Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pura Lempuyang Bali;Sejarah,Keunikan Dan Harga Tiket Masuk Yang Wajib Sobat Ketahui

Pura Lempuyang Bali
Pura Lempuyang Bali

Pura Lempuyang adalah sebuah pura besar yang terletak di bagian timur Pulau Dewata Bali,tepatnya berada di daerah Kabupaten Karangasem Bali.

Pura Lempuyang ini mulai dikenal dan ramai diperbincangkan,setelah banyaknya yang posting di sosial media yaitu foto dan vidio ketika berada di gapura besar dengan background Gunung Agung yang sangat megah.

Gerbang besar ini di juluki dengan “The Gate Of Heaven” atau yang memiliki arti gerbang surga,yang menjadi spot paling favorit untuk berfoto selfie.

Pura Lempuyang ini berada di ketinggian 1.175 MDPL,sehingga dari lokasi ini,Sobat akan menikmati keindahan alam sekitar dan Gunung Agung yang megah.

Lokasi Pura Lempuyang

Pura Lempuyang ini berada di bagian timur Pulau Bali, tepatnya yaitu berada di lereng bagian timur dari Gunung Lempuyang yang cukup terkenal di Bali.

Alamat lengkapnya berada di Jl. Pura Telaga Mas Lempuyang, Tri Buana, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem,pulau Bali.

Rute Menuju Pura Lempuyang

Untuk menuju Pura Lempuyang ini jika dari kota Denpasar bisa langsung menuju kota Amlapura yang menjadi ibukota Kabupaten Karangasem.

Sobat juga bisa dengan menuju Semarapura kemudian menuju arah ke Besakih,sedangkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan jika berangkat dari kota Bali.

Untuk parkir kendaraan mobil dialihkan menuju tempat parkir yang sudah disediakan, kemudian untuk menuju Pura,Sobat harus menggunakan shuttel bus.

Namun jika Sobat menggunakan sepeda motor, dapat melalui jalan hingga lokasi dekat dengan loket masuk Pura  Lempuyangan. 

Untuk sampai lokasi Puta Lempuyangan,Sobat juga masih perlu melakukan tracking sekitar 5 sampai 10 menit jalan kaki.

Pura Lempuyang Pulau Dewata
Pura Lempuyang Bali

Sejarah Pura Lempuyang

berdasar pada Lontar Kutara Kanda Dewa Purana Bangsul, menyatakan bahwa Sang Hyang Parameswara membawa gunung-gunung di Bali dari Jambudwipa (Gunung Mahameru) Hindia.

Kemudian potongan Gunung Mahameru kemudian dipecah menjadi tiga bagian yang besar, kemudian beberapa bagian juga dengan ukuran pecahan kecil,kemudian bagian tengah menjadi Gunung Rinjani dan Gunung Batur.

Kemudian puncak gunungnya menjadi Gunung Agung, yaitu gunung tertinggi di Pulau Bali,sedangkan pecahan dengan ukuran kecil menjadi deretan gunung yang saling terhubung,seperti Gunung Pangalengan,Gunung Beratabn,Gunung Nagaloka,Gunung Pengalengan,Gunung Pulaki,Puncak Sangkur dan banyak deretan gunung lainnya termasuk gunung Lempuyang ini.

Disebutkan pula bahwa Sang Hyang Parameswara(Hyang Pasupati) mengutus putra beliau yang bernama Sang Hyang Agni Jaya Sakti untuk datang ke Bali bertujuan menjaga kesejahteraan Pulau Bali.

Kemudian Sang Hyang Agni Jaya Sakti beristana di Pura Luhur Lempuyang dengan beberapa dewa yang ikut ke Bali.

Asal Usul Nama Pura Lempuyang

Kata Lempuyang sendiri berasal dari kata “lempu” yang artinya sinar dan “hyang”.adalah sebutan untuk Tuhan,sehingga diartikan sebagai sinar Tuhan yang terang benderang.

Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa kata Lempuyang berasal dari kata “empu” artinya menjaga, yang berdasar sebuah sumber yang menyebut bahwa Hyang Pasupati mengutus tiga putranya untuk menjaga Bali Dwipa dari segala bencana alam.

Pura Lempuyang ini hingga saat ini masih berdiri kokoh dengan bangunan khas yang menjadi tujuan banyak turis mancanegara.

Jam Buka Pura Lempuyang

Jam operasional dari Pura Lempuyang sendiri dibuka setiap hari Senin hingga Mingguberoperasional mulai pukul 06.00 sampai dengan 19.00

Tiket Masuk Pura Lempuyang

Berbicara tentang Tiket masuk Pura Lempuyang Bali ini cukup terjangkau,hanya sebesar Rp. 30.000, saja per orang.

Harga tersebut, sudah termasuk kain yang harus Sobat gunakan saat berkunjung ke Pura Lempuyang ini,kemuidan untuk biaya naik shuttle bus sebesar Rp. 45.000,per orang untuk pulang pergi.

Fasilitas Pura Lempuyang.

Berbicara tentang fasilitas yang ada di sekitar Pura Lempuyang ini sangat lengkap,semua sudah tersedia antara lain:

*Shuttel bus'

*Jasa ojek

*Toilet(tempat mandi)

*Warung makan dan minuman

*Lokasi parkir

*Spot foto

*Guide lokal dan banyak lainnya.

Daya Tarik Pura Lempuyang

1. Gates Of Heaven

Gates Of Heaven ini merupakan sebuah gerbang yang menjadi favorit untuk berfoto selfie dengan latar belakang gunung Agung yang megah.

2. Candi Gelung Jaba Tengah

Candi ini juga sangat menarik perhatian banyak pengunjung,dengan tampilan arsitektur bangunan yang megah nampah indah.

Dengan ornamen khas pulau Dewata ini berada di area dalam pura,dan untuk menuju area dalam,Sobat harus melalui anak tangga yang terdiri dari 3 anak tangga menuju 3 pintu.

3. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang  luhur merupakan tempat suci umat Hindu, sehingga disana terdapat beberapa aturan ketika akan berkunjung ke pura ini,seperti dilarang menggunakan pakaian terbuka,dilarang berciuman,wajib menggunakan kain yang sudah disiapkan ketika membeli tiket,kemudian bagi wanita datang bulan dilarang masuk.

Setelah puas mengunjungi Pura Lempuyang di Bali ini,Sobat juga bisa eksplore tempat wisata unik lainnya yang ada di Pulau Bali seperti Taman Tirta Gangga

Nah itulah keunikan dan keindahan yang ada di lokasi wisata Pura Lempuyang yang ada di Pulau Bali.Semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan,jika Sobat ingin liburan di Bali.

Posting Komentar untuk "Pura Lempuyang Bali;Sejarah,Keunikan Dan Harga Tiket Masuk Yang Wajib Sobat Ketahui"