Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Keindahan Goa Cokro Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta



Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya,dengan kesejukan udara yang belum ternodai oleh banyaknya asap asap kendaraan seperti Kota Kota lain,Selain itu di Kabupaten Gunungkidul juga menyimpan pesona keindahan Goa yang perlu Sobat ketahui.

Banyak sekali Goa yang ada di Kabupaten Gunungkidul,antara lain:Goa Tanding,Goa Pindul,Goa Kalisuci,Goa Maria,Goa Jomblang,Goa Cokro,dan masih banyak lagi Goa yang ada di Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta.Kali ini kami akan berbagi informasi tentang Goa Cokro yang sangat indah yang ada di Kabupaten Gunungkidul Jogjakarta.
lokasi goa cokro
PantainyaJogja.com  by@Jogja_event_tour
Goa Cokro Kabupaten Gunungkidul ini merupakanGoa vertikal yang mempunyai kedalaman sekitar 8 meter dan panjang sekitar 250 meter.Goa Cokro ini dulunya dikenal oleh masyarakat setempat sebagai tempat angker karena merupakan lokasi bunuh diri dan pembuangan benda pusaka pada jaman dahulu.

Namun sekarang Goa Cokro Gunungkidul ini menjadi tempat yang sangat di minati oleh para pecinta goa dan para peneliti,sehingga sekarang Goa Cokro ini tidak terkenal lagi keangkerannya tetapi terkenal dengan keindahan Goa yang memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat mempesona.Bahkan banyak penelita yang menganggap Goa Cokro ini merupakan Goa yang mempunyai bebatuan dan panorama perut bumi yang cukup lengkap dari pada Goa Goa yang lain.

Letak Goa Cokro Gunungkidul.
Goa Cokro Kabupaten Gunungkidul ini berada di Padukuhan Blimbing,Desa Umbulrejo,Kecamatan Ponjong,Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta,yaitu wilayah Kabupaten Gunungkidul bagian timur.

Baca Juga Lembah karst Goa Ngingrong Gunungkidul,Jogjakarta

Jika Sobat dari Kota Jogjakarta maka jalur yang harus Sobat tempuh adalah jalur menuju Kota Kabupaten Gunungkidul yaitu dengan melewati jalur besar Jogja Wonosari denan melewati bukit Patuk Gunungkidul,ikuti saja jalur menuju Kota Wonosari,nah setelah Sobat sampai di bunderan Siyono beloklah ke kiri menuju arah Selang melewati jalur Ringroad Wonosari.kemudian lurus terus hingga sampai Kecamatan Ponjong Gunungkidul.Setelah Sobat sampai di Kota Kecamatan Ponjong maka Sobat akan menemukan papan petunjuk jalan yang ada di sana.

Jika Sobat menggunakan kendaraan pribadi tentunya akan lebih mudah untuk menemukan Goa Cokro tersebut,Sobat akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Jogjakarta,tetapi jika Sobat belum begitu paham dengan rutenya mungkin akan menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.
keindahan goa cokro gunungkidul
PantainyaJogja.com  by@Mahamerumct
Fasilitas Goa Cokro Gunungkidul.
Berbicara tentang fasilitas yang ada di lokasi Goa Cokro Gunungkidul memang belum begitu lengkap seperti tempat tempat wisata yang lain.karea pengelolaan goa Cokro ini masih dalam taraf pembangunan oleh kelompok Pokdarwis.

Namun jika Sobat ingin mengunjungi Goa Cokro ini,di lokasi tersebut sudah ada sekertariat yang akan memandu perjalanan Sobat eksplore Goa Cokro ini.

Untuk fasilitas pendukung yang sudah ada yaitu:
*Lokasi parkir kendaraan
*Warung makan sederhana
*Kamar mandi
*Tempat istirahat
*Pemandu perjalanan.
goa cokro jogja
PantainyaJogja.com  by@Rezkhyawan
Baca juga Lokasi wisata dan cave tubbing Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul
Nah bagi Sobat yang suka camping,di lokasi seputaran Goa Cokro juga bisa Sobat gunakan sebagai lokasi Camping,lokasi ini sangat sejuk dan rindang,jika pada siang hari Sobat juga bisa ngadem di sana dengan membawa handmok yang bisa Sobat pasang di antara pepohonan.

Tips berkunjung ke Goa Cokro Gunungkidul
Jika Sobat mau berkunjung ke Goa Cokro Gunugkidul ada beberapa tips yang harus Sobat perhatikan antara lain Sobat harus memantau cuaca terlebih dahulu,jika cuaca tidak mendukung jangan paksakan untuk menyusuri Goa,Sobat harus membawa bekal air minum yang cukup,selain itu Sobat juga harus membawa alat P3k,jangan lupa juga Sobat harus membawa kamera untuk mengabadikan moment moment  saat Sobat berada di dalam Goa Cokro ini.

Nah mungkin inilah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi tujuan Sobat saat mau susur Goa di Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta.
Salam Wisata Indonesia.

Posting Komentar untuk "Pesona Keindahan Goa Cokro Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta"