Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu Dan Apa saja Koleksinya.

Jogjakarta memang sangat terkenal dengan cerita sejarahnya,sehingga banyak sekali museum yang ada di Kota Jogjakarta.

Museum terkenal di Jogjakarta adalah Museum Jogja Kembali,Museum ini merupakan museum cerita sejarah perjuangan Indonesia melawan penjajahan.

Tapi Kali ini Pantainyajogja.com akan berbagi informasi tentang museum yang berbeda dan tentunya sangatlah unik dan wajib Sobat kunjungi, yaitu Museum Ullen Sentalu Jogjakarta.

Museum Ullen Sentalu merupakan sebuah museum kuno yang sangat unik yang berada di kaki Gunung Merapi,Museum Ullen Sentalu Jogja ini memiliki bangunan yang cukup luas dengan konsep eropa.

Di Museum Ullen Sentalu ini terdapat bangunan kuno dengan patung patung dan juga relief pada masa kejayaan Kerajaan Mataram dahulu.

Keunikan Museum Ullen Sentalu Jogja ini dapat terlihat dari koleksi dan juga bangunan yang merupakan hasil akulturasi 3 budaya yaitu budaya Jawa, Belanda dan Tionghoa.  
lokasi ullen sentalu
Pantainyajogja.com by instagram@Juyokitchen

Alamat Museum Ullen Sentalu.
Lokasi Ullen Sentalu ini berada di kaki Gunung Merapi tepatnya berada di Jl Boyong,KM 25,Hargobinagun,Kecamatan Pakem,Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

Museum Ullen Sentalu Jogja ini berjarak sekitar 27 Kilomater dari pusat Kota Jogja sekitar Malioboro,dengan waktu tempuh sekitar 1 Jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Ullen Sentalu.
Ada beberapa cara untuk sampai ke lokasi Museum Sentalu Jogja ini,Sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga bisa menggunakan jasa Gojek maupun Grab.

Sobat bisa langsung menuju Jl Ring Road Utar,kemudian menuju Jl Palagan Tentara Pelajar,lurus saja hingga sampai di pertigaan Jl Pakem-Turi belok ke kanan,kemudian belok ke kanan menuju Jl Boyong.

Ikuti terus Jl Boyong,Nanti Sobat juga akan melewati tempat wisata The Word Landmark Merapi Park,dari sana masih lurus terus,hingga nanti Sbat akan menemukan papan petunjuk masuk lokasi Museum Ullen Sentalu yang Sobat tuju,Sobat juga bisa menggunakan panduan google maps untuk sampai lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu.
Berbicara tentang harga tiket masuk Ullen Sentalu ini memang lumayan mahal,dibanding dengan tiket masuk museum lainnya.

Ada 2 pilihan tiket masuk Museum Sentalu ini yaitu:
*Tiket Tur Adiluhung Mataram dengan harga Rp 50.000.
*Tiket Tur Vorstenlanden dengan harga Rp 100.000.

harga tiket masu museum ullen sentalu
Pantainyajogja.com by@juyokitchen

Perbedaan Tiket Masuk Ullen Sentalu.
*Tiket Tur Adiluhung Mataram dengan membayar Rp 50.000 ini,Sobat akan dipandu untuk berkeliling dan menyusuri Guwa Sela Giri dan juga Kampung Kambang.

Sobat pengunjung juga akan dipandu untuk memahami dan menggali pengetahuan kehidupan Keraton Mataram pada masa lampau.

*Tiket Tur Vorstenlanden dengan biaya Rp 100.000 ini,Sobat pengunjung akan dipandu mengunjungi jagad gallery,Esther Huis,dan juga Sasana Sekar Bawana.

Sobat juga akan dipandu untuk fakus pada koleksi dan juga nrasi masa keemasan Kasultanan Yogyakarta dan juga tentang Kasunanan Surakarta.

Sobat juga akan mengetahui tentang budaya Indies yaitu budaya akulturasi antara Jawa,Belanda,dan juga Tionghoa.

Yang paling menarik dari Tiket Vorstenlanden ini,Sobat akan sambut dengan sajian hidangan kukis dan juga teh dan kopi dari Beukenhof Bakeri.

Nah keren kan Sob,Sobat bisa memilih diantara 2 paket Tur tersebut untuk bisa mengelilingi dan belajar sejarah Kerajaan Mataram kuno.

koleksi museum ullen sentalu
Pantainyajogja.com instagram@Juyokitchen

Jam Buka Museum Ullen Sentalu Jogja.
Untuk jam operasional Museum ini buka setiap hari Selasa hingga hari minggu mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 wib.

Namun untuk mengakhiri Tur keliling Museum biasanya hanya sampai pada pukul 15.15 menit,Untuk hari Senin lokasi Museum Ullen Sentalu ini tutup.

Koleksi Museum Ullen Sentalu.
Di Museum Ullen Sentalu ini terdapat banyak sekali koleksi peninggalan Kerajaan Mataram yang bisa Sobat lihat di ruang seni tari dan gamelan.

Selain itu,kolesi Museum Ullen Sentalu Jogja ini juga dapat Sobat temukan di Ruang Guwa Sela Giri,ruang Kampung ambang maupun Ruang Budaya.

Di ruang Guwa Sela Giri terdapat karya lukis dan dokumentasi para Tokoh Kerajaan Mataram,di Kampung Kambang juga memamerkan batik Vorstenlanden,karya sastra dan juga lukisan milik Ratu Mas,Istri Amangkurat 1.

Selain itu masih ada ruang ruang yang memameran arca-arca Hindu Budaha hingga kolesi barang pada masa Mataram Islam.

Koleksi Museum Ullen Sentalu ini berasal dari keluarga Haryono yang suka mengoleksi barang-barang bersejarah di Jawa.

Selain itu juga dari yayasan Ulating Blencong yang menghibahkan koleksinya ke Museum Ullen Sentalu Jogjakarta ini.

museum ullen sentalu jogja
Pantainyajogja.com instagram@aishawirastri

Sejarah Museum Ullen Sentalu ini juga akan ketahui lebih detail jika berunjung ke sana,sehingga bagi Sobat yang ingin belajar tentang sejarah Kerajaan Mataram dan Kasunanan Surakarta bisa berkunjung KeMuseum Ullen Sentalu Jogja ini.

Selain belajar sejarah dan mengenal kebudayaan,di Museum Ullen Sentalu ini Sobat juga aan merasaan kesejukan dan juga udara yang segar.

Karena lokasinya sangat tenang dengan pepohonan yang besar yang ada di Museum Sentalu ini membuat pengunjung betah berlama lama berada di sana.

Informasi tentang lokasi wisata dan belajar budaya di Museum Ullen Sentalu ini semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan saat akhir pekan. 

 

Posting Komentar untuk "Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu Dan Apa saja Koleksinya."