Cari Blog Ini

Telaga Biru Semin Gunungkidul Sebagai Tempat Yang Recomended Untuk Hunting Foto



telaga biru semin gunungkidul
PantainyaJogja.com by@Piknikk_yukk
Semin merupakan sebuah daerah di Gunungkidul yang memiliki destinasi wisata alam yang indah berupa telaga/danau dari sisa pertambangan batu alam,yang kemudian diberi nama Telaga Biru. Telaga Biru merupakan sebuah telaga yang terbentuk secara tidak alami,telaga ini terbentuk karena adanya aktivitas pertambangan batu putih.

Kawasan ini mulai dikenal dan  ramai dikunjungi wisatawan sejak foto-foto  keindahan telaga biru beredar di sosial media. Dengan keindahannya Telaga Biru bagaikan magnet, sehingga dengan cepat bisa menarik minat pengunjung untuk berwisata ke sana. Selain untuk menikmati keindahan alam, Telaga Biru merupakan tempat yang cocok untuk hunting foto dikarenakan tempatnya yang sangat indah dan instagramable. Jika sedang berwisata ke Gunungkidul sangat disayangkan jika Sobat tidak mengunjungi Telaga Biru ini.
wisata di semin Gunungkidul
PantaiyaJogja.com By@Yn.Wulandari
Telaga Biru yang terletak di Gunungkidul atau lebih tepatnya di area tambang batu putih, Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju Telaga Biru ada dua rute yang dapat dipilih pengunjung, rute pertama melewati jalur Yogyakarta- jalan Solo- Prambanan- Klaten- Cawas- Semin- Watu Kelir, sedangkan untuk rute kedua dari Yogyakarta menuju jalan Wonosari- Karangmojo- Semin- Watu Kelir. dari kota Yogyakarta, Telaga Biru berjarak kurang lebih 80 KM.

Telaga Biru terletak berdekatan dengan situs Candi Risan dan Jurung Bangunsari.
Jalan masuk menuju lokasi Telaga Biru berada setelah gapura batas wilayah Gunungkidul dengan wilayah Kabupaten Sukoharjo. Kemudian carilah gapura Dusun Nemangan, masuk perkampungan tersebut, kemudian ada persimpangan belok ke kiri.Akses jalan menuju Telaga Biru masih berupa jalan cor semen, namun kendaraan roda empat dan sepeda motor bisa masuk sampai di area parkir Telaga Biru.

Untuk bisa menikmati keindahan telaga dari dekat pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis. Namun masyarakat setempat memberlakukan biaya parkir kendaraan, untuk biaya parkir sepeda motor cukup dengan Rp. 2.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 5.000 saja.
Baca juga Keindahan Embung Batara Sriten Di Puncak Tertinggi Kabupaten Gunungkidul

wisata gunungkidul
PantainyaJogja.com  by@Ricky_4di
Telaga Biru itu sendiri merupakan sebuah telaga yang terbentuk akibat adanya penambangan batu putih di daerah Candirejo, Semin, Gunungkidul. Penggalian batu putih tersebut menyebabkan terjadinya kubangan yang kemudian saat musim penghujan, air hujan akan tertampung dan mengenangi bekas galian tersebut, akibatnya terbentuklah beberapa kolam raksasa yang cukup dalam. Dalam kurun waktu tertentu dasar kolam ditumbuhi lumut sehingga menyebabkan air berwarna hijau, dan beberapa kombinasi warna lain ditiap bekas galian saat dilihat dari atas bukit.

Baca juga Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul,Jogjakarta

Namun warna air juga sangat dipengaruhi oleh cuaca, jika cuaca cerah maka warna Telaga Biru akan terlihat sangat indah dengan warna hijau kebiruan, namun saat cuaca mendung air akan terlihat hijau kecoklatan. Panorama Telaga Biru yang lengkap dengan view hamparan sawah, hutan, dan gunung. Pada saat pagi atau sore hari pengunjung akan disuguhi keindahan sunrise dan sunset, yang dapat dilihat dari atas bukit. Sejauh mata memandang tentu hanya keindahan alam yang bisa memanjakan mata pengunjung.

Sebagai obyek wisata air, Telaga Biru juga bisa digunakan untuk berenang dengan demikian pengelola Telaga Biru menyediakan jasa penyewaan pelampung bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berenang di Telaga Biru. Pengunjung hanya perlu membayar biaya sewa pelampung sebesar Rp. 10.000,selain jasa persewaaan pelampung obyek wisata ini juga ditunjang dengan fasilitas lain seperti, area parkir kendaraan, mushola, warung makan, tempat istirahat, kamar mandi dan WC.

Namun jika ingin berkunjung ke Telaga Biru, harus berhati-hati dan menjaga keselamatan dikarenakan kondisi tebing bukit batu putih yang sangat rapuh dapat membahayakan keselamatan pengunjung selain itu, aktivitas penambangan batu putih disekitar destinasi wisata Telaga Biru masih berlangsung sampai sekarang.Dikarenakan banyak warga setempat yang menggantungkan hidupnya dari usaha pertambangan ini. Aktivitas penambangan sendiri berlangsung dari pagi sampai sore hari, sehingga banyak truk yang berlalu lalang untuk mengangkut bongkahan batu putih hasil penambangan warga.

Naah itulah sedikit informasi yang kami berikan,semoga jadi bahan referensi tujuan Sobat untuk hunting foto ke Kecamatan Semin,Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Telaga Biru Semin Gunungkidul Sebagai Tempat Yang Recomended Untuk Hunting Foto"

Posting Komentar