Cari Blog Ini

5 warung gudeg Jogjakarta yang terkenal dan wajib dicoba

PantainyaJogja.com-akan berbagi informasi tentang warung gudeg yang sangat terkenal dan sangat ramai dengan konsumen yang ingin menikmatinya.

Berbicara tentang kuliner di Jogjakarta pasti akan terlintas di benak kita tentang kuliner yang namanya Gudeg.

Yaaa gudeg memang salah satu makanan khas di Jogjakarta yang sangat populer,karena sampai saat ini kuliner gudeg mulai menjamur di Jogjakarta bahkan banyak para pengunjung dari luar kota Jogjakarta datang hanya untuk mencicipi kelezatan gudeg Jogja.


Sebenarnya ada beberapa warung gudeg sederhana bahkan ada yang sudah di konsep restoran,sehingga banyak sekali pilihan tempat makan gudeg yang ada di Jogjakarta.

Inilah 5 daftar gudeg yang populer di Jogjakarta:

1.Gudeg Yu Djum
Yaa Gudeg Yu Djum ini merupakan salah satu rumah makan di Yogyakarta yang khusus menjual gudeg.

Pemilik dan perintis rumah makan ini adalah ibu Djuwariah yang biasa dipanggil Yu Djum.Gudeg yang dijual bisa dikemas dalam kotak, besek, atau kendil yang dapat bertahan hingga dua hari dengan cara pengukusan.

Bu Djuwariah mulai merintis usahanya dengan membuka kedai gudeg di Jalan Wijilan sejak tahun 1950.namun setelah meninggal dikembangkan oleh anak anaknya.

Kini gudeg Bu Jum sudah membuka cabang di beberapa tempat salah satunya di jl solo,depan bandara Adisucipto,disana kita bisa menikmati masakan gudeg yang lezat dan menu tambahan yang lainnya,harganyapun cukup murah karena nasi gudeg dan teh anget hanya rp 17000 saja.

2.Gudeg mercon bu Tinah
Gudeg mercon adalah makanan gudeg dengan sensasi rasa yang berbeda yaitu gudeg yang gurih namun bukan lagi manis seperti gudeg yang lainnya tetapi gudeg mercon adalah gudeg yang super pedas.

Jika kita pengin mencicipi gudeg mercon bisa datang ke alamat ini Jl. Asem Gede, Kranggan
Jam Buka : 18.00-23.00
Harga : Rp. 16.000,-

Namun untuk mendapatkan gudeg ini kita harus rela berantri karena biasanya sebelum buka banyak pembeli yang sudah berdatangan untuk bisa mendapatkan gudeg mercon.

Perintis dan pemilik gudeg mercon adalah Ngatinah, yang telah berjualan Gudeg Mercon sejak tahun 1992 yang lalu, sehingga gudeg tersebut di kenal sampai sekarang.

3.Gudeg Sagan
Gudeg Sagan merupakan gudeg yang di buka mulai sekitar 2003 oleh Bapak Willy dan keluarga. Dinamakan Gudeg Sagan karena warung gudeg ini berada di Kampung Sagan yang sejak dulu dikenal sebagai pusat gudeg.

Alamat gudeg Sagan yaitu di JL. Prof. HERMAN YOHANES No. 53 Yogyakarta.Dulunya warung gudeg ini hanya warung lesehan saja,namun dengan berjalannya waktu warung semakin ramai dan sekarang sudah di bangun dengan konsep rumah makan besar.

Untuk melayani konsumen rumah makan gudeg sagan ini buka setiap Hari : 9.00 - 24.00.kita juga bisa memesan dengan paket besar maupun kecil Telphone : 085100443035, 081804220055

4.Gudeg Bu Tirto
Gudeg yang terkenal dan laris selanjutnya adalah gudeg Bu Tirto.Gudeg Bu Tirto berada di Jalan Janti No. 330 Yogyakarta INDONESIA 55281
Telp: (0274) 564734, 543452
Fax: (0274) 543452

Gudeg Bu Tjitro ini lebih terkenal dengan sebutan Gudeg Kendil Bu Tjitro.Dengan pelengkap sambal goreng krecek, kacang tholo, tempe kedelai, telor itik dan ayam kampung gudeg ini disajikan dengan kendil agar rasa gudeg semakin gurih.

Gudeg Bu Tjitro memang berbeda dengan gudeg yang lain karena saos sambal yang digunakan adalah saos kering atau arek bening yang tidak digoreng.

Untuk kenyamanan para pelanggan selain tempat parkir yang luas Gudeg Bu Tjitro juga menyediakan tempat makan yang cukup luas dengan kapasitas tempat duduk hingga 400 orang.

5.Gudeg pawon pak prapto
Gudeg pawon,yaa gudeg pawon merupakan salah satu rumah makan yang menyajikan gudeg dengan rasa spesial.

Gudeg pawon berada diJl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164

Gudeg pawon ini berdiri sejak tahun 1958 oleh Prapto Widarso, Gudeg Pawon awalnya berjualan di Pasar Sentul Yogyakarta,sang pemilik menjual gudegnya pada pukul 3 pagi.

Namun karena gudeg pak prapto ini semakin ramai dan banyak peminatnya akhirnya para pembeli rela datang langsung ke rumah,hingga akhirnya pak prapto berinisiatif untuk membuka usahanya di rumah sendiri.

Dan sampai sekarang gudeg pawon pak prapto tidak pernah sepi karena rasanya yang tak pernah berubah karena cara memasak yang terbilang tradisional dengan menggunakan tungku kayu bakar.

Untuk bisa mendapatkan gudeg pawon kita harus datang lebih awal karena banyaknya pembeli,pembeli juga bisa mengambil sendiri gudeg di dapur/pawon sehingga bisa juga melihat cara membuat gudeg secara tradisional.
Sedikit informasi semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 warung gudeg Jogjakarta yang terkenal dan wajib dicoba"

Posting Komentar