Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Bersejarah Di Kota Gede Jogja Yang Perlu Sobat Kunjungi

Kota Jogjakarta selain terkenal dengan tempat wisata alamnya yang indah,tentunya juga terkenal dengan tempat bersejarah yang wajib Sobat ketahui.

Beberapa tempat bersejarah yang unik dan wajib Sobat kunjungi adalah peninggalan jaman dahulu di Kotagede Yogyakarta.

Kotagede, yang terletak di kecamatan Gede, Yogyakarta,selain terkenal sebagai pusat kerajinan perak dan merupakan daya tarik utama,di sini, ada tiga tempat wisata bersejarah yang harus Sobat kunjungi. 

Masjid Gedhe Mataram

masjid gedhe mataram jogja
Masjid Mataram Kotagede

Masjid Gedhe Mataram, yang merupakan objek wisata populer yang dibangun pada tahun 1575 oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma dari Mataram. Masjid ini memiliki arsitektur Islam klasik yang indah dan menyimpan beberapa makam, termasuk Sultan Agung dan putranya, Pangeran Mangkubumi.

Masjid Gedhe Mataram ini lokasinya berada di selatan kawasan Pasar Kotagede tepatnya berada di daerah Sayangan, Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masjid Gedhe Mataram yang ada di Kotagede Yogyakarta ini selain menjadi tempat ibadah bagi agama Islam,tentunya juga menjadi tempat belajar sejarah dan budaya yang ada di Yogyakarta.

Makam Raja-Raja Mataram

makam raja raja mataram kotagede
Makam raja mataram Kotagede

Kemudian, ada Makam Raja Mataram, yang terletak di tengah Kota Gede dan menjadi tempat ziarah bagi warga setempat, dikelilingi oleh area hijau yang luas,sehinga sangat cocok sebagai tempat bersantai. 

Lokasi Makam Raja Mataram Kotagede ini berada di Jl Masjid Besar Mataram, daerah Sayangan, Jagalan, kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kalian akan mendapatkan Pengalaman menarik dengan menggunakan busana layaknya abdi dalem kerajaan Jawa kuno.

Di sini Sobat juga bisa belajar tentang sejarah dan budaya yang ada di Yogyakarta,sehingga sangat rekomended dikunjungi baik anak-anak maupun dewasa.

Lorong-Lorong Pemukiman Tradisional 

Lorong pemukiman kuno kotagede
Lorong pemukiman Kotagede

Kawasan Kotagede Yogyakarta juga terdapat lorong-lorong pemukiman tradisional yang indah, dihiasi dengan tanaman dan batuan yang unik, menciptakan lanskap yang cocok untuk berjalan-jalan dan bersantai serta mengenal budaya dan sejarah setempat. 

Dengan campuran arsitektur tradisional, situs bersejarah, dan kearifan budaya lokal, Kotagede adalah destinasi menarik untuk para wisatawan yang ingin menjelajahi sejarah dan budaya Yogyakarta dengan cara yang unik dan berbeda.

Inilah tempat wisata bersejarah yang ada di Kotagede Yogyakarta,semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan wisata sejarah di kota Yogyakarta.

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata Bersejarah Di Kota Gede Jogja Yang Perlu Sobat Kunjungi"