Cari Blog Ini

Lokasi Dan Keunikan Candi Lumbung Klaten,Jawa Tengah

Hay Sobat traveller bagaimana kabar kalian,mudah mudahan dalam keadaan sehat,kali ini PantainyaJogja.com akan berbagi informasi tentang peninggalan sejarah yaitu candi Lumbung Klaten Jawa Tengah.
candi lumbung klaten
PantainyaJogja.com  by@Thoegoezt
Candi Lumbung merupakan salah satu  kawasan warisan dunia Prambanan,yaitu candi peninggalan agama Budha pada saat kekuasaan kerajaan Mataram kuno yang dibangun sekitar abaad ke-9 sampai abad ke-10,nama Candi Lumbung ini belum diketahui secara pasti awal mulanya nama candi ini.

Masyarakat sekitar menyebutnya dengan candi Lumbung karena bentuk bangunan ini menyerupai lumbung tempat penyimpanan padi,sehingga hingga saat ini candi ini disebut dengan candi Lumbung.

Di lokasi candi Lumbung ini dibangun taman dan tentunya candi Lumbung ini juga di rawat dengan baik,sehingga lokasi candi Lumbung menjadi bersih cocok bagi Sobat yang akan menghabiskan waktu liburan untuk berkunjung dan menikmati pemandangan alam dan bangunan candi yang sangat unik ini.

Alamat candi Lumbung
Candi Lumbung terletak di kawasan Prambanan tepatnya berada di Dukuh Benar,Kelurahan Bugisan,Kecamatan Prambanan,Kabupaten Klaten,Jawa Tengah.Jika Sobat ingin berkunjung ke Candi Lumbung ini sama seperti jalur menuju candi Prambanan,karena memang lokasi candi Lumbung berada di kawasan candi Prambanan.

Rute jalur menuju candi Lumbung Klaten
Dari Kota Klaten berjarak sekitar 15 km ke arah barat dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Candi Lumbung jika dari Kota Jogjakarta juga sangat mudah Sobat tinggal mengikuti jalur Jogja-Solo nanti akan menemukan perempatan Kalasan kemudian lurus sedikit sudah sampai kawasan candi Prambanan.Nah jika Sobat ingin berkunjung ke candi Lumbung ini dari komplek taman candi Prambanan harus berjalan kaki sekitar 500 meter ke arah utara atau Sobat bisa menggunakan kereta wisata dengan membayar tarif diluar biaya masuk candi Prambanan.

Tiket masuk candi Lumbung
Tiket masuk candi Lumbung Prambanan ini sudah jadi satu tiket masuk kawasan candi Prambanan yaitu sebesar Rp 30.000 untuk masyarakat umum sedangkan untuk pelajar harus membayar biaya masuk Rp 12.500.untuk fasilitas yang ada di lokasi candi Lumbung ini tidak ada yang khusus namun fasilitasnya lengkap dalam satu kawasan candi Prambanan seperti kamar mandi,mushola,tempat makan juga sudah ada.

Baca juga Candi Sukuh Karanganyar 

candi lumbung prambanan
PantainyaJogja.com  by@Tata_amertha96
Daya tarik candi Lumbung Prambanan
Di kawasan candi Lumbung ini memang sangat menarik dengan adanya taman kecil yang hijau dan  tentunya bangunan candi Budha dengan satu  candi utama yang berada di pusat kemudian dikelilingi oleh 16 candi perwara.

Bangunan candi ini berdiri di atas batur dengan tinggi sekitar 2,5 M,tangga dan pintu masuk berada di sebelah timur,dan pintu masuk dilengkapi dengan bilik penampil dan lorong menuju dalam candi.

Atap candi utama sudah hancur,namun bangunan atap candi ini berbentuk stupa dengan ujung yang runcing mirip dengan candi perwara.Untuk bentuk atapan candi perwara yang mengellingi candi utama ini berbentuk kubus dangan puncaknya dihiasi dengan stupa.

Di dalam ruang candi perwara ini terdapat batu mirip tatakan arca yang disusun berjajar,namun banguna candi ini juga sudah banyak yang rusak akibat gempa Jogja pada tahun 2006 dahulu.

Bagi Sobat yang suka berfoto,banyak sekali sudut sudut candi yang bisa Sobat jadikan spot foto yang keren,Sobat juga bisa berfoto di tengah candi perwara yang mengelilingi candi utamanya,atau Sobat juga bisa berfoto di taman sekitar candi Lumbung ini.

Baca Juga Sejarah tentang candi Borobudur

Sedikit informasi ini semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan wisata Sobat di akhir pekan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lokasi Dan Keunikan Candi Lumbung Klaten,Jawa Tengah"

Posting Komentar