Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi tentang Lokasi dan Rute menuju Pantai Sedahan Jogjakarta

Informasi tentang Pantai Sedahan Gunungkidul yang wajib Sobat ketahui berikut ini ulasannya.
pantai sedahan jogja
Photo Ig oleh @ Joy_supar85
Pantai Sedahan Jogjakarta merupakan salah satu pantai tersembunyi yang ada di Gunungkidul, Jogjakarta yang selalu menjadi tujuan sebagai lokasi Camping favorit.Pantai Sedahan Gunungkidul ini memiliki pemandangan pantai yang sangat menawan nan eksotis dengan pasir putihnya yang bersih.

Letak Pantai Sedahan Gunungkidul, Jogjakarta.

Dimanakah letak Pantai Sedahan Gunungkudul Jogja?
Memang Pantai Sedahan Gunungkidul ini sangat mudah ditemukan jika Sobat sudah pernah berkunjung ke Pantai Wediombo yang lebih dulu terkenal.Namun bagi Sobat yang belum pernah berkunjung ke pantai Wediombo akan bingung untuk menemukannya.

Karena Pantai Sedahan hanya berdekatan dengan Pantai Wediombo, hanya berbatasan dengan bukit kapur yang ada ditimur pantai Wediombo, dan berdekatan dengan pantai Jungwok dan Pantai Watu Lumbung.

Pantai Sedahan Gunungkidul ini berada di wilayah Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta yaitu wilayah selatan Gunungkidul, dengan jarak sekitar 35 KM dari pusat kota Wonosari, Gunungkidul, dengan titik koordinat -8.197772,110.720714.Sobat juga dapat mengakses layanan Google map.
pantai sedahan jogja
Lokasi bermain Foto Ig oleh @ Hikmah_yanti
Misteri Tentang Pantai Sedahan Gunungkidul.
Baca juga  Pantai Jungwok Gunungkidul lengkap dengan cerita mistis Cerita tentang Pantai Sedahan Gunungkidul tak terlepas dari cerita misteri yang ada disana.Pantai Sedahan selalu dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul yang konon ceritanya Pantai Sedahan ini dulu merupakan tempat untuk bertapa oleh Presiden RI yang pertama yaitu Bpk Sukarno, selama 7 hari 7 malam disalah satu Goa yang ada di pantai Sedahan.

Ritual pertapaan Bpk Sukarno konon ceritanya tidak sendiri karena ditemani oleh Nyi Roro Kidul,Pantai Sedahan ini menyimpan kisah misteri yang menurut masyarakat,agar kita aman saat datang ke pantai Sedahan jangan sampai melakukan hal hal merusak alam sekitar pantai.

Mitos di Pantai Sedahan Gunungkidul.

Selain itu,Pantai Sedahan juga mempunyai mitos yang masih kental bagi masyarakat sekitar yaitu tentang pasar Ghaib, Menurut masyarakat ada sebuah pasar ghaib yang terletak di sekitar jalan setapak yaitu di rimbunan pohon, dan dilokasi tersebut dipasang tali sebagai garis agar pengunjung jangan sampai masuk atau melakukan hal hal yang tidak diinginkan seperti merusak tanaman, membuang sampah atau kencing disana.

Jika Sobat melewati Lokasi tersebut akan terasa aura mistis dan terasa berbeda dari lokasi jalan yang lain, karena disana konon cerita masyarakat merupakan tempat berkumpulnya Jin penunggu Pantai Sedahan ini.
pantai sedahan gunungkidul
Lokasi berkemah Ig oleh @ Nurr_yadi
Tiket Masuk Pantai Sedahan Gunungkidul.

Berbicata tentang harga tiketnya mungkin Sobat juga akan bertanya berapa harga tiket dan berapa anggaran kalau mau berkunjung ke Pantai Sedahan Gunungkidul ini.

Jangan Anggap harga tiketnya mahal untuk biaya Retribusi masuk Pantai Sedahan ini hanya Rp 5000 saja.Namun harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir di Pantai Sedahan karena biaya parkir Rp 5000 untuk menginap dan Rp2000 untuk berkunjung sehari,namun untuk sampai pantai Sedahan kita harus berjalan kaki dari lokasi parkir karena dari lokasi parkir untuk sampai Pantai Sedahan Sobat harus melakukan perjalanan jalan kaki melalui jalan setapak sekitar 25 menit perjalanan yang cukup melelahkan.

Jalur Dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Sedahan.

pantai sedahan
Menikmati foto berkemah by@Pantai.Jogja
Untuk Sobat yang mau berkunjung ke Pantai Sedahan ini banyak jalur yang bisa Sobat tempuh sesuai dari mana asal Sobat untuk memulai perjalanan.Berikut ini kami berikan 3 jalur yang bisa Sobat lalui:

1.Jalur dari Solo 
Dari Kota Solo memiliki jarak 90km dan dapat di tempuh dengan 2jam 30menit perjalanan dari kota Solo

Surakarta> Grogol> Jl.setya darma> jl. Cuplik-telukan> Jl.cuplik-sukoharjo> jl.Anggrek> Jl. Sutowijoyo> Jl. Manyaran> jl. Pracimantoro-Wonogiri> Joho> Jl. Wonosari-Praci> Jeruk legi> Ngrancah (Puskesmas mengambil arah kanan)> Pertigaan Jepitu (mengambil arah kiri menuju Wediombo) sesudah TPR sebelum sampai Wediombo belok kiri> Pantai Sedahan.

2.Dari Jogjakarta melewati Wonosari.
Jika Sobat melakukan perjalanan dari Kota Jogjakarta melewati kota Wonosari, lengkapi jalur yang harus Sobat tempuh:
Sobat harus melewati Jalur Jogja-wonosari melalui Piyungan> bukit patuk> Gading (Bandara Gading)> Kota Wonosari> Bundaran Siyono belok kanan> Perempatan Tegalsari belok kanan> mulo belok kiri> Bintaos> Tepus pertigaan belok kiri> Pantai Siung lurus> Jepitu (pertigaan belok kanan sampai ke lokasi parkir pantai Sedahan.

3.Dari Jogjakarta melewati Bantul
Jika Sobat mulai perjalanan dari Bantul atau Parangtritis Jalur yang harus di tempuh adalah jalan menuju Panggang> saptosari> Pantai Baron belok kiri> Pantai Kukup> pantai Krakal-Indrayanti> Tepus pertigaan Belok kanan dan ikuti jalur seperti yang sudah kami tuliskan diatas.

Baca juga  Pantai Wediombo Gunungkidul tempat untuk berenang

Fasilitas dan Kegiatan Di Pantai Sedahan Gunungkidul.

Berbicara tentang fasilitas di pantai Sedahan memang masih sangat minim, karena disana tidak ada Warung makan permanen atau Toilet umum, Jika Sobat ingin pergi ke sana,persiapkan dulu barang kebutuhan yang cukup, misal pakaian ganti, air minum, makanan, alat P3k seperti minyak angin dll, jika Sobat ingin Berkemah di sana sebaiknya membawa tenda sendiri atau menyewa di pantai Wediombo karena di pantai Sedahan belum ada persewaan tenda kubah.
pantai sedahan jogja
Bermain air foto Ig oleh @ HoreHoliday
Sedikit ulasan ini mengenai Pantai Sedahan Gunungkidul, semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi tujuan wisata Sobat diakhir pekan, jika Sobat masih bingung dan mau bertanya tentang wisata di Gunungkidul bisa menghubungi Wa 085713585009 atau komentar diulasan ini.Salam Pariwisata Indonesia

Posting Komentar untuk "Informasi tentang Lokasi dan Rute menuju Pantai Sedahan Jogjakarta"