Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Canting Mas Puncak Dipowono Kulon Progo Jogjakarta

Kota Jogjakarta memang sangat terkenal dengan tempat wisatanya,banyak sekali tempat wisata yang populer bahkan viral di dunia maya karena spot spot fotonya yang sangat keren salah satunya destinasi wisata baru Canting Mas Dipowono Kulon Progo.
puncak dipowono kulon progo
Pantainyajogja.com
Nama Canting Mas sendiri berasal dari cerita rakyat,konon ceritanya banyak orang yang mencari harta karun yang berada di perbukitan ini,dan harta karun tersebut berupa canting mas,namun hingga sekarang belum ada orang yang mendapatkan canting mas tersebut.

Canting Mas Kulon Progo merupakan tempat wisata baru yang menyajikan pesona alam yang sangat indah dengan berbagai spot foto yang keren salah satunya adalah teras kaca.

Selain spot foto di teras kaca ada beberapa spot foto yang bisa Sobat jadikan lokasi untuk berselfie dengan background yang keren,seperti kapal laut,gardu pandang di atas pohon,jembatan kayu,dan spot foto tempat santai sambil ngopi di atas bukit.

Wisata Jogja baru ini sangat diminati para pengunjung,karena jika berada di puncak Dipowono ini Sobat akan merasakan sensasi kesejukan dan kedamaian di atas pegunungan yang masih asri,karena memang puncak Dipowono ini juga berdekatan dekat lokasi wisata Kalibiru Kulon Progo,hanya saja Canting mas Dipowono ini berada diatasnya lebih tinggi dari wisata Kali Biru.

Waktu yang tepat jika mau berkunjung ke Canting Mas Dipowono ini saat pagi hari dan sore hari,namun jika Sobat datang pada pagi hari akan terasa dingin,sebaiknya Sobat menggunakan jaket atau pakaian hangat lainnya.

Jika Sobat berkunjung ke Canting Mas Kulon Progo ini pada Sore hari maka Sobat akan melihat keindahan sunset dari atas bukit dan gardu pandang yang ada di lokasi wisata Dipowono ini.

Alamat Canting Mas Dipowono 
Canting Mas Dipowono ini berada di Jalan Clereng Tamanan, KM 6,Dusun Clapar,Desa Hargowilis,Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo,Jogjakarta.

Jarak Canting Mas Dipowono dari pusat Kota Jogjakarta sekitar 35 KM dengan waktu tempuh sekitar 80 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi Canting Mas Puncak Dipowono ini juga dekat dengan wisata Kalibiru hanya berjarak sekitar 1,7 KM saja,jadi Sobat bisa sekalian berkunjung ke wisata alam Kalibiru.
Pantainyajogja.com
Rute Jalur Menuju Canting Mas Dipowono Kulon Progo.
Jika Sobat ingin berkunjung ke lokasi wisata puncak Dipowono ini maka jalur yang harus Sobat tempuh dari Kota Jogjakarta adalah dengan mengikuti Jalan Wates kemudian stasiun Sentolo kemudian menuju Jalan Celereng kemudian menuju pasar Clereng kemudian menuju arah Kalibiru.

Jadi untuk jalurnya sama seperti jalur menuju lokasi wisata Kalibiru,nanti setelah sampai di Jalan Clereng Sobat akan menemukan papan petunjuk jalan menuju wisata Kalibiru dan Canting Mas Dipowono,jika Sobat masih bingung bisa menggunakan google map.

Perjalanan menuju ke lokasi wisata Canting Mas ini juga cukup menantang,karena jalurnya naik turun dan berkelok kelok,namun tenang saja Sob,karena jalannya juga sudah ber aspal.

Dalam perjalanan Sobat akan disajikan dengan pemandangan area pedesaan dan persawahan yang hijau,selain itu Sobat juga akan dimanjakan dengan indahnya perbukitan Manoreh.Meskipun perjalanan Sobat dengan melewati jalan yang berkelok kelok namun tidak akan terasa lama dengan sajian alam yang sangat mempesona tersebut.

Harga tiket Masuk Canting Mas Dipowono.
Jika Sobat ingin berkunjung ke sana tak usah khawatir dengan biaya masuknya,karena untuk tiket masuk wisata Canting Mas Puncak Dipowono ini cukup murah,hanya membayar Rp 12.000 per orang sudah bisa menikmati keindahan alam dengan spot foto yang sangat indah.

Selain biaya masuk,Sobat juga harus membayar biaya parkir yang tidak mahal,untuk parkir sepeda motor Rp 2000 sedangakan untuk biaya parkir mobil sebesar Rp 5000 saja.

Fasilitas Wisata Canting Mas Kulon Progo.
Berbicara tentang fasilitas,meskipun tempat wisata ini tergolong masih baru dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat namun sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti lokasi parkir yang luas,kamar mandi dan toilet umum,tempat ibadah,warung warung kuliner,dan tentunya spot foto yang sangat instagramable yang ada di puncak Dipowono ini.

Selain fasilitas tersebut juga ada fasilitas tempat bersantai sambil menikmati keindahan alam puncak Dipowono sambil minum kopi dan menikmati makanan yang disediakan oleh warung yang ada di sana.
Pantainyajogja.com
Pemandangan Puncak Dipowono ini sangat indah saat pagi dan sore hari,jika pada pagi hari selain Sobat bisa menikmati indahnya sunset,di punck Dipowono ini Sobat juga akan melihat kabut tebal yang menyelimuti sekitar puncak bukit Dipowono,karena memang puncak Dipowono ini cukup tinggi yaitu berada di ketinggian sekitar 700 MDPL,sehingga saat pagi hari akan terasa sangat dingin.

Menarik kan Sob tempatnya?Bagi Sobat yang jenuh dengan sibuknya pekerjaan dan aktivitas kuliah di Kota bisa mencoba berkunjung ke lokasi wisata Canting Mas Puncak Dipowono ini pasti akan terasa lebih fresh dan bisa menghilangkan stres dengan suasana yang asri di puncak Dipowono.

Sedikit ulasan tentang Canting Mas Kulon Progo ini semoga bisa bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan Sobat saat berada di Jogjakarta.
 

Posting Komentar untuk "Keindahan Canting Mas Puncak Dipowono Kulon Progo Jogjakarta"