Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pantai Indah Di Wonogiri Yang Masih Sangat Asri

Kabupaten Wonogiri mungkin dikenal dengan pegunungan karst dan juga batuan kapurnya. Namun, tahukah Sobat bahwa di balik bebatuan kapur itu, Kabupaten Wonogiri juga memiliki banyak pantai yang indah sangat rekomended banget untuk dijadikan tujuan wisata akhir pekan.

Deretan pantai-pantai di Wonogiri masih sejalur dan satu garis dengan pantai selatan lainnya,sehingga ombak lautnya cukup besar. 

Pantai yang ada di Wonogiri kebanyakan memiliki pasir putih bersih yang dikelilingi dengan tebing-tebing karang yang tinggi.

Belum banyak pengunjung yang datang ke pantai-pantai cantik di Wonogiri seperti halnya dengan pantai-pantai di kota Yogyakarta.kalian bisa merasakan sensasi private beach ketika mengunjungi beberapa pantai yang ada di Wonogiri.

Nah berikut ini 5 Pantai Terindah di Wonogiri yang patut Sobat kunjungi

1. Pantai Nampu

Pantai indah di Wonogiri
Pantai Nampu

Pantai Nampu ini berlokasi di daerah dusun Dringo, desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai Nampu ini merupakan pantai yang sangat indah memiliki pasir putih dan juga batuan karangnya nan cantik.

Pantai Nampu Wonogiri ini masih sangat asri dengan pepohonan pandan yang rindang,sehingga sangat cocok sebagai tempat santai sambil menikmati indahnya pantai.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai Nampu Wonogiri ini tak perlu mengeluarkan biaya mahal,karena tiket masuk pantai Nampu cukup murah,Sobat hanya perlu membayar sebesar Rp5.000 saja setiap orang.

Fasilitas yang ada di pantai Nampu Wonogiri juga sudah cukup lengkap, mulai dari area parkir, kamar mandi, mushola dan juga warung makan sudah ada.

2. Pantai Sembukan

pantai terindah di wonogiri
Pantai Sembukan

Pantai Sembukan juga menjadi pantai indah yang wajib Sobat kunjungi,Pantai Sembukan ini masih berada di Kecamatan Paranggupito,Kabupaten Wonogiri.

Pantai Sembukan ini memang masih sangat alami,keasrian pantai yang masih sangat terjaga,sehingga sangat cocok sebagai tempat menenangkan pikiran.

Perbedaannya dengan pantai lainnya adalah bahwa Pantai Sembukan Wonogiri ini sering dijadikan untuk wisata ritual. Banyak juga yang meyakini bahwa pantai Sembukan merupakan petilasan raja-raja, bahkan ada yang meyakini menjadi gerbang ke-13 Ratu Pantai Selatan.

Tiket masuk pantai Sembukan ini juga sangat terjangkau,Sobat hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5.000. saja.

3. Pantai Puyangan

pantai cantik tersembunyi di wonogiri
Pantai Puyangan

Nah pantai Puyangan ini juga masih dekat dengan pantai Nampu,lokasinya di sebelah barat kawasan Pantai Nampu. 

Namun pantai Puyangan ini masih cukup sepi,berbeda dengan Pantai Nampu yang sudah terkenal dan banyak pengunjung yang datang.

Pantai Puyangan memang belum dikenal orang sehingga masih sepi,namun keindahan pantai Puyangan ini tak kalah dengan indahnya pantai Nampu.

Dan untuk fasilitas penting juga tentunya sudah ada, seperti toilet,tempat sholat,warung makan sederhana juga sudah ada. 

Untuk menuju ke Pantai Puyangan,Sobat bisa melalui akses ke Pantai Nampu terlebih dahulu,kemudian berjalan sekitar 5-10 menit menuju ke Pantai Puyangan.

4. Pantai Karang Payung

pantai di wonogiri
Pantai Karang Payung

Pantai tersembunyi namun memiliki keindahan yang menakjubkan lainnya adalah pantai Karang Payung.

Pantai Karang Payung ini juga memiliki suasana yang masih sangat asri,dengan pemandangan batuan karang yang cantik dan juga pasir putihnya yang bersih membuat nyaman dan betah berada di sana.

Wisata Pantai Karang Payung ini berada di daerah Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Karang Payung,Sobat tak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya,karena hingga saat ini belum ada harga tiket masuknya.Sehingga,Sobat dapat mengunjungi pantai Karang Payung ini kapan saja secara gratis.

Untuk menuju lokasi pantai Karang Payung ini juga masih jalan setapak,sehingga kendaraan bermotor maupun mobil hanya bisa parkir di Pantai Waru yang ada di dekat pantai Karang Payung. 

Kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki ke arah barat berjarak sekitar 500 meter dan melewati jalan setapak dan juga melewati rimbunnya pohon pandan yang tinggi.

5. Pantai Njojogan



Pantai Njojogan ini masih berada di kawasan Pantai Sembukan,pantai Njojogan ini juga masih sangat sepi,sehingga sangat terasa alami serasa pantai milik pribadi.

Pantai Njojogan atau pantai Jojogan ini berada di daerah daerah Klampeyan,Kecamatan Paranggupito,Kabupaten Wonogiri,Jawa Tengah.

Banyak batuan karang yang berada di pinggir pantai yang menjadi tempat-tempat ikan dan lobster,sehingga banyak nelayan pinggiran yang menjala dan menjaring ikan di sana.

Sobat bisa bermain pasir putihnya yang bersih,namun dilarang bermain air terlalu ke tengah,karena ombak pantai Njojogan ini cukup besar.  

Tiket masuk pantai Njojogan ini sebesar Rp 5.000 per orang,pantai Njojogan ini masih dalam pengembangan dengan beberapa fasilitas yang baru dibangun oleh pemerintah setempat.

Nah itulah beberapa pantai terindah di Wonogiri yang masih sangat asri,yang cocok untuk dijadikan wisata akhir pekan. 

Pantai-Pantai Di Wonogiri ini memang masih sangat alami,sehingga akses masuknya juga belum begitu bagus,oleh karena itu,Sobat harus tetap berhati-hati.Selamat berlibur!

Posting Komentar untuk "5 Pantai Indah Di Wonogiri Yang Masih Sangat Asri"