Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjelajahi Pantai Kesirat Gunungkidul Jogjakarta lokasi terbaik camping di puncak bukit

pantai kesirat gunungkidul
Foto Ig oleh @amazingJogja
Menjelajahi indahnya tempat wisata di Gunungkidul memang tak kan ada habisnya.Ada beberapa destinasi yang mempesona yang wajib Sobat kunjungi saat datang ke Gunungkidul, Jogjakarta.Seperti pantai selatan Gunungkidul yang menyimpan pesona luar biasa yang belum dijamah banyak orang.

Bagi Sobat yang hobi bepergian dan Berkemah di Pantai Gunungkidul banyak tempat Berkemah yang sangat nyaman dari atas perbukitan dengan pemandangan laut lepas,seperti Pantai Kesirat Panggang, Gunungkidul.

Pantai Kesirat yaitu pantai tersembunyi yang bisa Sobat temukan dengan perjalanan cukup ekstreem karena pantai Kesirat tidak berpasir hanya perbukitan dan batu karang yang tinggi, meskipun sangat tinggi di Pantai kesirat cukup aman,sebagai tempat untuk berkemah, dan menjadi tempat untuk rockfishing bagi para pemancing.

Dimanakah lokasi pantai Kesirat Gunungkidul?
Mungkin bagi sebagian orang masih terasa asing mendengar nama pantai Kesirat Jogjakarta, namun bagi yang suka berpetualang mungkin nama pantai Kesirat sudah terbiasa, karena Pantai Kesirat ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk berkemah di atas perbukitan di Gunungkidul.

Pantai Kesirat terletak di daerah Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi yang cukup jauh dari kota Wonosari Gunungkidul, sekitar 30km dari pusat kota Gunungkidul Jogjakarta.

Jalur menuju Pantai Kesirat Gunungkidul.

Jalur untuk menuju pantai Kesirat Gunungkidul Jogjakarta ada beberapa alternatif perjalanan.

Jika Sobat dari arah kota Solo melewati Gunungkidul maka jalur yang harus di tempuh adalah Sobat bisa melalui kota Klaten dan Arah ke Semin Se-gunungkidul, selanjutnya menuju kota Wonosari dengan melewati jalan Kecamatan Karangmojo-Wonosari.Setelah sampai kota Wonosari melanjutkan perjalanan menuju Playen setelah sampai pasar Playen kemudian melewati jalan menuju Paliyan dengan melewati hutan dan Poslatpur Paliyan sampai ke pertigaan pasar Trowono kemudian belok kanan  menuju arah Girikarto, nanti akan ketemu papan nama menuju pantai Gesing dan pantai Kesirat.

Jika Sobat dari arah Jogjakarta menggunakan jalur menuju Gunungkidul dengan melewati jalur besar Patuk Gunungkidul, hingga Sobat menemukan lampu merah pertama yaitu di daerah Gading Gunungkidul tepatnya di dekat Landasan pesawat terbang Gading Gunungkidul.Setelah sampai Gading kira kira 500m akan menemukan lampu merah lagi dan Sobat belok kanan ke arah Playen kemudian akan menemukan jalur yang sudah kami jelaskan atas.

Jika Sobat dari Jogjakarta sebelah selatan atau akan melewati jalur yang berbeda Sobat bisa melewati arah jalur Imogiri bantul dan menuju arah Gunungkidul dengan melewati tanjakan dan jalan yang sangat berliku untuk menuju daerah Panggang Gunungkidul, setelah menemukan Polsek panggang atau terminal Panggang ikutilah jalur menuju Girikarto hingga menemukan papan petunjuk Jalan Pantai Gesing dan Kesirat tepat sebelum Sekolahan dan lapangan Sobat harus belok kanan sekitar 3km akan sampai Pantai yang kita tuju.
pantai kesirat gunungkidul
Foto Ig oleh @Haykalghif
Harga tiket masuk pantai Kesirat Gunungkidul.

Baca juga   menikmati sensasi bermain perahu kano di pantai Drini

Harga untuk masuk pantai Kesirat Gunungkidul, Jogjakarta cukup murah hanya Rp 5000 saja setiap orang dan biaya parkir Rp 2000 saja.Harga yang cukup murah untuk bisa menikmati pesona pantai Kesirat yang sangat populer dikalangan traveler yang suka Camping.

Untuk bisa sampai di pantai Kesirat kita harus melalui jalur yang lumayan ekstrem dan menanjak hingga ke lokasi parkir di atas perbukitan. Namun lelah Anda pasti akan terbayarkan dengan pemandangan laut lepas dan hijaunya rumput yang menghiasi lokasi berkemah.

Fasilitas yang ada di Pantai Kesirat Gunungkidul.

Pantai Kesirat belum memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti pantai pantai yang lain di Gunungkidul, namun sudah banyak fasilitas fasilitas seperti MCK,warung warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman.

Namun untuk fasilitas seperti penginapan, hotel atau aula belum bisa Sobat temukan disana, karena di pantai Kesirat adalah tempat yang cocok untuk tujuan camping bukan tujuan bermalam di hotel dan tujuan acara formal yang lain.mudah mudahan sedikit ulasan ini bermanfaat.Salam Pariwisata.


Posting Komentar untuk "Menjelajahi Pantai Kesirat Gunungkidul Jogjakarta lokasi terbaik camping di puncak bukit"