Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gereja Dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran Bantul Yogyakarta.

Gereja Ganjuran ini merupakan tempat peribadatan bagi umat agama Katholik yang berdiri pada tahun 1927.Tempat ibadah ini menawarkan kesempatan bertemu Yesus yang global dengan mengenakan surjan.

Komplek Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus ini sebenarnya sudah dibangun pada Tahun 1924 oleh dua bersaudara keturunan Belanda yaitu Joseph Smutzer dan Julius Smutzer.

Dua bersaudara tersebut mengelola pabrik gula Gondang Lipuro,berkat kejayaanya,dibangunlah sekitar 12 sekolah dengan satu klinik yang menjadi Rs Panti Rapih.

Dengan berjalannya waktu,komplek Gereja ini disempurnakan dengan dibangunnya sebuah Candi yang di sebut dengan Candi Hati Kudus Yesus.Dan hingga kini tempat ini masih dijadikan tempat peribadatan umat Katholik

Gereja ganjuran bantul
PantainyaJogja.com

Bangunan Gereja ini dirancang dengan perpaduan gaya Eropa,Hindu dan Jawa,Gaya Eropa ini akan terlihat pada bangunan Salib bila dilihat dari atas,kemudian gaya Jawa terlihat pada bagian atapyang berbentuk Tajug,patung Yesus dan Bunda Maria juga digambarkan dengan menggunakan pakaian adat Jawa.

Relief-relief yang ada pada banguna Gereja ini Yesus juga digambarkan memiliki rambut mirip Pendeta Hindu.

Alamat Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus.
Untuk alamat Gereja dan Candi ini berada di Jl.Ganjuran,Jogodayoh,Sumbermulyo,Kecamatan Bambanglipuro,Kabupaten Bantul,Yogyakarta.

Lokasi Gereja Ganjuran ini sangat dekat dengan pusat kota Kabupaten Bantul,namun jika dari pusat Kota Jogjakarta jaraknya sekitar 20 Km,Sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Rute Menuju Gereja Ganjuran Bantul.
Jika Sobat ingin berkunjung ke tempat peribadatan ini bisa melalui beberapa jalur,Sobat bisa menuju ringroad selatan kemudian menuju arah barat,setelah sampai di perempatan Jl Bantul belok ke kiri menuju Jl Bantul,lurus terus hingga melewati perempatan Jl Pemuda.

Ikuti terus jalurnya ke arah pantai Samas,setelah sekitar 10 KM Sobat akan menemukan papan petunjuk arah menuju Ganjuran,kemudian belok ke kiri mengikuti petunjuk tersebut,setelah sekitar 500 meter,Sobat akan menemukan Gereja Hati Kudus dan Komplek Candi yang berada di kiri jalan.

Gereja hati kudus Tuhan Yesus
Pantainyajogja.com

Tidak ada retribusi untuk masuk lokasi Gereja Dan Candi Ganjuran ini,namun Sobat juga harus bisa menjaga etika berkunjung jika tidak akan melakukan peribadatan,karena lokasi Gereja ini bebas masuk bagi siapa saja bahkan bagi Sobat yang beragama non Katholik.

Sobat juga bisa berselfie selfie untuk mengabadikan Candi Dan Gereja Ganjuran ini,tetapi jika saat digunakan untuk ibadah,lebih baik ditunda terlebih dahulu ya Sob,karena akan mengganggu ketenangan peribadatan umat Khatolik.

Kawasan Gereja dan Candi ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai selepas beribadah,karena banyak pepohonan yang cukup besar sebagai perindang di lokasi Candi Ganjuran,Bantul ini.

Sobat juga bisa berfoto di depan candi dengan background relief relief yang ada di dinding sekitar Candi da Gereja,dengan ditemani suasana sejuk di area taman,pasti akan membuat betah berada disana.

Ow iya So,kami sarankan untuk membawa plastik sampah sendiri ya,untuk menjaga kebersihan lokasi Gereja Ganjuran ini,selain itu,Sobat juga harus bisa menjaga diri ya,karena tempat ini merupakan tempat peribadatan bukan tempat wisata,meskipun boleh dikunjungi.

Candi Ganjuran Bantul Jogja
Pantainyajogja.com

Nah jika Sobat penasaran bisa kok bekunjung ke Gereja Ganjuran ini kapan saja,asal jangan malam hari ya Sob.

Jika Sobat datang ke tempat ini pasti deh akan kagum dengan desighn bangunan Gereja dan Candi yang sangat keren,dengan relief yang terlihat sangat jelas.Sobat juga bisa belajar sejarah berdirinya Gereja dan candi Ganjuran ini.

Sekian dulu ya Sob ulasan tentang Gereja dan Candi Ganjuran ini,semoga bisa bermanfaay dan bisa Sobat jadikan tempat peribadatan di Kabupaten Bantul Jogjakarta.
 

Posting Komentar untuk "Gereja Dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran Bantul Yogyakarta."