Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desa Wisata Pulesari Jogja:Mengusung Konsep Wisata Alam,Budaya Dan Tradisi

Yogyakarta merupakan salah satu kota paling populer di Indonesia,yang memiliki warisan budaya dan juga kaya dengan keindahan alamnya yang masih asri. 

Banyak sekali tempat wisata alam seperti wisata pantai,wisata pegunungan dan juga desa wisata yang dibangun dengan konsep unik, seperti desa wisata Petingsari,Desa wisata Nglanggeran,desa wisata Tepus, dan masih banyak desa wisata Jogja lainnya.

Di Jogjakarta bagian utara terdapat sebuah desa wisata hits yaitu Desa Wisata Pulesari Kabupaten Sleman,Yogyakarta.

Desa Wisata Pulesari menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan dengan konsep wisata alam dan budaya tradisi.Dengan berbagai wahana permainan,kuliner dan juga aktivitas keseruan wisata yang sangat menarik.

Desa wisata pulesari yogyakarta
foto instagram@Desawisatapulesari

Alamat Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 40 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi.Rute menuju Desa Wisata Pulesari ini sangat mudah,Sobat bisa menggunakan panduan google maps.

Lokasi Desa Wisata Pulesari ini terletak di dusun Pulesari,Desa Wonokerto,Kecamatan Turi,Kabupaten Sleman,Yogyakarta. 

Desa ini menawarkan suasana pedesaan yang tenang dan damai.Desa Wisata Pulesari ini dikelilingi oleh kebun-kebun  buah salak yang subur.Terletak di lereng Gunung Merapi yang megah,dengan pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya,sehingga Sobat akan merasakan ketenangan dan keindahan yang tak tergantikan.

Jam Buka Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari ini buka setiap hari,untuk hari senin sampai jum'at buka mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 Wib.

Sedangkan untuk hari Sabtu da Minggu buka selama 24 jam,karena lokasi Desa Wisata Pulesari ini juga terdapat lokasi camping yang biasa dijadikan tempat menginap.

Daya Tarik Desa Wisata Pulesari

Salah satu daya tarik utama Desa Wisata Pulesari adalah budaya,tradisi Jawa yang masih dilestarikan, Pengunjung dapat merasakan berada dalam kehidupan desa Jawa yang autentik dan belajar tentang kegiatan sehari-hari masyarakat setempat.

Masyarakat Desa Pulesari sangat ramah dan selalu siap memberikan sambutan hangat kepada para wisatawan. Mereka dengan senang hati berbagi pengetahuan tentang budaya, kesenian, dan kerajinan tangan tradisional mereka.

Sobat bisa ikut melakukan aktivitas layaknya masyarakat desa seperti menanam padi,membuat kerajinan tangan,seperti belajar membatik,anyaman bambu,dan juga ukiran kayu.

Sobat juga bisa belajar memanen hasil tani,belajar menari dan masih banyak aktivitas seru yang bisa di lakukan.Sobat juga bisa belanja oleh-oleh kerajinan tangan sebagai kenang-kenangan dari desa wisata Pulesari Jogja ini. 

Desa wisata Pulesari Sleman Yogyakarta
foto instagram@Desawisatapulesari

Tiket Masuk Desa Wisata Pulesari

Di Desa Wisata Pulesari Sleman ini terdapat beberapa paket wisata desa antara lain:

*Paket tradisi 1 Rp 55.000,sudah mendapatkan welcome drink,snack 1x,ice breaking,fun game,bermain di wahana outbound,bumbung bocor,jembatan goyang,titihan bambu,dan juga makan 1x, dengan fasilitas sound sistem,asuransi,trainer,pemandu,free parkir dan free toilet. 

*Paket tradisi 2 Rp 70.000,sudah mendapatkan welcome drink,snack 1x,ice breaking,fun game,bermain di wahana outbound,bumbung bocor,jembatan goyang,titihan bambu,tracking sungai 5 rintangan dan juga makan 1x, dengan fasilitas sound sistem,asuransi,trainer,pemandu,free parkir dan toilet. 

*Paket Tradisi 3 Rp 95.000,sudah mendapatkan welcome drink,snack 1x,ice breaking,fun game,belajar membatik,petik salak di kebun,dan juga makan 1x, dengan fasilitas sound sistem,asuransi,trainer,pemandu,free parkir dan toilet. 

*Paket Tradisi 4 Rp 105.000,sudah mendapatkan welcome drink,snack 1x,ice breaking,fun game,bermain di wahana outbound,bumbung bocor,jembatan goyang,titihan bambu,tracking sungai 5 rintangan,tangkap ikan,belajar olahan salak,paket petik salak, dan juga makan 1x, dengan fasilitas sound sistem,asuransi,trainer,pemandu,free parkir dan toilet.

Itulah harga tiket paket wisata desa Pulesari yang bisa Sobat pilih,semua paket sudah lengkap dengan fasilitas yang Sobat butuhkan. 

Fasilitas Desa Wisata Pulesari Sleman

Berbicara tentang fasilitas yang ada di Desa Wisata Pulesari ini sangat lengkap antara lain

*Lokasi parkir luas

*Mushola.

*Pendopo

*Toilet

*Rumah makan

*Dan juga penginapan.

Terdapat penginapan unik seperti homestay dan penginapan tradisional yang memberikan pengalaman menginap yang autentik. Pengunjung dapat merasakan kehangatan dan keramahan penduduk setempat dengan tinggal bersama mereka dalam homestay yang disediakan.

Untuk harga menginap di Homestay Pulesari ini sebesar Rp 50.000 per orang.Jika bersama rombongan 10 orang dikenakan biaya Rp 25.000 per orang,sedangkan untuk paket group 20 orang biayanya sebesar Rp 15.000 per orang.

Harga Makanan Di Desa Wisata Pulesari

Selain itu, di Desa wisata Pulesari ini juga terdapat warung makan yang menjual makanan tradisional Jawa yang lezat dan beragam,dengan harga yang terjangkau antara lain:

*Kambing guling,sate dan gulai Rp 30k.

*Soto ayam Rp 8k.

*Soto daging sapi Rp 10k.

*Tahu guling Rp 7k.

*Nasi uduk Rp 4k.

*Nasi goreng biasa Rp 10k.

*Gudeg Rp 10k.

*Masakan ayam kampung Rp 18k.

*Dan masih banyak menu makan lainnya.

Terdapat pula makanan ringan seperti olahan hasil tani seperti jagung,pisang,tales,dan juga ada jajanan pasar yang lengkap dengan harga yang terjangkau. 

Desa Wisata Pulesari Jogja
foto instagram@Desawisatapulesari

Desa Wisata Pulesari juga aktif dalam mengadakan acara dan festival budaya setempat.Sobat memiliki kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan musik tradisional, tarian, dan drama yang menampilkan kekayaan seni dan budaya Jawa.

Festival-festival ini juga menjadi sarana untuk belajar budaya dan berinteraksi dengan penduduk setempat sehingga Sobat juga akan merasakan suasana meriah dalam tradisi lokal.

Desa Wisata Pulesari di Kabupaten Sleman,Yogyakarta ini menjadi destinasi wisata yang menawarkan kombinasi sempurna antara keindahan alam, budaya Jawa, aktivitas wisata dan keramahan penduduk dengan suasana pedesaan yang tenang dalam satu lokasi.

Sobat akan mendapatkan pengalaman belajar budaya dan tradisi, serta atraksi wisata alam yang menakjubkan,Desa Wisata Pulesari menjadi contoh yang inspiratif dalam menggabungkan kepariwisataan dengan pelestarian budaya dan lingkungan yang berkelanjutan.

Informasi tentang Desa Wisata Pulesari Yogyakarta ini semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan tempat tujuan liburan yang lengkap dalam satu lokasi.


Posting Komentar untuk "Desa Wisata Pulesari Jogja:Mengusung Konsep Wisata Alam,Budaya Dan Tradisi"