Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Gudeg Nangka Dengan Bumbu Sederhana Menghasilkan Rasa Yang tiada duanya

Resep gudeg nangka
Foto by@Masakanbuatanibu

Berbicara tentang makanan khas Jogjakarta,pasti yang terlintas di fikiran Sobat adalah olahan gudegnya yang lezat dan menggugah selera.

Memang betul sekali,bahwa gudeg merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang paling diminati,bagi pengunjung yang datang ke kota Yogyakarta,rasanya tak lengkap jika belum mencicipi gudeg Jogja.

Nah,bagi Sobat yang belum pernah ke kota Yogyakarta,dan ingin merasakan nikmatnya gudeg,bisa kok mengolah nangka menjadi gudeg dengan resep spesial layaknya gudeg Jogja.

Berikut ini akan kami berikan resep gudeg nangka dan cara pengolahan gudeg nangka dengan bumbu sederhana,namun menghasilkan cita rasa yang luar biasa layaknya gudeg Jogja. 

Bahan-bahan untuk membuat gudeg nangka

Sebelum kita memasak gudeg,persiapkan dulu bahan-bahan untuk membuat gudeg nangka antara lain:

*1 kg nangka muda

*5 sendok gula merah

*3 sendok gula pasir atau secukupnya

*1 sendok garam

*1 lembar daun jati

*8 lembar daun salam

*2 ruas lengkuas

*1 liter santan

Bumbu Gudeg nangka

Kemudian,Sobat juga perlu mempersiapkan bumbu yang perlu dihaluskan antara lain:

*5 atau 6 bawang putih

*5 atau 6 butir kemiri

*10 bawang merah

*1/2 sendok teh ketumbar

*1/2 sendok teh merica bubuk

*Minyak untuk menumis bumbu

Resep gudeg enak
Foto by@Fonnyeyd

Cara Membuat Gudeg Nangka

 Untuk mebuat gudeg yang mudah dan enak ikuti langkah-langkah berikut ini:

*Potong-potong nangka muda menjadi kecil-kecil sesuai selera.

*Kemudian sangrai kemiri dan ketumbar yang sudah dipersiapkan hingga beraroma harum.

*Kemudian angkat bumbu tersebut dan haluskan dengan bumbu lain yang perlu dihaluskan. 

*Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya,untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga matang.Karena untuk menghasilkan rasa gudeg yang enak bumbu gudeg ditumis hingga harum.

*Kemudian silahkan masukkan gula pasir,gula merah dan juga garam,jangan lupa untuk di aduk hingga tercampur rata,kemudian angkat.

*Sobat juga perlu mempersiapkan panci, kemudian campurkan bumbu tadi dengan nangka muda yang sudah dipotong-potong kecil tadi. 

*Kemudian ditata di dasar panci,kemudian taruh daun jati di antara nangka muda,kemudian memarkan lengkuas, dan masukkna juga di campuran nangka muda dalam panci tersebut.

*Kemudian tuanglah santan yang sudah Sobat persiapkan tadi, dan rebus hingga matang. Untuk menghasilkan gudeg yang empuk dan enak,maka rebuslah selama sekitar 2 jam.

Jika menginginkan gudeg basah,pastikan rebusan nangka tersebut,tidak sampai menghabiskan santan,atau bisa juga menambahkan santan dari 1 liter ditambah lagi menjadi 1 1/4 liter santan untuk 1 Kg nangka.

Jangan lupa sambil sesekali diaduk,jangan lupa juga selalu dicicipi rasanya,jika kurang pas,bisa tambahkan gula dan garam secukupnya.Jika Sobat menginginkan gudeg pedas,resepnya sama,hanya tinggal menambahkan cabai merah saja.

Resep gudeg jogja
Foto by@Fifinimartiyana

Nah,setelah gudeg masak,pasti tekstur nangka tadi sudah menjadi empuk dan sedikit hancur,angkatlah,dan gudeg sudah siap disajikan.

Sajikan oalahan gudeg nangka muda ini sesuai selera,Sobat bisa menyajikan dengan dilengkapai telur bacem,atau juga bisa dengan ayam goreng maupun tahu dan tempe bacem.

Gudeg nangka muda akan sangat gurih jika disantab dengan nasi yang masih hangat,Itulah resep gudeg nangka muda yang enak dengan bumbu sederhana.


Posting Komentar untuk "Resep Gudeg Nangka Dengan Bumbu Sederhana Menghasilkan Rasa Yang tiada duanya"