Cari Blog Ini

5 Daftar Oleh oleh khas Pantai Gunungkidul yang wajib di coba

Pantai Gunungkidul selain menawarkan pemandangan dan kemolekan yang indah juga memiliki banyak kekayaan alam yang sangat luar biasa.Dari hasil laut ada berbagai macam bahan makanan yang bisa diolah menjadi santapan yang lezat.

Ternyata selain hasil laut seperti ikan dan lobster masih ada lagi hasil laut yang bisa diolah sebagai makanan yang lezat seperti rumput laut.

Berikut ini adalah olahan hasil laut sebagai oleh oleh untuk dicoba saat mengunjungi pantai Gunungkidul:

1.Peyek rumput laut.
peyek rumput laut
Peyek rumput laut

   Tidak hanya kacang tanah saja yang bisa dibuat peyek, ternyata hasil laut bisa dibuat menjadi peyek yang gurih.

Peyek rumput laut di buat dengan cara, rumput laut yang sudah di ambil dari laut langsung di jemur agar kadar airnya berkurang, setelah itu direbus hingga matang, setelah matang dikasih bumbu dan tepung layaknya kacang tanah yang kebanyakan orang buat.

Peyek rumput laut ini biasanya dijajakan di tempat oleh oleh atau warung sekitar pantai dengan kemasan plastik yang dibandrol dengan harga Rp3000 saja.

2.Peyek udang/udang goreng crispy
udang goreng
Udang goreng crispy

    Selain untuk makanan lauk pauk sebagai teman nasi seperti udang saos tiram, asam manis dll, ternyata udang ini bisa diawetkan menjadi peyek udang ataupun udang crispy,tetapi biasanya yang diolah adalah udang kecil yaitu udang panami bukan udang lobster.

Udang Panami ini memiliki tekstur daging yang padat dan kenyal,cara pengolahannya biasanya digoreng berulang kali agar menjadi peyek udang yang kriuk, wooow perlu dicoba.Biasanya dijual dengan harga Rp 100.000 per kg.Udang goreng crispy ini sangat renyah dan bisa bertahan lama.

3 .wader goreng
wader goreng
Wader goreng crispy

    Wader biasanya berasal dari air payau yaitu air laut yang bercampur dengan air tawar yaitu berada di muara atau sungai yang ada di pantai.

Nelayan mencari wader ini biasanya menggunakan jala atau jaring kecil.Olahan wader ini sangat renyah sekali dengan balutan tepung yang sudah dibumbui,eeem coba aja deh pasti ketagihan.Wader goreng crispy ini biasanya dijual dengan harga Rp60.000 per kg nya.

4.Bakso ikan laut
bakso ikan laut
Bakso ikan laut

    Ternyata bakso tidak hanya bisa dibuat dari daging sapi saja,namun bakso juga bisa dibuat dari bahan ikan laut,bakso dari ikan laut mempunyai cita rasa yang unik tanpa rasa amis.

Cara membuat bakso ini terbilang lumayan sulit dan ribet karena melewati beberapa proses, dari ikan segar hasil pencarian nelayan kemudian direbus setengah matang kemudian dibelah,dibuang duri durinya satu persatu hingga menjadi daging semua, setelah itu digiling, dan dikasih bumbu sampai menjadi bakso.

Bakso ikan ini biasanya dijual dalam kemasan plastik dengan dibandrol harga Rp20.000.
Baca juga 5-daftar makanan khas gunungkidul yang wajib dicoba

5.Ikan crispy
Ikan goreng crispy

    Ikan renyah ini biasanya terbuat dari ikan yang tidak memiliki nilai jual mahal untuk dijadikan olahan lauk pauk, namun jika dibuat ikan crispy akan menjadi lebih mahal karena rasanya yang gurih dan bisa diawetkan / bisa dimakan jangka panjang.

Ikan yang digunakan ikan crispy adalah ikan lendra, ladingan maupun ikan yang lain yang mempunyai daging sedikit dan biasanya ikan ikan yang tipis.

Semua olahan makanan tersebut biasanya dijadikan jajanan oleh oleh di pusat oleh oleh setiap pantai Gunungkidul maupun di warung warung di pantai Gunungkidul.Sedikit informasi Semoga bermanfaat salam pariwisata.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Daftar Oleh oleh khas Pantai Gunungkidul yang wajib di coba"

Posting Komentar