Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Jogjakarta Yang Enak Dan Recomended Sebagai Oleh-oleh.

Jogjakarta selain terkenal dengan tempat wisatanya,tentunya juga terkenal dengan kulinernya yang enak dan murah.

Banyak sekali tempat kuliner yang menyajikan olahan masakan khas daerah Jogja yang memiliki cita rasa olahan Jawa.

Kali ini Pantainyajogja.com akan berbagi informasi tentang kuliner khas Jogja yang sangat cocok sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Jogjakarta.

Kuliner jadah tempe mbah carik
Pantainyajogja.com@Jadahtempe

Jadah Tempe 
Kuliner Khas Jogja yang pertama adalah jadah tempe,jadah tempe merupakan makanan khas Jogja yang wajib Sobat icipi.

Jadah tempe ini menjadi kudapan enak yang belum tentu bisa Sobat temukan di kota lain selain Jogjakarta.

Bahkan di Jogja sendiri belum tentu Sobat akan menemukan jadah tempe ini di seluruh sudut Kota Jogja,karena kudapan jadah tempe ini menjadi  makanan dan oleh-oleh khas Jogjakarta terutama daerah Kaliurang Jogja.

Sobat bisa menemukan oleh-oleh jadah tempe ini dilereng gunung Merapi daerah Kaliurang,yang paling ramai adalah jadah tempe Mbah Carik.

Jadah ini terbuat dari bahan ketan yang di kukus kemudian ditubuk atau dihaluskan seperti membuat uli atau gembong,kemudian di iris iris sesuai dengan selera.

Rasa jadah ini sangat gurih apalagi ditemani dengan tempe atau tahu yang dimasak dengan cara dibacem dengan gula jawa,sehingga rasanaya sangat enak dan cocok sebagai teman ngopi.

warung sate klathak jogja
Pantainyajogja.com@Sateklathak

Sate Klathak.
Sate Klatak merupakan kuliner khas Jogja yang sangat enak dan banyak dicari,sate klathak ini sebenarnya sama seperti sate pada umumnya,yang membedakan adalah bahwa sate klathak ini ditusuk dengan menggunakan besi,biasanya dari ruji ruji kendaraan.

Nah yang paling menarik lagi,nama sate klathak ini karena bunyi dari sate ini saat dibakar dan dikasih garam akan menimbulkan bunyi klathak klathak,dan hingga saat ini menjadi nama dan ciri khas sate di Jogja.

Sate klathak Jogja ini memang sangat gurih dari daging kambing muda,sehingga dagingnya sangat empuk,dan cocok untuk menjadi lauk pauk.

Sate Klatak Jogja ini dapat Sobat temukan di Jogjakarta,banyak warung warung sate klathak yang terkenal seperti sate pak Jede,sate klathak pak Pong,sate klathak mak Adi,sate klathak pak Bari dan masih banyak warung sate yang lainnya.
  
Gatot tiwul jogja
Pantainyajogja.com@Gatot dan tiwul

Gatot dan Tiwul.
Nah kuliner khas Jogja yang satu ini  juga cukup gurih dan tentunya menjadi kuliner legendaris,karena gatot dan tiwul ini sebenarnya adalah makanan khas daerah Gunungkidul Jogjakarta,yang dulunya adalah makanan pokok yang identik dengan makanan orang miskin.

Tetapi olahan khas Gunungkidul yang satu ini malah menjadi makanan khas yang banyak dicari,karena kerinduan masyarakat untuk menikmati makanan jaman dahulu.

Hingga kini gatotdan tiwul menjadi kuliner khas Jogja yang banyak dicari dan menjadi oleh-oleh saat berkunjung ke Jogjakarta.

Banyak sekali yang menjual oleh oleh gatot dan tiwul ini dengan beraneka rasa,mulai dari original,gurih,manis dan rasa lainnya.

Toko oleh-oleh khas Jogja kini juga sudah banyak yang memproduksi dalam sekala besar,karena sudah bekerjasama dengan pihak bus pariwisata.

Gatot dan tiwul ini juga bisa dimakan sambil menyeduh teh,sehingga bisa menjadi teman ngeteh layaknya cemilan.
   
bakpia jogja
Pantainyajogja.com@Bakpiajogja

Bakpia Jogja.
Kuliner Jogja yang satu ini adalah bakpia Jogja,bakpia Jogja ini merupakan oleh-oleh khas Jogja yang sudah modern,karena terbuat dari tepung terigu dengan berbagai vareasi rasa dengan isian yang berbeda.

Bakpia Jogja ini sangat gurih dengan balutan kulit dari tepung,apalagi isiannya juga bermacam-macam seperti isian kacang ijo,keju,dan yang paling menarik lagi adalah isian ubi ungu,sehingga warnanya ungu cerah yang menggugah selera.

Kue Bakpia ini sangat cocok dimakan sambil nyeruput teh maupun kopi,apalagi bakpia yang masih baru pasti akan sangat gurih.

Toko bakpia di Jogjakarta bisa Sobat temukan di seluruh sudut kota Jogja.banyak tempat oleh-oleh besar yang menyediakan Bakpia Jogja,bahkan produksinya juga ada di tokonya,sehingga pengunjung bisa mencicipi bakpia yang masih anget.

Sobat juga bisa belajar untuk membuat bakpia langsung dari pabrik di toko oleh-oleh yang Sobat kunjungi seperti bakpia 25,bakpia pathuk,bakpia 101 dan masih banyak lainnya.
 
gudeg jogja
Pantainyajogja.com@Gudegjogja

Gudeg Jogja.
Kuliner Gudeg Jogja ini memang menjadi kuliner legendaris di Kota Jogjakarta yang banyak dicari,bahkan menjadi makanan idaman bagi para pemburu kuliner enak.

Gudeg ini dibuat dari bahan olahan nangka muda atau biasa disebut dengan gori,nangka muda tersebut dikelupas lalu di iris-iris kemudian di rebus dengan menggunakan bumbu dan gula merah,sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan manis.

Masakan gudeg ini bisa Sobat temukan di warung warung makan pinggir jalan,banyak juga yang menjual masakan gudeg ini di pasar pasar tradisional.

Kuliner gudeg ini sangat gurih dan cocok sebagai lauk makan,apalagi dengan toping telur bacem dan juga tahu bacem,pasti akan sangat enak.

Nah inilah 5 rekomendasi kuliner khas Jogja yang bisa Sobat jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Jogjakarta.


 

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Jogjakarta Yang Enak Dan Recomended Sebagai Oleh-oleh."