Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Puncak Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul Yang Sangat Diminati Para Pecinta Alam


Pesona keindahan alam yang ada di Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta memang menjadi daya tarik tersendiri,selain wisata pantai yang sangat terkenal ternyata ada juga wisata pegunungan yang sangat unik dan wajib Sobat kunjungi,yaitu puncak gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul yang biasa di sebut dengan puncak 4G Gedangsari.

Di puncak Gunung Gentong Gedangsari ini terdapat beberapa spot foto yang sangat unik,selain spot foto yang sangat unik,di puncak Gunung Gentong ini Sobat juga bisa menikmati keindahan alam pedesaan GedangSari dari puncak Gunung laksana di atas awan.

Alamat lokasi Gunung Gentong Gedangsari
Jika Sobat penasaran dan mau berkunjung ke Puncak 4G ini lebih baik mengetahui tentang alamat dan rute perjalanan yang harus Sobat tempuh.Sebenarnya sangat mudah kok untuk bisa menemukan lokasi Gunung Gentong ini,Alamat Gunung Gentong Gedangsari ini berada di Dusun Manggung,Kelurahan Ngalang,Kecamatan Gedangsari,Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta.

Lokasi wisata Gunung Gentong ini cukup dekat dengan Kota Jogjakarta karena hanya berjarak sekitar 12 KM dengan waktu tempuh sekitar 40 menit saja dari Kota Jogjakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi. 
camping di puncak 4G
PantainyaJogja.com  by@Suhendraaji
Rute jalur menuju Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul
Bagi Sobat yang mau berkunjung ke Puncak 4G ini jalurnya cukup mudah kok,jika Sobat dari Kota Jogjakarta maka ikuti jalur besar Jogja-Wonosari dengan melewati bukit bintang Pathuk Gunungkidul,lurus saja mengikuti jalur menuju Kota Wonosari,setelah nanti Sobat menemukan pertigaan Sambipitu setelah POM Bensin Sambipitu maka beloklah ke kiri yaitu menuju arah Kecamatan Nglipar.

Setelah Sobat menemukan SD Klebu beloklah ke kiri menuju arah Gedangsari,ikutilah jalurnya hingga Sobat nanti akan menemukan Dusun Manggung,selanjutnya Sobat nanti akan menemukan simpangtiga yang tengahnya ada pohonnya maka beloklah ke kiri dan ikuti petunjuk jalan menuju lokasi wisata puncak Gunung Gentong Gedangsari yang Sobat tuju.

Naah jika Sobat sudah sampai di lokasi tempat parkir nanti masih akan berjalan kaki sekitar 15menit untuk sampai lokasi puncak 4G ini.
wahana di puncak 4G
PantainyaJogja.com  by@Pushingpanda
Harga tiket masuk puncak Gunung Gentong Gedangsari
Berbicara tentang harga tiketnya Sobat tak usah khawatir dengan harga yang mahal,karena hingga sampai saat ini pemerintah belum menentukan harga tiket masuknya,hanya saja jika Sobat mau memberikan dana sukarela monggo dipersilahkan untuk pihak pengelola.

Biaya yang wajib dikelurkan hanyalah biya parkir saja yang juga cukup murah,untuk biaya parkir sepeda motor hanya sebesar Rp 2000 dan untuk biaya parkir mobil hanya Rp 5000 saja.Namun jika Sobat mau menikmati pemandangan dengan menggunakan handmok maka akan dikenakan biaya tambahan,tetapi tenang saja Sob untuk menikmati wahana eksteem seperti yang ada di gambar di atas sudah ada pemandu khusus yang sangat profesional.

Selain menikmati pemandangan alam dari atas puncak Gunung Gentong ini,Sobat juga bisa menikmati sunset dan sunrise yang sangat cantik,jika Sobat mau menikmati sunrise di pagi hari,Sobat juga bisa mendirikan tenda di sana,namun kami sarankan untuk minta ijin kepada pihak pengelola agar diberikan pengarahan tentang lokasi dan aturan mendirikan tenda dome di puncak 4G Gedangsari ini . 
puncak 4G jogja
PantainyaJogja.com  by@Ahmadfauzin982
Fasilitas Puncak Gunung Gentong Gedangsari
Berbicara tentang fasilitas memang di puncak Gunung Gentong ini belum memiliki fasilitas yang cukup,namun untuk fasilitas penting juga sudah ada kok Sob seperti lokasi parkir,Gasebo untuk istirahat,aula pertemuan,toilet dan tentunya spot foto yang sangat unik bebeda dari tempat wisata lainnya.

Beberapa spot foto yang unik tersebut tentunya bisa Sobat gunakan sebagai lokasi berfoto yang gratis alias tidak dipungut biaya,karena semua spot foto gunung gentong Gedangsari ini merupakan properti sebagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola,beberapa spot fotonya tentunya selain pemandangan alam dan pedesaan ada juga jembatan layang,gardu pandang,kapal kapalan,rumah terbalik,jalan atas awan dan masih banyak lagi yang bisa Sobat eksplore di sana.
spot foto puncak 4G
PantainyaJogja.com  by@Muhammad_Subhan
Selain keunikan spot foto yang ada di puncak gunung Gentong ini ternyata ada yang unik dan menarik pandangan,Di lokasi tempat parkir kendaraan yaitu  sebuah tugu unik berbentuk Gentong yang sangat terlihat jelas karena dibalut dengan warna emas yang sangat mencolok dengan adanya air yang mengalir di atas tugu Gentong tersebut.

Tugu gentong tersebut ternyata mempunyai simbol sejarah yang ada di Gunung Gentong Gedangsari ini,karena konon ceritanya lokasi ini pernah dijadikan tempat semedi Prabu Brawijaya V,Raja terakhir Majapahit,ditengah proses meditasinya,sang raja konon mendapat lemparan padasan[wadah air wudhu mirip gentong]dari Raden Patah saat membujuk ayahnya untuk masuk Islam.

Baca juga wisata terdekat Lokasi wisata gunung api purba Nglanggeran Gunungkidul

Selain tugu Gentong tersebut ternyata di sana juga ada tugu unik yaitu tugu berbentuk burung yang dijadikan sebuah monumen,karena dulu konon katanya  di bawah tanahnya terdapat sumber mata air yang dijadikan lokasi minum burung gagak.
lokasi gunung gentong
PantainyaJogja.com  by@Jogwistour
Memang tempat wisata puncak Gunung Gentong Gedangsari ini menyimpan cerita sejarah yang masih sangat kental,sehingga di puncak Gunung Gentong ini  juga sering dijadikan tempat nyadran bagi masyarakat sekitar.

Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi tujuan wisata Sobat saat berkunjung ke Jogjakarta terutama Kabupaten Gunungkidul.Salam Wisata Indonsia

Posting Komentar untuk "Pesona Puncak Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul Yang Sangat Diminati Para Pecinta Alam "