Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alamat Tangkuban Perahu Sebagai Destinasi Wisata Yang Mempunyai Cerita Sejarah Di Bandung


Kali ini PantainyaJogja.com akan berbagi informasi tentang alamat,rute jalur dan harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu Di Bandung yang sangat terkenal dengan cerita sejarahnya.

Sebenarnya Apa Sih Tangkuban Perahu Itu?   
Tangkuban Perahu adalah Sebuah gunung yang memiliki ketingian 2.084 meter yang terletak di provinsi Jawa Barat, sekitar 25 km ke arah utara kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu ini sangat asri nan sejuk dengan rimbunan pohon pinus dan hamparan luas kebun teh yang sangat hijau.Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki kisah cerita rakyat yang melegenda yaitu kisah Sangkuriang dan Ibunya Dayang Sumbi, hingga sekarang pun cerita dongeng ini melegenda di Nusantara.

Gunung Tangkuban Perahu ini menjadi tempat wisata populer di Daerah Bandung, karena selain Sobat bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat indah kita juga bisa mengenal dongeng cerita sejarah yang ada di gunung Tangkuban Perahu.
wisata gunung tangkuban perahu
PantainyaJogja.com foto BY @Twa_Tangkubanperahu
Daerah tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu ini dikelola oleh Pemkab Bandung yaitu Perum Kehutanan.Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki pemandangan hutan yang sangat indah karena di sana ada beberapa kawasan hutan yang dikelola oleh Pemkab Bandung yaitu hutan Montane, hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp, dan hutan Gunung.

Gunung Tangkuban Perahu ini merupakan gunung dengan status aktif dengan adanya gas belerang dan juga sumber api yang berada di kaki gunung seperti di kawasan Ciater Subang, meskipun demikian lokasi Gunung Tangkuban Perahu tetap dijadikan objek wisata yang selalu diawasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia,sehingga lebih aman.Jika sobat ingin bekunjung ke tempat wisata alam terdekat bisa berkunjung ke Kawah putih Ciwidey Bandung.

Baca disini Lokasi kawah putih ciwidey bandung yang sangat instagramable
Dimanakah alamat lengkap gunung Tangkuban Perahu ini?
Jika Sobat mau berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu,lebih baik tahu  tentang lokasi,jalur dan apa saja yang bisa kita lakukan disana dan persiapan apa saja yang harus dibawa.

Kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ini terletak di Cikahuripan, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Jawa Barat.Di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ini Sobat Akan menemukan tiga kawah Tangkuban Perahu yang sangat terkenal yaitu Kawah Upas, Kawah Ratu Dan Kawah Domas.

Rute Jalur menuju kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu dengan kendaraan pribadi.
* Untuk menuju kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ada beberapa rute perjalanan yang bisa n Sobat lalui, Jika Sobat dari Kota Bandung ke arah wisata Tangkuban Perahu menggunakan kendaraan pribadi maka ada dua rute yang bisa Sobat lalui yaitu:
Yang pertama Sobat keluar dari pintu tol Pasteur lalu menuju ke Dr Djunjunan kemudian menuju pasar Kaliki kemudian lurus menuju ke arah tujuan mengikuti papan petunjuk yang ada untuk mengunjungi tempat wisata gunung Tangkuban Perahu.

* Rute yang ke dua yaitu keluar dari pintu tol Padalarang menuju ke daerah Cimahi, kemudian belok Arah ke kiri ke arah jalan Kolonel Masturi, kemudian setelah Sobat menemukan pertigaan jalan raya Lembang kemudian belok ke kiri sampailah Sobat di kawasan wisata Tangkuban Perahu.

Rute jalan menuju wisata Tangkuban Perahu Dengan kendaraan umum.
Jika Sobat ingin berkunjung ke Tangkuban Perahu dengan menggunakan kendaraan umum ada beberapa jalur yang bisa Sobat lalui yaitu:
* Jika Sobat dari terminal Leuwi Panjang ambil saja bus jurusan Bandung Indramayu kemudian Sobat turunnya di pertigaan gerbang pintu masuk kawasan wisata Tangkuban Perahu.
* Jika Sobat menggunakan jasa transportasi kereta setelah sampai dari Stasiun Hall Bandung kemudian naik angkot dengan jurusan Hall Lembang, Sobat turun saja di perempatan [Lembang-Maribaya-Lokasi Wisata] naik angkot jurusan Cikole bisa turun di pinggiran kawah gunung.
Jika Sobat masih bingung bisa mengikuti jalur di google map.
tempat wisata gunung tangkuban perahu
Pantainyajogja.com foto oleh @Twa_Tangkubanperahu
Harga tiket masuk kawasan tempat wisata Tangkuban Perahu.
Jika Sobat mau berkunjung ke Tangkuban Perahu, maka perlu sobat persiapkan biaya retribusinya danjuga persiapan yang lain.

Tarif tiket masuk wisata Tangkuban Perahu dibagi menjadi 2 yaitu biaya untuk wisatawan lokal dan wisatawan domestik lain Sbb:

Barbara Domestik:
* Tiket masuk Rp15.000
* Parkit motor Rp 5000
* Parkir Mobil Rp 10.000
* Parkir bus Rp20.000
Jelajahi Asing:
* Tiket masuk Rp50.000
* Parkir motor Rp7000
* Parkir mobil Rp15.000
* Parkir bus Rp25.000
Harga tersebut mungkin bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan keputusan pemerintah, namun untuk saat ini harga tiket masih berlaku.
tempat wisata tangkuban perahu
PantainyaJogja.com foto oleh @Twa_Tangkubanperahu
Di daerah wisata gunung Tangkuban Perahu ini Anda dapat menikmati wisata sejarah dan budaya yang memiliki cerita sejarah Sobat juga bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di kawasan Lembang Bandung dengan ciri khas kuliner Bandung yang dijual direstoran dan warung warung sederhana di sepanjang jalan wisata Tangkuban Perahu.

Ada macam-macam olahan khas Bandung seperti ketan bakar yang memiliki cita rasa yang khas dengan dibungkus daun pisang dan kemudian dibakar dengan diberi santan rasanya yang unik dengan pelengkap minum kopisusu pasti akan terasa lebih nikmat.Ada lagi makanan khas yaitu Oncom raos yang juga merupakan kuliner khas Bandung yang terbuat dari olahan kacang fermentasi biasanya juga akan Sobat temukan disemua tempat makan dan resto yang ada disana.
tempat wisata gunung tangkuban perahu
PantainyaJogja.com foto oleh @Twa_Tangkubanperahu
Jika Sobat mau berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, ada beberapa tips yang perlu diperlengkapi dengan yang lain:
* Bila Sobat memiliki anggaran yang cukup untuk membayar pemandu, Anda akan mudah menggunakan jasa pemandu agar Sobat bisa menyusuri semua tempat wisata yang ada di Bandung, karena di daerah Lembang Bandung ada banyak sekali tempat wisata yang sangat keren,karena Sobat akan rugi jika tidak eksplore semua tempat wisata di Bandung.
* Jika Sobat tidak tahan dengan suhu yang dingin,Sobat harus mempersiapkan minyak angin sebagai penghangat badan.
* Sebaiknya Sobat menggunakan sepatu Boats, atau sepatu-sepatu yang lain untuk dibawa ke kawasan kawah dan pegunungan akan lebih aman.
* Sebaiknya Sobat menyiapkan masker karena nantinya akan menemukan kawasan gas belerang.
Jangan lupa dan membawa kacamata agar terhindar dari debu, selain itu Sobat juga harus mempersiapkan barang kebutuhan pribadi yang sesuai dengan kebutuhan, seperti kamera, tongsis, pakaian ganti dan topi.
wisata gunung tangkuban perahu
PantainyaJogja.com byTwa_Tangkubanperahu
Di Kawasan Wisata Tangkuban Perahu selain menikmati alam yang indah, Sobat juga bisa sambil mempelajari tentang berbagai jenis tanaman yang ada di sana, karena selain itu, di kawasan wisata Tangkuban Peahu juga merupakan kawasan edukasi yang sangat tepat bagi Sobat yang ingin belajar tentang keanekaragaman tanaman dan cara budidaya tanaman.

Mungkin inilah sedikit informasi yang bisa Kami berikan, semoga bermanfaat dan bisa jadi tambahan pengetahuan dan jadi bahan referensi tujuan wisata Sobat saat mengunjungi  Bandung. Salam Wisata Indonesia.

Baca juga Keindahan Curug Maribaya yang sangat populer bagi kalangan backpacker

Posting Komentar untuk "Alamat Tangkuban Perahu Sebagai Destinasi Wisata Yang Mempunyai Cerita Sejarah Di Bandung"