Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kawasan Konservasi Dan Eduwisata Hutan Mangrove Bantul Jogjakarta.

Kawasan Hutan Mangrove Baros Bantul merupakan kawasan konservasi alamiah sekitar muara sungai Opak dan juga pesisir pantai yang ada di Dusun Baros Bantul,Jogjakarta.

Penanaman Mangrove ini bertujuan untuk mencegah abrasi yang sering terjadi hingga merusak kawasan pertanian mastarakat.

Selain itu juga menjadi tempat wisata alam dan juga tempat  belajar tentang alam dan juga ekosistemnya.Dengan pemandangan hijau dan juga hutan mangrove yang menjadi daya tariknya.

Jika Sobat berkunjung ke lokasi konservasi hutan Mangrove Bantul ini bisa ikut serta dalam penanaman dan keseruan dilumpur pinggir sungai Opak.

Selain ikut andil dalam penanaman di Hutan Mangrove ini kalian juga bisa sekaligus berwisata alam dan juga menikmati indahnya sunset di sore hari.

pantai Baros Bantul Jogjakarta
Pantainyajogja@Mangrovebaros

Kawasan konservasi Mangrove Bantul ini tidak terjadi secara instan tetapi memang dilakukan penanaman tanaman Mangrove sejak tahun 2003.

Penanaman ini dilakukan dengan kerjasama dengan berbagai pihak seperti masyarakat yang bekerjasama dengan LSM dan juga Pemerintah Kabupaten Bantul Jogjakarta.

Dan untuk saat ini sudah banyak pihak pihak yang membantu seperti dari Universitas dan perguruan tinggi di Jogjakarta.

Lokasi Eduwisata Hutan Mangrove Bantul.
Wisata hutan dan Pantai Baros ini berada di Dusun Baros,Desa Tirtohargo,Kecamatan Kretek,Kabupaten Bantul,Jogjakarta.

Lokasi tepatnya berada di sebelah timur pantai Samas dan juga sebelah barat dari aliran Sungai Opak.Cukup mudah untuk ditemukan,Sobat bisa menggunakan google maps untuk sampai lokasi eduwisata hutan Mangrove ini.

Rute Menuju Pantai Baros Bantul.
Bagi Sobat yang ingin berkunjung ke wisata Mangrove Pantai Baros ini jika dari pusat kota Jogjakarta membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Sobat bisa langsung menuju Jl KH Ahmad Dahlan ke arah timur,dan belok kanan arah ke selatan hingga sampai Jl Parangtritis.

Kemudian setelah sampai di pertigaan arah pantai Samas belok ke kanan arah Jl Samas-Kretek Bantul.Kemudian setelah sampai diperempatan ambil ke selatan di Jl Tirtohargo.

Ikuti terus hingga sampai pertigaan kemudian belok kiri menuju Jl utama baros,ikuti terus hingga tidak lama lagi kalian akan sampai di kawasan pantai Baros Bantul.
 
Pantainyajogja.com@mangrovebaros

Harga Tiket masuk kawasan Pantai Baros.
Berbicara tentang harga tiket masuknya,Sobat tak perlu khawatir karena untuk biaya masuk hanya sebesar Rp 10.000 saja.Dan untuk biaya parkir juga cukup murah,kalian hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp 3000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil pribadi.

Fasilitas di Pantai Baros Bantul.
Untuk fasilitas yang ada di kawasan pantai Baros Bantul ini memang belum lengkap seperti pada pantai lainnya.

Namun untuk fasilitas penting tentunya juga sudah ada seperti lokasi parkir yang aman,toilet juga sudag ada,tempat menikmati kuliner tersedia warung warung sederhana yang ada di sana.

Bagi Sobat yang suka Camping,Di Pantai Baros ini juga tersedia lokasi camping yang cukup luas,tak hanya itu saja bagi kalian yang suka mancing juga ada spot untuk memancing.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Kawasan Mangrove Pantai Baros.
Jika kalian berlibur di pantai Baros ini bisa melakukan kegiatan seru antara lain:
*mengelilingi Hutan Mangrove.
Bagi Sobat yang suka dengan wisata alam,berkunjung ke lokasi wisata hutan Mangrove Bantul ini sangat cocok.Karena Sobat bisa menikmati indahnya hutan Mangrove dan juga tanaman lainnya dengan menyusuri hutan dengan berjalan kaki melewati jalan jalan setapak yang ada di sana.

*Berkeliling menyusuri sungai Opak.
Kalian juga bisa menikmati keindahan alam dengan menyusuri sungai Opak dengan naik perahu yang ada di sana.

*Bermalam dengan Camping.
Bagi kalian yang suka camping,bisa mencoba camping di wilayah pinggiran hutan Mangrove pantai Baros ini.Lokasi campingnya cukup luas dengan rumput yang hijau menambah kesan yang tak terlupakan.

*Berburu Spot Foto.
Selain menikmati indahnya pantai dengan hutan Mangrovenya kalian juga bisa berfoto di spot spot foto keren seperti spot gardu pandang dan juga hutan Mangrovenya.
 
kawasan eduwisata mangrove baros
Pantainyajogja.com@MangroveBaros

Keindahan Pantai Baros dan juga hutan Mangrovenya yang hijau ini akan membuat liburan Sobat menyenangkan,karena pantai Baros ini memang masih cukup alami dan belum banyak pembangunan,sehingga cocok bagi Sobat yang ingin mencari suasana yang masih asri.

Informasi tentang pantai Baros dan hutan Mangrove Bantul ini semoga bermanfaat dan bisa kalian jadikan bahan referensi tujuan wisata Sobat di akhir pekan.
 

Posting Komentar untuk "Kawasan Konservasi Dan Eduwisata Hutan Mangrove Bantul Jogjakarta."