Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Embung Gunung Panggung DesaTambakromo Ponjong Gunungkidul

Gunungkidul memang menjadi daerah yang memiliki banyak sekali tempat wisata,setiap Desa pasti memiliki desa wisata sendiri,yang paling menarik di daerah Tambakromo Ponjong adalah Embung Gunung Panggung.

Di lokasi Embung Gunung Panggung ini Sobat bisa menikmati pemandangan alam pegunungan yang masih sangat asri di daerah Kecamatan Ponjong Gunungkidul,Jogjakarta.
embung gunung panggung Gunungkidul
Pantainyajogja.com  by@Anangekoprsty_07
Embung Gunung Panggung Gunungkidul ini merupakan sarana tampungan cadangan pengairan warga sekitar daerah Tambakromo,di lokasi Embung Gunung Panggung ini juga dibangun beberapa spot foto yang sangat menarik seperti perahu dari kayu,spot foto yang menyerupai menara,dan juga gardu pandang yang bisa Sobat jadikan spot berselfie.

Dari gardu pandang Gunung Panggung Ponjong ini Sobat bisa melihat keindahan alam pegunungan Gunungkidul,bahkan dari puncak Gunung Panggung Sobat juga akan melihat indahnya waduk gajah mungkur di sebelah timur.


Alamat Embung Gunung Panggung.
Embung Gunung Panggung ini berada di Dusun Klepu,Desa Tambakromo,Kecamatan Ponjong,Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta.

Jarak Embung Gunung Panggung ini jika dari Kota Jogjakarta sekitar 65 KM dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Embung Gunung Panggung Gunungkidul.
Jika Sobat ingin berkunjung ke lokasi Embung Gunung Panggung ini jika dari pusat Kota Jogjakarta bisa berjalan mengikuti jalur Jogja-Wonosari,hingga sampai di Kota Gunungkidul,kemudian arahkan kendaraan Sobat menuju Jalan Selang kemudian lurus terus mengikuti Jalan arah Ponjong,setelah sampai di persimpangan Kelor Karangmojo lurus saja hingga sampai di perempatan Srimpi.

Lurus saja hingga sampai pertigaan Jalan Mati lurus saja hingga  Sobat menemukan proliman Ponjong belok ke kiri arah Sumbergiri,hingga sampai di Desa Sumbergiri,kemudian pertigaan Sawahan ke kanan hingga sampai di Balai Desa Tambakromo kemudian Sobat akan menemukan pertigaan sebelum pasar Jimbaran belok ke kiri menuju Embung Gunung Panggung yang Sobat tuju,jika Sobat masih bingung tentang rute menuju Embung Gunung Panggung bisa bertanya kepada masyarakat sekitar atau bisa menggunakan Google map.
gardu pandang gunung panggung tambakromo
Pantainyajogja.com  by@Bakule_isuzu
Keindahan lokasi wisata Embung Gunung Panggung ini memang tak kalah dengan wisata embung yang lain yang ada di Kabupaten Gunungkidul,karena disana Sobat juga bisa menyaksikan sunset di sore hari sambil bersantai.

Untuk harga tiket masuk lokasi Gunung Panggung memang belum ada harga tiket khusus,tetapi kedepannya mungkin juga akan diberlakukan harga tiket masuknya setelah selesai pembangunan lokasi embung dan wisata di Gunung Panggung ini.

Untuk sampai di puncak Gunung Panggung Ponjong ini Sobat akan menemukan tanjakan dan tikungan yang cukup ekstreem,sehingga Sobat perlu berhati hati dalam melakukan perjalanan menuju Embung Gunung Panggung Ponjong ini,namun perjalanan Sobat akan menyenangkan karena di sepanjang jalan Sobat akan ditemani dengan pemandangan alam yang sangat indah dengan udara yang segar dan area ladang masyarakat.

Setelah sampai di lokasi parkir Embung Gunung Panggung ini Sobat harus berjalan kaki menuju puncak Embung Gunung Panggung melewati jalan setapak selama sekitar 5 menit perjalanan,jadi Sobat lebih baik membawa bekal air minum sendiri.

Fasilitas Embung Gunung Panggung Ponjong.
Berbicara tentang fasilitas memang belum lengkap seperti tempat wisata pada umumnya,namun tentunya di lokasi Embung Gunung Panggung Tambakromo ini banyak sekali fasilitas bersantai dan spot foto yang cukup menarik.

Lokasi Embung Gunung Panggung ini sangat recomended bagi Sobat yang ingin mencari suasana baru dengan juga bisa menjadi spot untuk mengambil foto foto yang instagramable.  
sunset gunung panggung ponjong
Pantainyajogja.com
Lokasi Embung Gunung Panggung ini merupakan perbatasan antara Kecamatan Semin di sebelah utara dan Kecamatan Ponjong di sebelah barat dan selatan dan Kabupaten Wonogiri di sebelah timur,sehingga dari puncak Gunung Panggung ini Sobat bisa melihat pemandangan disekitar Embung Gunung Panggung secara jelas.

Bahkan sebelum puncak Embung Gunung Panggung ini Sobat juga akan menemukan beberapa titik yang sangat cocok untuk tempat nongkrong yaitu di pinggir jalan yang memiliki pemandangan yang cukup menarik,apalagi pada sore hari,lokasi yang menjadi spot terbaik untuk menikmati sunset juga akan ramai untuk dijadikan tempat nongkrong bagi anak muda.

Apakah Sobat tertarik untuk berkunjung ke lokasi Gunung Panggung Gunung kidul ini?jika Sobat tertarik,saran kami tetap hati hati pastikan kendaraan Sobat dalam kondisi prima,karena akan melewati medan jalan yang nanjak dan tikungan tajam.


air terjun gunung panggung
Pantainyajogja.com
Di sekitar lokasi Embung Gunung Panggung ini,Sobat juga akan menemukan lokasi air terjun yang cukup menarik untuk Sobat kunjungi,namun lokasi air terjun Gunung Panggung ini memang berbeda lokasi dari Embung Gunung Panggung.

Jika Sobat ingin menuju air terjun Gunung Panggung bisa bertanya kepada masyarakat sekitar Desa Tambakromo,Ponjong,Gunungkiul.

Sedikit ulasan ini semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan tempat tujuan wisata Sobat di akhir pekan,Salam Wisata Indonesia.
 

Posting Komentar untuk "Embung Gunung Panggung DesaTambakromo Ponjong Gunungkidul"