing adalah dengan melewati bukit bintang Patuk Gunungkidul,yaitu melewati jalan raya Jogja-Wonosari,ikutilah jalur hingga Sobat akan menemukan lampu merah Gading yang ke 2,beloklah ke arah kanan menuju Playen,kemudian lanjutkan perjalanan menuju Paliyan,setelah menemukan pertigaan pasar Paliyan dan Polsek Paliyan Sobat belok kanan nenuju Trowono dengan melewati hutan Paliyan,setelah menemukan pertigaan Sobat belok kanan menuju Panggang,dan ikutilah jalur lintas selatan hingga menemukan pertigaan SDN sawah dan belok ke kiri seperti yang sudah dijelaskan di atas.
lkasi pantai gesing gunungkidul
Sebenarnya masih banyak jalur untuk menuju lokasi pantai Gesing Gunungkidul,namun kami hanya memberikan 2 rute perjalanan yang biasa kami lalui.Jika Sobat masih bungung bisa buka Google map atau bertanya di komentar.

Akses masuk pantai Gesing Gunungkidul ini belum begitu bagus karena selain jalan yang sempit juga naik turun,sebaiknya lebih berhati hati setelah Sobat melewati pertigaan SDN Sawah hingga pantai Gesing.

Bagi Sobat yang suka Camping di antai Gesing ini juga bisa untuk melakukan camping yaitu di seputaran pendaratan kapal atau di bukit Nguluran.

Apa saja yang dapat kita lakukan di pantai Gesing?
Di pantai Gesing Gunungkidul ini Sobat bisa bermain air di dekat kapal nelayan,namun harus tetap berhati hati ya jangan sampai terlena bermain ombak sampai ke tengah,karena arus balik ombak pantai sangat kencang.

Selain bermain air Sobat juga bisa mendaki bukit dan berfoto di jembatan Cinta yang ada di sebelah pantai Gesing tersebut,atau jika Sobat mau menikmati sensasi yang berbeda bisa mencoba mengunjungi jembatan kaca atau biasa disebut Teras Kaca yang berada di pantai Nguluran dekat pantai Gesing.

Pantai terdekat yang ada di seputaran pantai Gesing ada beberapa yang bisa Sobat kunjungi,seperti pantai Ngrenehan,pantai Nguyahan,pantai Ngobaran,pantai Kesirat dan pantai Wohkudu yang sangat diminati untuk camping.
Baca di sini Lokasi dan sejarah pantai Ngobaran Gunungkidul

Adakah penginapan di Pantai Gesing?
Bagi Sobat yang ingin mencari penginapan di pantai Gesing memang belum ada,karena sebenarnya pantai Gesing ini merupakan pantai untuk nelayan menangkap ikan,namun karena pantai Gesing mempunyai pemandangan yang bagus banyak sekali yang berkunjng ke sana dan akhirnya di bangun beberapa spot foto yang keren yang menarik minat wisatawan berkunjung.

Hotel dan penginapan di Pantai Gesing belum banyak berdiri,namun jika Sobat hanya untuk sekedar menginap di penginapan yang sederhana di sana juga sudah ada,tetapi jiika mau mencari penginapan dan hotel dengan fasilitas lengkap sebaiknya Sobat mencari di seputaran Pantai Baron Gunungkidul.
lkasi pantai gesing gunungkidul
Fasilitas di pantai Gesing Gunungkidul
Berbicara tentang fasilitas di pantai Gesing ini memang belum cukup komplit seperti pantai Baron,namun kalau hanya fasilitas umum sudah ada seperti Toilet,warung makan,tempat ibadah dan lokasi parkir yang tidak begitu luas.

Untuk harga tikat masuk pantai Gesing ini berbeda dari pantai yang lain karena HTM masuk pantai hanya di kenakan biaya Rp 5000 saja dan biaya parkir sebesar Rp2000 untuk sepeda motor dan Rp5000 untuk parkir mobil.

Bagi Sobat yang hobi memancing Pantai Gesing ini juga merupakan spot memancing favori bagi para Rockfishing yaitu di tebing tebing di sekitar pantai Gesing ini.Banyak sekali para Rockfishing yang memancing di tebing karang pantai Gesing Gunungkidul ini,apalagi saat musim ikan GT dan layur,naah bagi Sobat yang hobi memncing tak ada salahnya liburan ke pantai Gesing Gunungkidul ini sekalian memancing.

Inilah sedikit informasi tentang pantai Gesing Gunungkidul yang bisa kami berikan,semoga bermanfaat dan bisa jadi panduan tentang lokasi dan rute menuju Pantai Gesing Gunungkidul.Salam Wisata Indonesia.