Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Ngluwen Gunungkidul mungkin bagi Sobat masih terasa asing mendengar nama pantai tersebut,Namun ternyata Pantai Ngluwen ini mempunyai keindahan pantai yang masih benar benar perawan di selatan Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta.

Dimanakah letak pantai Ngluwen Gunungkidul?
Pantai Ngluwen berada di sebuah kecamatan paling ujung barat berbatasan dengan Kabupaten Bantul,Jogjakarta,tepatnya pantai Ngluwen ini berada di Desa Krambil Sawit,Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta.Dengan titik koordinat Gps -8.113941,110.490073.

Pantai Ngluwen ini sangat mudah Sobat jangkau dari kota Bantul,Jogjakarta dengan jarak dari pusat kota Jogjakarta sekitar 60km dengan waktu tempuh sekitar 1,5jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dengan melewati Imogiri maupun Parangtritis.

Jalur menuju pantai Ngluwen jika Sobat dari Jogjakarta bisa melalui ringroad selatan Jogja kemudian mengikuti jalan Bantul,tetapi menurut kami lebih mudah untuk mengikuti jalur dari Parangtritis kemudian naik tanjakan hingga sampai Panggang kemudian lurus mengikuti jalur menuju Desa Jetis kemudian setelah balai Desa Krambil Sawit belok kanan menuju pantai Butuh kemudian pantai Ngluwen.

Jika Sobat mau berkunjung ke Pantai Ngluwen dengan melewati jalur besar bisa melewati Jl Jogja-Wonosari dengan mengikuti jalan besar hingga sampai Kota Wonosari patokannya adalah Lapangan terbang Gading atau lampu merah ke 2 setelah pom bensin Gading Sobat harus belok kanan menuju Playen,Kemudian setelah sampai pasar Playen belok kanan menuju Paliyan dengan melewati hutan rakyat Paliyan lurus saja hingga menemukan pertigaan dengan ujung jalan ada Indomart Sobat harus belok kanan menuju kecamatan Saptosari lurus terus menuju Jl Panggang-Wonosari kemudian Desa Jetis kemudian Sobat akan menemukan Balai Desa Krambil Sawit,nah dari sana Sobat tingal belok kiri menuju pantai Butuh kemudian dari pantai Butuh Sobat akan menemukan papan petunjuk arah menuju pantai Ngluwen ini.
Pantai Ngluwen Gunungkidul
PantainyaJogja.com  by@explorejavatourism
Pantai Ngluwen ini berdekatan dengan pantai Butuh Gunungkidul karena berada di sebelah timur pantai Butuh dan pantai Mbirit,Lokasi pantai Ngluwen ini sangat alami dan masih perawan karena untuk menuju kesana Sobat harus melakukan tracking terlebih dahulu dari pantai Butuh.

Akses jalan menuju pantai Ngluwen ini masih lumayan sulit karena Sobat harus melewati jalan setapak dengan pemandangan pegunungan dan alam bebas yang masih perawan,terkadang Sobat juga akan menemukan para petani yang menggarap ladang,sehingga jika Sobat merasa kesulitan dan bingung arahnya bisa bertanya saja kepada warga di sana.

Jalur menuju pantai Ngluwen yang masih terjal ini tak kan mematahkan semangat untuk bisa sampai dan menikmati pantai mungil perawan seperti pantai milik pribadi,karena pantai ini masih sangat sepi,hanya beberapa orang saja yang mau rela tracking dan berpanas panasan melewati jalan yang begitu sulit.

Tips melakukan perjalanan ke pantai Ngluwen.
Ada beberapa tips dan persiapan yang harus Sobat perhatikan antara lain:
*Sobat harus membawa bekal air minum yang cukup,karena akan sangat menguras tenaga.
*Bawalah bekal makanan agar nanti tidak kelaparan,karena belum ada fasilitas warung  makan.
*Bawalah topi karena perjalanan akan terkena terik matahari saat melakukan tracking melewati perbukitan.
*Sebaiknya Sobat jika mau berkunjung ke sana pada saat cuaca cerah.
*Jangan lupa membawa camera dengan hasil jepretan yang bagus,karena Sobat akan rugi jika sudah capek berjuang tracking namun tidak mendapatkan hasil foto yang bagus
Baca Juga   Menikmati keindahan tebing bekah dari atas puncak bukit
pantai Ngluwen Gunungkidul
PantainyaJogja.com  by@Galihsan
Suasana pantai Ngluwen ini sangatlah indah,tak rugi dengan tracking Sobat yang melelahkan,pantai mungil dengan pasir putih nan bersih membuat suasana alam terasa damai dan menenangkan jiwa,wooow,mumgkin Sobat akan penasaran jika belum pernah berkunjung ke sana apalagi bagi Sobat yang suka dengan tracking dan berpetualangan.

Sobat juga gak akan rugi jika ke pantai Ngluwen Gunungkidul,karena selain menikmati keindahan pantai Ngluwen Sobat juga bisa sekalian mengunjungi pantai Butuh dan pantai Mbirit yang letaknya sangat berdekatan.
Baca disini Rute dan suasana pantai Mbirit Gunungkidul,Jogjakarta

Naah mungkin inilah sedikit ulasan dan informasi seputar pantai Ngluwen Gunungkidul,Jogjakarta,semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi tujuan tracking Sobat jika berkunjung ke Gunungkidul,Jogjakarta.

Posting Komentar untuk "Pantai Ngluwen Gunungkidul:Rute Jalur Menuju Pantai Mungil Tersembunyi Di Saptosari"