Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berlibur Ke Monas Jakarta,Mau Ngapain Aja?Inilah Aktivitas Yang Bisa Sobat Lakukan Di Monas

Monumen Nasional atau biasa disebut Monas merupakan sebuah monumen peringatan yang ada di Ibu Kota Jakarta,Monas ini mempunyai ketinggian 132 Meter yang bisa terlihat dari kejauhan.Tugu Monas ini didirikan perjuangan rakyat Indonesian untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan Belanda pada zaman penjajahan.

Monas ini dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 saat pemerintahan dipimpin oleh Presiden pertama yaitu Ir Soekarno,bangunan tugu monas ini mulai diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 juli 1975.

Tugu Monas ini berdiri di tengah lapangan medan merdeka Jakarta Pusat,yang melambangkan semangat para pejuang kemerdekaan RI sehingga di atas Mahkota Tugu Monas ini dibangun seperti lidah api yang dilapisi lembaran emas,sehingga akan terlihat indah saat malam hari.
monas malam hari
PantainyaJogja.com  by@Mattew_on_the_road
Alamat dan jalur menuju monumen Monas.
Museum Nasional atau Monas ini berada di Jl Medan Merdeka Barat No 12,Jakarta Pusat,letak Tugu Monas ini sangat strategis karena termasuk dalam pusat Kota Jakarta.Untuk menuju ke monas ini Sobat bisa menggunakan tranportasi umum yaitu bus trans Jakarta atau juga bisa menggunakan taksi,grab,maupun ojek online.

Nah jika Sobat mau berlibur ke Monas tak usah khawatir dengan jam buka nya,karena malam pun juga buka.Untuk jam operasional buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 22.00,sedangkan untuk hari senin libur.

Sedangkan untuk jam operasional lift pagi pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00,dan malam hari dari pukul 19.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Baca juga Berwisata ke pantai Ancol Jakarta sangat mengasyikkan

Untuk harga tiket masuknya juga tidak terlalu mahal kok Sob,Untuk harga tiket masuk museum tarif pelajar Rp 3000,untuk dewasa Rp 5000,sedangkan untuk anak anak Rp 2000 saja,Sedangkan untuk harga tiket masuk pelataran puncak untuk pelajar Rp 5000,dan untuk Dewasa Rp 10.000,sedangkan untuk anak anak Rp 2000.Nah cukup murah kan Sobat?.
lokasi monas
PantainyaJogja.com   by@Life_at_60kph
Jika Sobat takut dengan ketinggian untuk naik ke puncak Monas,Sobat juga bisa menikmati di sekitaran pelataran halaman Monas dengan taman Kota yang hijau dengan tanaman yang berjajar rapi dan sejuk,cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga.

Selain taman di sekitar tugu Monas juga ada lokasi untuk berolahraga maupun Jogging track yang bisa Sobat gunakan untuk berolahraga,Lkasi ini biasanya akan ramai pengunjung pada minggu pagi,banyak yang melakukan Jogging maupun bersepeda,bahkan juga banyak dari kalangan anak muda yang hanya sekedar nongkrong saja.

Nah selain menikmati keindahan taman Kota Jakarta di sekitar Tugu Monas,Sobat juga akan menemukan pertunjukan air mancur yang menari,namun hanya pada hari hari tertentu,biasanya pertunjukan ini dilakukan pada hari Sabtu malam dan minggu malam.

Baca juga Keindahan pantai Sawarna Banten yang wajib Sobat ketahui

Jam pertunjukan air mancur ini biasanya dibagi menjadi 2 sesi yaitu pada pukul 19.30 dan pada pukul 20.00 Wib,dengan durasi pertunjukan sekitar 30 menit setiap sesi pertunjukannya.Naah keren kan Sobatku,Sobat bisa memanfaatkan moment ini dengan berfoto bersama teman maupun orang orang terkasih.
PantainyaJogja.com monumen nasional
PantainyaJogja.com  by@Dearlinov_inov
Bagi Sobat yang ingin naik ke Tugu Monas,tentunya banyak sekali yang bisa Sobat eksplore antara lain Sobat akan menemukan relief yang menggambarkan sejarah Indonesia di setiap sudut halaman luar Monumen Nasional ini.

Setelah masuk Monumen Sobat bisa menuju museum Sejarah Nasional yang berada di bagian dasar monumen,sekitar 3 m kedalaman dari permukaan tanah.Museum sejarah ini mempunyai luas sekitar 80 meter persegi dengan kapasitas bisa menampung 500 pengunjung.

Dalam museum ini Sobat akan menemukan kurang lebih 50 diaroma yang menggambarkan sejarah Indonesia dari mulai masa prasejarah,masa kerajaan Nusantara,perjuangan melawan penjajahan hingga sampai dengan masa orde baru.

Selain itu Sobat juga akan menemukan ruang kemerdekaan di dalam cawan Monumen,untuk bisa sampai ke ruang kemerdekaan ini Sobat  melalui tangga berputar,di dalam ruang kemerdekaan ini Sobat akan menemukan berbagai arsip kemerdekaan berupa Naskah Asli Proklamasi Kemerdekaan RI,kemudian Sobat juga akan menemukan patung Garuda Pancasila sebagai patung lambang Negara yang mempunyai berat sekitar 3,5 ton dan dilapisi dengan emas.

Jika Sobat mau melihat pemandangan dari atas pelataran Monas ini,bisa melalui lift pintu selatan,pelataran Monas ini berukuran 11 M persegi yang mampu menampung 50 orang.

Baca juga Kemolekan pulau Pari Kepulauan Seribu Jakarta

Dari atas puncak pelataran inilah Sobat bisa menggunakan teropong yang ada di sana,untuk melihat landscape Kota Jakarta dari ketinggian Monas.

Inilah sedikit informasi tentang lokasi liburan dan kegiatan yang bisa Sobat lakukan di Monas,mudah mudahan bisa jadi tambahan pengetahuan dan bisa jadi bahan referensi tujuan Sobat saat berkunjung ke Jakarta.Salam Wisata Indonesia.

Posting Komentar untuk "Berlibur Ke Monas Jakarta,Mau Ngapain Aja?Inilah Aktivitas Yang Bisa Sobat Lakukan Di Monas"