Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Oleh-Oleh Khas Kebumen;Apa Saja Yang Paling Diminati?

Bagi Sobat yang berada di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah,dan lagi mencari oleh-oleh khas Kebumen,bisa memilih beberapa makanan sebagai oleh-oleh yang enak dan cukup populer.

Beberapa oleh-oleh khas Kebumen ini bisa Sobat temukan di toko oleh-oleh maupun pusat perbelanjaan,seperti pasar,tempat wisata dan juga pusat oleh-oleh yang ada di Kebumen.

Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Kebumen yang bisa menjadi pilihan yang tepat saat berada di Kebumen.

Lanting

Lanting kebumen
Lanting Kebumen

Lanting merupakan salah satu makanan khas Jawa yang terkenal, dapat ditemukan dengan mudah di Kebumen dan berbagai tempat lainnya. 

Lanting ini terbuat dari singkong dan berbentuk angka delapan, lanting ini memiliki tekstur gurih dan renyah dengan warna putih.

Saat awalnya diperkenalkan, lanting hanya memiliki dua varian, yaitu lanting original dan lanting bawang goreng. Namun, dengan meningkatnya permintaan dari konsumen, produsen lanting mulai berinovasi dengan menciptakan berbagai rasa inovatif.

Kini, di Kebumen, Sobat bisa menemukan berbagai varian lanting seperti lanting keju, lanting jagung bakar, lanting barbekyu, dan lanting pedas manis. Harga lanting sangat terjangkau, dimulai dari Rp15.000 per kemasan.

 Yutuk Goreng. 

YUTUK GORENG KEBUMEN
Yutuk goreng

Sobat  juga bisa memilih camilan unik yang patut dicoba di Kebumen, yaitu yutuk goreng. Camilan ini terbuat dari undur-undur laut dengan rasa yang lezat, mirip dengan udang dan kepiting, serta memiliki ukuran yang cukup besar.

Yutuk goreng memiliki tekstur yang renyah berkat lapisan tepung bumbu khas berwarna kuning yang membalut yutuk goreng ini. Rasanya gurih dan cangkangnya dapat dimakan bersamaan karena cukup renyah.

Jika Sobat penasaran dan ingin mencicipi yutuk goreng, Sobat dapat menemukannya dalam kemasan plastik di daerah pantai yang ada di Kebumen Jawa Tengah.

Harga yutuk goreng ini sangat terjangkau, karena hanya sekitar Rp15.000,00 per kemasan kecil yutuk goreng.

Kue Satru

Kue satru kebumen
Kue satru

Kue Satru ini memiliki cita rasa yang manis dan khas dengan bentuknya yang menyerupai daun dan berwarna putih. Rasa manis tersebut diperoleh dari perpaduan kacang hijau dan gula pasir yang telah dihaluskan dan digunakan sebagai bahan utamanya.

Untuk menciptakan tekstur yang kering dan renyah, kue ini dilakukan pemrosesan degan cara dipanggang yang memakan waktu cukup lama. 

Harga kue satru ini juga sangat terjangkau, biasanya harganya hanya sekitar Rp20.000,00 hingga Rp25.000,00 per toplesnya.

Selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri, kue satru ini menjadi favorit di kalangan warga Kebumen. Selain itu, Sobat juga dapat menemukan kue satru ini di beberapa toko oleh-oleh khas Kebumen.

Golak

Golak kebumen
Golak Kebumen

Camilan tradisional asli Kebumen ini memiliki tampilan yang serupa dengan geblek, yang merupakan oleh-oleh khas Jogja. Camilan ini berbentuk kecil seperti angka delapan dan dibuat dari bahan dasar singkong.

Rasa camilan ini sangat gurih, dengan tekstur luar yang renyah dan sedikit kenyal di dalamnya. Camilan golak ini paling nikmat disantap saat masih hangat, terutama jika disajikan dengan saus atau sambal kacang sebagai pelengkapnya.

Sobat dapat membeli golak mentah siap digoreng untuk dijadikan oleh-oleh setelah berlibur di Kebumen Jawa Tengah. 

Harganya pun sangat terjangkau, biasanya hanya sekitar Rp10.000,00 per kemasan, dan dapat ditemukan di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh di Kebumen.

Jenang Sabun

Jenang sabun
Jenang sabun

Meskipun namanya unik, jenang ini tidak terbuat dari sabun, melainkan dari sadapan bunga kelapa yang belum mekar. Jenang ini memiliki bentuk seperti pada umumnya, dengan tekstur kenyal dan rasa manis dan gurih.

Selain legen kelapa, bahan baku jenang ini juga mencakup ketela pohon yang memberikan rasa gurih dan terasa khas. Keistimewaan jenang ini adalah daya tahannya yang lama, sehingga sangat cocok sebagai oleh-oleh saat berada di Kebumen.

Harga jenang sabun ini sangat terjangkau, biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp25.000,00 per kemasan.Sobat dapat dengan mudah menemukan jajanan ini di daerah Petanahan,maupun di pusat oleh-oleh khas Kebumen. 

Jipang Kacang Khas Kebumen

Jipang kacang kebumen
Jipang kacang Kebumen

Jika Sobat menginginkan camilan manis, jipang kacang khas Kebumen adalah pilihan yang sempurna. Bahan utamanya terdiri dari kacang tanah, gula jawa, dan minyak sayur, yang menghasilkan perpaduan rasa manis dan gurih yang sangat pas.

Jipang kacang ini memiliki tekstur yang renyah dengan lapisan gula yang sedikit lengket, memberikan karakteristik rasa khasnya. Sobat dapat menemukan berbagai ukuran dan bentuk jipang kacang, mulai dari yang berbentuk bulat hingga yang berbentuk balok atau kotak.

Untuk kemasan kecil, harga jipang kacang biasanya sekitar Rp8.000,00, sementara untuk ukuran besar, harganya sekitar Rp15.000,00. Sobat bisa datang ke produsen jipang lnagsung,atau juga bisa membelinya di pasar maupun toko oleh-oleh khas Kabumen.

Inilah beberapa pilihan oleh-oleh khas Kebumen yang dapat Sobat bawa sebagai kenang-kenangan selama liburan di Kebumen. Tetapi jika Sobat ingin menjelajahi lebih banyak pilihan, tempat oleh-oleh dan tempat wisata Kebumen,bisa menyewa jasa rental mobil yang sudah mengetahui lokasi wisata dan oleh-oleh lengkap di Kebumen.

Informasi tentang beberapa pilihan oleh-oleh khas Kebumen ini semoga bermanfaat,dan tentunya bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat saat berada di Kebumen Jawa Tengah.


Posting Komentar untuk "6 Oleh-Oleh Khas Kebumen;Apa Saja Yang Paling Diminati?"