Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambar Spot Foto Dan Informasi Lokasi+harga tiket masuk Taman Sari Jogjakarta

Mengunjungi Tempat-tempat wisata yang memiliki sejarah di masa lampau memang sangat menyenangkan, di samping kita bisa menikmati suasananya kita juga bisa mengambil pelajaran sejarah yang menambah pengetahuan kita.Seperti tempat yang satu ini yang sangat kental dengan cerita sejarah di Jogjakarta, yaitu Taman Sari keraton Jogjakarta.
taman sari jogjakarta
Photo ig by @12Lindaratna
Tamansari Jogjakarta adalah situs bekas taman Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, taman atau kebun pada zaman 1758-1765 / 9. taman yang mendapat sebutan "The Fragrant Garden" ini memiliki luas lebih dari 10 hektar dengan gedung-gedung, seperti gedung pemandian, jembatan gantung, kolam renang , atau danau buatan dengan alam dan lorong bawah udara. 

Taman ini dulunya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan.tetapi sekarang, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat Sobat hanya ada di barat daya kompleks Kedhaton saja.Meskipun Bangunan kebun tidak lagi utuh, namun tetap menyimpan sejarah dan misteri atau mitos mitos yang ada ditaman sari Jogjakarta ini.

Dimana letak dan alamat taman sari Jogjakarta?
Alamat Taman Sari Jogja berada di Jalan Taman, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133, Indonesia. Untuk lebih jelas Alamat Taman Sari Jogja berada di sebelah barat daya dari Keraton Jogja dan hanya terpisahkan oleh Jalan Ngasem.

Baca juga  titik 0 km Jogjakarta menjadi tempat nongkrong favorit

taman sari jogjakarta
Photo ig by©rick_brinks
Dengan titik Koordinat GPS Taman Sari Jogja: -7.81011111111111, 110.3595; 7,810151 ° LS 110,358946 ° BT

Taman sari Jogjakarta dapat Sobat kunjungi dengan beberapa jalur.
Jika dari Malioboro Jogja Sobat jalan lurus ke arah selatan melewati Kantor Pos atau Titik Nol Kilometer kemudian ke selatan lagi menuju Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta - kemudian belok ke kanan (barat) menuju Jl.Ngasem - Dari Jl. Ngasem lurus saja ke arah selatan mentok hingga ke Pasar Ngasem - Lalu belok ke arah kiri dan melewati Jl.Tamanan - kemudian ke arah selatan sekitar 100 meter. Di sebelah kanan dan kiri, Sobat akan menemukan benteng warna putih yang tinggi.Dan pintu masuk menuju Taman Sari Jogja ada di sebelah kanan Sobat.

Dari Alun-alun Selatan. Silakan bebelok menuju arah barat alun-alun - terus melewati Jl. Patehan Lor - lalu belok ke arah utara menyusuri Jl.Tamanan - Sobat akan menemukan pintu gerbang Taman Sari Jogja di sisi sebelah kiri Sobat.
taman sari jogjakarta
Foto ig oleh@sansan.anthem
Berapa harga Tiket masuk Taman Sari Jogja? 
Harga masuk untuk wisatawan lokal sebesar Rp 5.000, - per orang dan untuk wisatawan asing sebesar Rp 12.000, - per orang. Selain itu jika Sobat akan membawa kamera atau Video akan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 2.000, -. Sobat juga bisa menyewa pemandu wisata yang biasanya menawarkan jasanya disana dengan tarif seikhlasnya saja,biasanya bagi para pengunjung yang menggunakan jasa pemandu ini,memberi upah sebesar Rp 20.000.
taman sari jogjakarta
Photo ig by@windajanuariska
Mitos yang ada di Taman Sari Jogjakarta, memang masih sangat kental bagi masyarakat Jogjakarta.

Megahnya istana air ini ternyata menyimpan mitos sejarah yang terkenal di masyarakat Yogyakarta. Salah satu mitosnya adalah lorong menuju Pantai Selatan, yaitu di bagian Masjid Sumur Gemuling yang ada di Taman Sari terdapat lorong yang di tutupi kumpulan batu bata. Konon katanya, tempat ini sebagai jalan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono untuk bertemu dengan Nyai Roro Kidul di Pantai Selatan.Ada mitos lain yang diyakini disana merupakan sebuah lorong sebagai tempat persembunyian saat Istana Diserang oleh musuh pada zaman dahulu. 
taman sari jogjakarta
Foto ig oleh @ thoriqcholidy
Jika Sobat mau berkunjung ke Taman Sari Jogjakarata sebaiknya tahu dulu tentang lokasi dan apa saja nanti yang harus di persiapkan,di taman sari Jogjakarta ini Sobat bisa berselfi dengan beberapa beground bangunan tua yang sangat clasik dan juga tempat tempat pemandian putri jaman dulu,Sobat juga bisa mengunjungi lorong lorong bawah air dan mengeksplore masjid Soko Guru yang ada di taman sari Jogjakarta.
Baca juga Alun alun kidul Jogjakarta sejarah mitos dan sensasi nongkrong dimalam hari
Inilah sedikit informasi yang bisa kami bagikan,semoga bermanfaat,Salam wisata Indonesia.

Posting Komentar untuk "Gambar Spot Foto Dan Informasi Lokasi+harga tiket masuk Taman Sari Jogjakarta"