Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Pendakian Dan Alamat Gunung Andong Jawa Tengah

Gunung Andong Jawa Tengah adalah salah satu Gunung yang memiliki pemandangan cantik,dikanan kiri puncak Gunung Andong Sobat bisa menikmati panorama alam pegunungan yang sangat indah,tak heran jika pada akhir pekan Gunung Andong ini menjadi tujuan para pendaki pemula untuk melakukan pendakian dan camping di sana.

Gunung Andong ini memiliki ketinggian sekitar 1726 MDPL tidak terlalu tinggi sehingga cocok bagi Sobat pendaki yang masih pemula,untuk melakukan tracking dari post utama memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Untuk basecamp Gunung Andong mulai pendakian terdapat 6 titik yaitu Basecamp Dusun Sawit,basecamp Dusun Pendem,basecamp Dusun Gugik,Dusun Temu,Dusun Kudusan dan Dusun Sekararum Kembangan.

Basecamp yang bagus dan direkomendasikan adalah mulai dari Dusun Pendem dan arah turun menuju Dusun Sawit,karena trackingnya cukup mudah.

 
Pendakian Gunung Andong
Pantainyajogja.com  by@Infoandong

Bagi Sobat yang suka camping,lokasi Gunung Andong ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi camping dan menikmati indahnya matahari terbit dari puncak Gunung Andong Jawa Tengah.

Jam berangkat tracking yang bagus adalah pada pukul 15.00 dari Dusun Pendem,nanti Sobat akan sampai di lokasi puncak camping ground sekitar pukul 17.00,sehingga Sobat berada di atas bukit masih bisa menikmati sunset sambil mendirikan tenda.

Namun bagi Sobat yang hanya ingin menikmati sunrise tetapi tidak ingin camping,bisa melakukan tracking dari pukul 03.00 dan nanti Sobat akan sampai di lokasi puncak bukit Gunung Andong sekitar pukul 05.00 Wib.

Alamat Gunung Andong.
Banyak sekali yang ingin mencoba camping dan tracking ke Gunung Andong dan belum tahu lokasi dan rutenya,Gunung Andong ini berada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Jika Sobat ingin melakukan pendakian bisa melalui beberapa basecamp seperti yang sudah dijelaskan di atas,jika dari Dusun Pendem,Sobat harus menuju lokasi pos pendakian Dusun Pendem.

Sebenarnya untuk rute menuju Gunung Andong bisa melalui beberapa jalur setidaknya ada 3 jalur yang bisa Sobat lalui jika dari arah selatan atau Kota Jogjakarta bisa melalui Ketep Magelang dan Purworejo,sedangakan jika dari arah utara bisa melalui Semarang,Ungaran,Salatiga dan Solo,kemudian jika dari arah barat melalui Grabak,Wonosobo,Secang,Temanggung dan Parakan.

Harga Tiket Masuk Gunung Andong Magelang.
Berbicara tentang harga tiket masunya tidak terlalu mahal,Sobat hanya dikenakan biaya Rp 5000 per orang.

Sedangkan untuk biaya kebersihan sebesar Rp 2000 per orang dan untuk biaya parkir sepeda motor di setiap titik awal pendakian sebesar Rp 2000 dan untuk parkir mobil Rp 5000.

Ada 4 view Puncak yang ada di Gunung Andong Jawa Tengah yaitu:
*Puncak Alap-alap yang merupakan puncak gunung andong dengan spot selfie yang sangat keren,puncak alap-alap ini sangat cocok bagi Sobat yang ingin mencari ketenangan.

*Puncak Andong,yaitu puncak tertinggi di Gunung Andong,di spot puncak Andong ini Sobat bisa menyaksikan gunung gunung besar di sekitar Gunung Andong.

*Puncak Jiwa,puncak ini merupakan tempat yang cukup luas yang menjadi lokasi camping,namun Sobat tetap harus berhati hati jika berada di puncak jiwa ini,karena di sisi kanan dan kiri merupakan jurang yang cukup curam.

*Puncak Makam,Puncak ini juga memiliki pemandangan yang cukup bagus dan lokasinya cukup datar,di sana ada bangunan yang tertutup yang merupakan sebuah makam tokok yang dikagumi yaitu Ki Joko Pekik.

Baca Juga Wisata Puncak Gunung Telomoyo Magelang
 
Gunung andong jawa tengah
Pantainyajogja.com  by@Infoandong

Fasilitas Pendakian Gunung Andong.
Berbicara tentang fasilitas yang ada di Gunung Andong ini cukup lengkap mulai dari lokasi parkir yang aman yang berada di titik masuk pendakian,selain itu juga ada toilet,ada juga warung sederhana yang buka 24 jam.

Bagi Sobat yang ingin menikmati sunrise tetapi tidak ingin mendirikan tenda,di seputaran basecamp awal pendakian juga sudah ada penginapan penginapan dengan harga yang cukup murah.

Sedikit tips jika Sobat ingin melakukan pendakian dan camping di Gunung Andong antara lain selalu pantau cuaca,lakukan pendakian saat cuaca cerah tidak hujan,kemudian Sobat juga harus dalam kondisi fit,selalu bawa barang perlengkapan pribadi seperti baju hangat,bekal makan dan minum dan tentunya Sobat juga harus mempersiapkan camera agar mendapatkan foto foto yang keren.

Mungkin sedikit ini dulu Sob ulasan mengenai Gunung Andong Magelang Jawa Tengah,Semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan pendakian Sobat di akhir pekan.


Posting Komentar untuk "Jalur Pendakian Dan Alamat Gunung Andong Jawa Tengah"