Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Watulawang Gunungkidul,Pesona Wisata Pantai Tersembunyi Dekat Indrayanti.



Pantai Watulawang Gunungkidul merupakan pantai tersembunyi yang belum banyak orang ketahui,namun memiliki pesona wisata pantai yang sangat eksotis.Pantai ini menawarkan pemandangan laut dan bibir pantai yang masih alami.

Sebutan pantai Watulawang ini karena di bibir pantai ini terdapat gua kecil yang biasanya dijadikan tempat nyadran bagi masyarakat sekitar.Menurut para sesepuh dan masyarakat warga sekitar,goa tersebut merupakan jejak petilasan dari Prabu Brawijaya.Di sebut goa Watulawang ini karena di mulut goa terdapat batu yang berbentuk seperti pintu yang menjadi akses masuk ke dalam goa tersebut.

keindahan pantai watulawang gunungkidul
PantainyaJogja.com  by@Oktavianadyah

Letak pantai Watulawang Gunungkidul,Jogjakarta.
Letak pantai Watulawang ini sebenarnya sama dengan pantai Indrayanti Gunungkidul yaitu berada di Desa Tepus,Kecamatan Tepus,Kabupataen Gunungkidul,Jogjakarta.Pantai Watulawang merupakan pantai yang kecil yang di apit oleh pantai yang sudah terkenal yaitu berada di antara pantai Indrayanti dan pantai Poktunggal Gunungkidul.

Baca juga Lokasi dan jalur menuju pantai Indrayanti Gunungkidul

Jika Sobat berada di pantai Watulawang ini akan melihat pantai Poktunggal yang berada di sebelah timur dan pantai Indrayanti di sebelah baratnya,keberadaan kedua pantai ini akan terlihat jelas jika Sobat naik di bukit karang yang ada gasebo gasebonya seperti gambar di atas ini.

Jalur menuju pantai Watulawang Gunungkidul.

Berbicara tentang jalur,karena lokasinya yang masih berdekatan dengan pantai Indrayanti maka jalur dan rutenya pun sama.Jalur yang bisa Sobat tempuh yaitu:

*Jika Sobat dari Kota Jogjakarta ada dua pilihan alternatif jalur yang bisa Sobat lalui yaitu melalui Kota Wonosari dan melalui Imogiri-Panggang.
-Jalur melalui Kota Wonosari maka Sobat harus melalui ringroad ketandan dan ikuti jalan besar Jogja-Wonosari dengan melewati Bukit Patuk Gunungkidul setelah itu Sobat lurus saja mengikuti jalur besar Kota Wonosari,setelah nanti Sobat menemukan bandara Gading maka akan menemukan lampu merah,nah untuk lampu merah yang kedua Sobat beloklah ke kiri menuju pusat Kota Wonosari,setelah menemukan kantor Kabupaten Gunungkidul,lampu merah Sobat lurus saja hingga nanti menemukan lampu merah lagi,sekitar 500 meter Sobat harus belok ke kanan mengikuti jalan Baron.

Dari Jalan Baron ini Sobat lurus hingga menemukan pertigaan mulo dengan patokan kolam renang Ratu Bilqis yang ada di Google map,nah Sobat beloklah ke kiri menuju kecamatan Tepus,lurus terus hingga nanti menemukan pertigaan yang ke kanan menuju pantai Sundak dan iktilah jalur yang ke kiri menuju pantai Indrayanti,setelah nanti menemukan pertigaan beloklah ke kiri mengikuti jalur menuju pantai Indrayanti Gunungkidul.

-Jalur melalui Imogiri-Panggang,maka jalur yang bisa Sobat lalui yaitu jalan Imogiri ikuti terus hingga sampai Siluk kemudian lurus mengikuti jalur menuju Selopamioro dan terminal Panggang,nah dari Panggang ini Sobat lurus mengikuti jalur menuju Pantai Baron Gunungkidul,setelah menemukan pintu masuk retribusi pantai Baron maka Sobat belok ke kiri menuju deretan pantai seperti pantai Kukup,sepanjang,pantai Drini dan lurus terus hingga nanti menemukan pantai Indrayanti yang berada di pinggir jalan.

Nah jika Sobat sudah sampai di pantai Indrayanti maka masuk saja terminal Indrayanti bagian timur dan ikuti jalan kecil menyusuri bibir pantai Indrayanti,Nanti Sobat akan melakukan perjalanan sekitar 10 menit akan menemukan pantai Watulawang yang Sobat tuju.Jika Sobat masih bingung bisa buka google map atau bisa bertanya pada warga setempat,atau juga bisa bertanya ke Admin pantainyaJogja.com Whatsapp 085713585009.

tiket masuk pantai watulawang gunungkidul
PantainyaJogja.com  by@Sokhib_057

Fasilitas pantai Watulawang Gunungkidul.

Berbicara tentang fasilitas yang ada di pantai Watulawang Gunungkidul memang belum lengkap seperti halnya dengan pantai Indrayanti,Fasilitas yang di sediakan di sana adalah lokasi parkir untuk mobil dan motor yang tidak terlalu luas,rumah makan sudah ada,kamar mandi dan toilet,tempat istirahat seperti gasebo gasebo yang ada di seputaran bibir pantai Watulawang Gunungkidul ini.

Untuk fasilitas yang lain tentunya spot foto yang sangat unik seperti jembatan menuju batu karang dan gasebo yang ada di puncak batu batuan yang menjadi spot foto favorit di pantai Watulawang ini.

Selain spot foto tersebut Sobat juga bisa bemain pasir putih yang sangat bersih secara leluasa,karena lokasinya cukup luas dan belum padat pengunjung seperti pantai Indrayanti dan pantai Poktunggal yang lebih terkenal.

lokasi pantai watulawang gunungkidul
PantainyaJogja.com  by@Ratnas_mamivina

Harga tiket masuk panta Watulawang Gunungkidul.

Untuk biaya retribusi masuk pantai Watu Lawang ini hanya dibayarkan di loket pintu masuk utama yang Sobat lalui dengan membayar Rp 10.000 per orang,sedangkan untuk biaya parkir sepeda motor Rp 3000 dan untuk biaya parkir mobil Rp 5000,sadangkan jika Sobat bersama rombongan menggunakan bus besar,jalurnya tidak bisa di lewati bus besar,Sebaiknya Sobat parkir di pantai Indrayanti saja dan untuk menuju ke pantai Watulawang harus berjalan kaki.

Jika Sobat tidak jalan kaki maka solusi yang paling tepat adalah menyewa jasa Jeep yang bisa Sbat temukan di pantai Indrayanti,sekalian nanti mengelilingi pantai yang lain dengan jasa Jeep tersebut.

pantai watulawang gunungkidul
PantainyaJogja.com   by@Anagatourjogja

Mungkin sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan bisa jadi bahan panduan Sobat jika mau berkunjung ke pantai Gunungkidul khususnya pantai Watulawang yang sangat unik ini.Untuk informasi lebih lanjut tentang booking tempat makan,booking wisata Jeep dan reservasi pantai yang lain bisa Whatsap Admin PantainyaJogja.com 085713585009.Salam Wisata Indonesia.

Baca juga Warung makan Pawon Ndeso,paket makan murah di pantai Indraynti  

Posting Komentar untuk "Pantai Watulawang Gunungkidul,Pesona Wisata Pantai Tersembunyi Dekat Indrayanti."