Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Dan mitos Wisata Air Terjun Sekarlangit Grabag Magelang.

Wisata Magelang memang sangat terkenal dengan alamnya yang indah dengan pegunungan yang tinggi.Banyak sekali tempat wisata alam yang ada di Kota Magelang,salah satu yang patut Sobat kunjungi adalah wisata air terjun Sekar Langit.

Air Terjun Sekar Langit merupakan air terjun yang berada di lereng Gunung Telomoyo dengan ketinggian sekitar 25 meter  dari dasar kolam.

Bagi para pengunjung tidak disarankan bermain air di kolam utama saat musim hujan,karena jika terjadi hujan di puncak Gunung Telomoyo maka grojogan air terjun ini akan semakin deras.

Sebelum kita membahas tentang lokasi wisata Air Terjun Sekar Langit Magelang ini sebaiknya mengetahui tentang sejarah dan mitos Air Terjun Sekar langit.

Sejarah Air Terjun Sekar Langit.
Banyak cerita yang beredar bahwa air terjun Sekar Langit ini merupakan tempat mandi bidadari yang bernama Nawangwulan.

Saat asyik mandi di bawah air terjun Joko Tarub mencuri selendang bidadari yang sedang mandi tersebut.

Sang bidadari tidak bisa kembali ke langit karena selendang tersebut merupakan sumber kekuatan Nawangwulan,Sehingga bidadari tinggal di bumi dan menjadi istri Joko Tarub.

Mitos Air Terjun Sekar Langit Magelang.
Dari cerita sejarah di atas muncul mitos bahwa bagi para pengunjung yang masih Jomblo belum ada pasangan jika mandi di kolam air terjun Sekarlangit bisa memperlancar mendapatkan jodohnya.

Selain mitos tersebut,lokasi air terjun Sekar Langit ini juga masih sering digunakan sebagai tempat ritual yang didampingi oleh juru kunci air terjun Sekar langit.

Air terjun Sekar Langit ini juga di percaya untuk memperlancar peredaran darah,sehingga bagi yang mandi di air terjun Sekar Langit ini akan lebih sehat.

sekar langit waterfall magelang
Pantainyajogja.com by@Dheponk

Misteri Air Terjun Sekar Langit
Menurut juru kunci di lokasi air terjun ini juga sering muncul penampakan disore hari yaitu sesosok wanita seperti bidadari yang sering ikut berfoto.

Meski sering ada penampakan,tidak ada larangan khusus,Sobat tak perlu khawatir karena sosok bidadari tidak akan mengganggu,namun Sobat perlu menjaga perkataan dan perbuatan yang baik di lokasi wisata air terjun ini.

Air terjun Sekar Langit atau juga sering disebut Waterfall Sekar Langit ini sekarang sudah banyak pengunjungnya,jadi Sobat tak perlu takut jika akan berkunjung karena sudah cukup ramai.

Akses masuk Sekar Langit hingga lokasinya sudah dibangun dengan baik,sehingga para pengunjung akan merasa nyaman melakukan tracing hingga sampai lokasi air terjun.

Alamat Air Terjun Sekar Langit.
Air terjun Sekar Langit ini berada di Desa Telogorejo,Kecamatan Grabag,Kabupaten Magelang,Jawa Tengah.

Jarak air terjun dari Kota Magelang sekitar 14 Km dengan wakru tempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute menuju Sekar Langit Waterfall ini juga cukuo mudah,Sobat bisa melalui jalur arah Grabag-Pucang kemudian dilanjutkan ke jalur Grabag-Cokro.

Kemudian dilanjutkan menuju Jl Sunan Geseng,Sobat juga bisa melalui jalur jalur terdekat dari lokasi Sobat,bisa menggunakan google maps dengan mengetikkan Sekar Langit Waterfall.

air terjun sekar langit magelang
Pantainyajogja.com by@-Ranggabagas

Fasilitas Di Air Terjun Sekar Langit.
Berbicara tentang fasilitas yang ada di air terjun ini cukup lengkap seperti lokasi wisata pada umumnya seperti lokasi parkir cukup luas,toilet dan kamar mandi,mushola,warung makan dan tentunya akses jalan setapak yang sudah bagus.

Selain fasilitas tersebut,tentunya masih ada fasilitas spot foto yang keren dengan pemandanga air terjun dan bebatuan besar.

Untuk jam buka air terjun Sekar Langit ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 18.00.

Harga tiket masuk lokasi wisata air terjun Sekar Langit Grabag ini juga tergolong murah,karena Sobat hanya dikenakan biaya Rp 4000 untuk per orang.

Di lokasi wisata air terjun Sekar Langit ini Sobat akan merasakan kesejukan udara denga angin spoi spoi yang membuat nyaman berkunjung ke sini.

Setelah mandi dan bermain air di kolam air terjun ini Sobat bisa menikmati secangkir kopi dari warung makan yang tak jauh dari lokasi air terjun.

Sedikit informasi tentang air terjun Sekar Langit(Waterfall Sekar Langit) ini semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan wisata dan ngadem Sobat di Kota Magelang Jawa Tengah. 
 

Posting Komentar untuk "Sejarah Dan mitos Wisata Air Terjun Sekarlangit Grabag Magelang."