Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokasi Dan Jalur Menuju Pantai Sembukan Wonogiri Yang Masih Alami



wisata pantai wonogiri
PantainyaJogja.com  by@dwiesetyawati
Pantai Sembukan Wonogiri merupakan pantai yang cukup bagus yang bisa Sobat jadikan tempat tujuan wisata saat berkunjung ke Kabupaten Wonogiri,Jawa Tengah.

Dahulu Pantai Sembukan ini memang menjadi pantai yang kental dengan aura mistisnya karena konon ceritanya,Pantai Sembukan ini menjadi pintu ke 13 bagi Nyi Roro Kidul untuk menghadiri pertemuan dengan Raja Raja Kasunanan Surakarta.Ritual yang biasa dilakukan di Pantai Sembukan ini adalah Ritual Larung Ageng.

Ritual Larung Ageng ini dilakukan oleh Kasunanan Surakarta,Pemerintah Wonogiri dan Masyarakat sekitar,ritual ini digelar pada malam 1Suro untuk menghormati Sang Penguasa Laut Selatan.

Meskipun pantai ini mempunyai cerita mistis yang sangat kental,Para pengunjung mulai penasaran dan berdatangan untuk mengunjungi Pantai Sembukan ini karena pantai ini memiliki pemandangan yang sangat bagus.

Lokasi Pantai Sembukan Wonogiri
Jika Sobat ingin berkunjung ke Pantai Sembukan ini Sobat harus tahu dulu lokasinya yaitu berada di Dusun Sembukan,Kecamatan Paranggupito,Kabupaten Wonogiri.Berjarak sekitar 60 KM dari Kota Wonogiri dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.Sedangkan jalur untuk menuju Pantai Sembukan ini sama seperti jalur menuju Pantai Nampu dan Pantai Sadeng,karena pantai Sembukan ini berada di sebelah timur pantai Sadeng.

Baca juga Lokasi dan harga tiket pantai Nampu

Jika Sobat dari Kota Solo bisa melalui jalur menuju Pracimantoro kemudian menuju Paranggupito,kemudian dari Paranggupito Sobat ambil arah menuju pantai Sembukan sesuai papan petunjuk Jalan yang ada di setiap Persimpangan jalan.

Jika Sobat berasal dari  Kota Jogjakarta bisa melalui Kota Wonosari Gunungkidul,kemudian menuju arah Baran kemudian menuju Kecamatan Rongkop kemudian menuju arah Paranggupito,atau Sobat juga bisa mengambil jalur selatan dengan melewati JJLS melalui Imogiri Bantul,kemudian naik menuju Kecamatan Saptosari dan Panggang kemudian ikuti JJLS mengikuti arah menuju pantai selatan Gunungkidul,kemudian Sobat ke timur menuju arah pantai Sadeng dengan jarak tempuh dari Jogjakarta sekitar 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.
pantai sembukan wonogiri
PantainyaJogja.com  by@yudd_0710
Harga Tiket Masuk Pantai Sembukan Wonogiri
Tak usah khawatir untuk bisa menikmati pemandangan yang indah di Pantai Sembukan Wonogiri ini Sobat hanya cukup mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp5000 per orang.

Selain biaya tiket masuk tentunya Sobat juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan yaitu sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil pribadi.

Fasilitas Pantai Sembukan Wonogiri
Berbicara tentang fasilitas,Pantai Sembukan ini juga memiliki fasilitas yang cukup antara lain yaitu lokasi parkir yang cukup luas,Pendopo(tempat istirahat),Kuliner dan jajanan ringan juga lengkap,Jalan setapak yang cukup bagus untuk menuju ke bukit,dan tentunya pemandangan yang sangat menakjubkan di pantai Sembukan Wonogiri ini.
pantai wonogiri
PantainyaJogja.com  by@Rinteyahu
Baca juga Keindahan Pantai Wediombo Gunungkidul

Pantai Sembukan ini memang tidak memiliki bibir pantai yang luas,karena bibir pantai dengan pasir putihnya sangat sempit untuk dijadikan tempat bermain,namun Sobat tak usah khawatir karena jika air laut surut,pantai Sembukan ini memiliki batuan karang yang yang bisa dijadikan tempat berfoto di atasnya.

Namun tentunya Sobat harus tetap berhati hati karena biasanya bebatuan karang tersebut ada yang licin,selain itu Sobat juga harus berhati hati jangan bermain ombak laut di pantai Sembukan ini,karena ombaknya terlalu besar dan banyak bebatuan karang kecil2 dan tajam.

Yang tak kalah menariknya adalah pemandangan pantai Sembukan jika dilihat dari atas bukit dengan melewati jalan setapak yang sudah dicor,sehingga Sobat bisa juga berfoto foto di jalan setapak tersebut dengan background laut dan bukit.Jika Sobat penasaran langsung saja kunjungi pantai Sembukan Wonogiri ini sebagai tempat tujuan wisata Sobat di akhir pekan.
Selamat Berlibur

Posting Komentar untuk "Lokasi Dan Jalur Menuju Pantai Sembukan Wonogiri Yang Masih Alami"