Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Museumku Gerabah Timbul Raharjo;Apa Saja Yang Ada Di Sana?

Gerabah merupakan salah satu jenis barang yang dibuat dari bahan khusus dan juga dibuat dengan keahlian khusus. Gerabah juga sering kita temukan dalam keseharian,sehingga gerabah tak pernah lepas dari kehidupan kita.

Untuk melakukan kegiatan hidup sehari-hari, manusia pasti membutuhkan berbagai macam peralatan, seperti dalam kegiatan memasak, mandi, dan lain sebagainya,salah satu jenis alat yang sering digunakan sejak zaman dulu adalah gerabah atau tembikar. 

Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibuat,dibentuk kemudian dibakar sehingga menjadi barang yang bisa di pakai dalam kehidupan
.
Nah di Yogyakarta terdapat pabrik gerabah yang sangat terkenal yaitu pabrik gerabah Kasongan,yang mana daerah ini merupakan sentra produksi gerabah terbesar di Indonesia.

museumku gerabah timbul raharjo
foto fb by@Dewi Andarwati

Di Yogyakarta terdapat Museum Gerabah yang cukup populer yaitu Museumku Gerabah Timbul Raharjo.Museumku Gerabah Timbul Raharjo ini merupakan sebuah museum Gerabah yang dibangun oleh Timbul Raharjo yang digunakan untuk kegiatan produksi gerabah,tempat ini juga memiliki banyak karya seni baik berupa lukisan, patung maupun karya seni lainnya.

Timbul Raharjo adalah pengusaha gerabah Kasongan, Yogyakarta yang memberikan sentuhan inovasi kerajinan dan menerima penghargaan One Village One Product dari Pemerintah Jepang sebagai pelopor seni kerajinan Indonesia pada 2011.

Timbul Raharjo membuat Patung Ganesha setinggi 30 sentimeter yang terbuat dari kayu, di tangan Timbul Raharjo,hasil karya ini terkesan seperti terbuat dari tanah liat,hingga mendapat penghargaan,sehingga Timbul Raharjo menjadi salah satu inovator gerabah Kasongan Yogyakarta yang membuat Museumku Gerabah Kasongan.

Alamat Museumku Gerabah Timbul Raharjo

Lokasi Museumku Gerabah Timbul Raharjo ini berada di daerah Kajen, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Lokasi Museumku Gerabah Timbul Raharjo Kasongan ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta,hanya berjara sekitar 8 Km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 25 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jalur untuk menuju Museumku Gerabah Jogja ini juga sangat mudah,Sobat bisa menggunakan panduan google maps untuk sampai lokasi ini.

Jam Buka Museumku Gerabah Timbul Raharjo Kasongan

Untuk jam Buka Museumku Gerabah Kasongan ini buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 22.00 wib.

museum gerabah yogyakarta
foto fb by@Dewi Andarwati

Keunikan Dan Apa Saja Yang Ada Di Museumku Gerabah Timbul Raharjo

Museumku Gerabah Jogja ini merupakan sebuah bangunan berkonsep rumah dome dengan dinding yang berwarna bata.

Material kayu dan gerabah mendominasi tempat ini,sehingga terlihat klasik dan menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Lokasi Museumku Gerabah Timbul Raharjo ini terdapat area indoor dan juga outdoor. Area indoor ada di beberapa rumah dome dengan arsitektur kece. 

Area outdoor ada 3 spot yaitu di depan adalah art space utama dengan tatanan kursi melingkar beratapkan payung lebar.

Di lokasi ini juga ada sebuah meja kayu besar dengan kursi-kursi tanpa atap payung,dan di belakang dengan konsep kursi-kursi kayu yg sederhana.

Ada sekitar 3 ruang museum,yaitu merchandise room,kemudian ada workshop room,dan juga art space room utama dg konsep bangunan seperti pesawat UFO.

Setelah Sobat sampai di pintu masuk lokasi ini, akan langsung disambut oleh suguhan karya seni nan apik. 

Berbicara tentang harga tiket masuk Museumku Gerabah Timbul Raharjo ini gratis tidak dipungut biaya,Sobat bebas melihat pameran seni hasil karya yang unik di sini.

Museumku Gerabah Timbul Raharjo ini sebuah area pariwisata yang bersifat edukatif dan rekreatif yang meliputi:
*Cafe
*Meeting room
*Art space
*Museum
*Tempat edukasi keramik dan gerabah

Terdapat area parkir luas,untuk akses jalan ke lokasi ini juga sangat mudah dan aman dijangkau oleh motor maupun mobil pribadi.

Tempat ini juga cocok dikunjungi untuk segala usia dan juga banyak spot kece yang unik dan instagramable.

Cafe Museumku Gerabah ini juga menyediakan menu makanan dan minuman yang lumayan variatif mulai dari makanan berat maupun camilan, rasanya juga enak dengan harga yang cukup terjangkau.

museum gerabah timbul raharjo
foto fb by@Dewi Andarwati

Nah keren banget kan Sob Museumku Gerabah Timbul Raharjo Yogyakarta ini?Museumku Gerabah Timbul Raharjo ini bisa menjadi solusi liburan dan juga kuliner di Yogyakarta.

Sedikit informasi tentang lokasi dan keunikan yang ada di Museumku Gerabah Timbul Raharjo ini semoga bermanfaat, dan bisa menjadi pilihan tempat liburan bersama keluarga di Yogyakarta.
 

Posting Komentar untuk "Museumku Gerabah Timbul Raharjo;Apa Saja Yang Ada Di Sana?"