Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Keindahan Air Terjun Penawangan Srunggo Imogiri Bantul Jogjakarta.

Jogjakarta menyimpan banyak sekali potensi wisata alam yang masih perawan dan belum banyak dieksplore.

Seperti keindahan  alam yang ada di Kabupaten Bantul Jogjakarta salah satunya adalah air terjun Penawangan Srunggo Imogiri.

Air terjun Penawangan Srunggo  ini merupakan salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Bantul,Jogjakarta yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Air Terjun Srunggo ini memang secara resmi belum di jadikan tempat wisata,namun karena keindahannya,air terjun ini viral di dunia maya,sehingga banyak yang datang dan membuktikan keindahan alam dan air terjun Penawangan ini.

lokasi air terjun penawangan bantul
air terjun penawangan

Alamat Air Terjun Penawangan.
Bagi Sobat yang ingin berkunjung ke lokasi Air Terjun Penawangan ini lokasinya berada di Dusun Srunggo,Kecamatan Imogiri,Kabupaten Bantul Kota Jogjakarta.

Jarak Air Terjun Penawangan ini jika daripusat Kota Jogjakarta sekitar 25 Km dengan waktu tempuh sekitar 50 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun jika dari pusat Kota Bantul,sekitar Alun-alun Paseban Bantul berjarak sekitar 17 Km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Air Terjun Penawangan Bantul.
Untuk jalur menuju Air Terjun Viral di Bantul ini Sobat bisa melalui beberapa jalur,jika dari pusat Kota Jogja bisa langsung menuju jalur ring road selatan,kemudian menuju Jl Imogiri timur.

Ikuti terus jalur Imogiri Timur ini,kemudian hingga sampai di Jembatan Siluk,kemudian nanti Sobat akan menemukan pertigaan belok ke kanan dan menanjak menuju arah Goa Cerme.

Ikuti jalur tersebut,hingga nanti Sobat akan menemukan papan petunjuk jalan menuju lokasi Air Terjun Penawangan yang Sobat tuju.

Untuk sampai lokasi air terjun viral di Bantul ini,bagi Sobat yang membawa mobil harus berjalan kaki dari lokasi parkir hingga sampai lokasi air terjun.

Namun jika menggunakan sepeda motor bisa melewati jalan cor blok hingga sampai tempat parkir dekat dengan air terjun.

Sobat kan disambut dengan petugas parkir untuk menata dan menjaga keamanan kendaraan Sobat,nah Sobat tinggal berjalan kaki meleati jalan setapak  tanah dan bebatuan yang cukup licin,sehingga Sobat perlu berhati hati saat melewati tracking menuju air terjun.


air terjun viral di Bantul
air terjun penawangan

Harga Tiket Masuk Air Terjun Penawangan Bantul.
Berbicara tentang harga tiket masuk lokasi air tejun Penawangan Bantul ini masih gratis,namun hanya disediakan kotak dana sukarela untuk memelihara kebersihan dan pengembangan wisata air terjun Penawangan Bantul ini.

Dengan budget yang sangat minim,Sobat sudah bisa menikmati keindahan alam dan juga air terjun yang cantik di Imogiri Bantul ini.

Sobat hanya perlu membayar biaya parkir saja,untuk biaya parkir juga cukup murah,untuk sepeda motor dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3000 dan untuk mobil pribadi sebesar Rp 5000 saja.

Air terjun Penawangan Bantul ini masih dikelola oleh masyarakat setempat untuk bersama sama mengembangkan lokasi ini,sehingga diharapkan menjadi tempat wisata air terjun unggulan yang menjadi kebanggaan masyarakat Srunggo.

Fasilitas Air Terjun Penawangan Bantul.
Berbicara tentang fasilitas yang ada di lokasi Air Terjun Penawangan ini belum lengkap seperti pada tempat wisata lainnya.

Karena Air Terjun Penawangan ini belum dibangun dan dikembangkan oleh Pemerintah setempat,namun masi swadaya masyarakat yang bersama-sama menambah fasilitas yang ada di sana.

Sehingga bagi Sobat yang ingin berkunjung ke lokasi Air Terjun Penawangan Imogiri ini,lebih baik untuk mempersiapkan  barang kebutuhan seperti kamera,minuman dan juga cemilan.

Bagi Sobat yang ingin basah-basahan bermain air,lebih baik untuk persiapkan pakaian gantinya,selain itu kalian juga perlu membawa powerbank untuk berjaga-jaga jika handphone Sobat lowbat.

air terjun penawangan bantul
Air terjun Penawangan

Daya Tarik Air Terjun Penawangan Srunggo.
Air Terjun Srunggo ini memang sangat cantik yang aliran air yang cukup deras,air terjun ini juga cukup tinggi namun berunda hingga 4 undakan air terjun.

Airnya yang sangat bersih nan jernih ini sangat cocok untuk bermain,bahkan di bawah air terju terdapat cekungan yang menampung aliran air yang berwarna biru,sehingga bisa untuk dijadikan tempat bermain air.

Air terjun Penawangan yang berada di kaki Gunung Cerme ini memang sangat alami dan suasana disekitarnya juga sangat sejuk,dengan adanya pepohonan yang menjulang tinggi.

Pemandangan yang indah dan kesejukan udara lokasi air terjun Penawangan Bantul ini sangat menakjubkan,bahkan rasanya sangat tentram dan damai berada di sini.

Informasi tentang lokasi dan keindahan air terjun Penawangan Bantul ini semoga bermanfaat dan tentunya bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan wisata Sobat di Bantul Jogjakarta.
 

Posting Komentar untuk "Pesona Keindahan Air Terjun Penawangan Srunggo Imogiri Bantul Jogjakarta."