Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Bukit Mongkrang Kabupaten Karanganyar Menikmati alam Dari Ketinggian

Bukit Mongkrang Karanganyar merupakan salah satu bukit favorit para pendaki pemula di Daerah Jawa Tengah,karena pemandangan dari bukit Mongkrang ini sangat indah dan tidak terlalu tinggi sehingga cocok bag pemula.

Para pendaki pemula bisa melatih untuk naik Gunung Mongkrang ini karena jalurnya tidak terlalu ekstreem dan tentunya juga untuk sampai di puncak Mongkrang atau candi Mongkrang 1 hanya memerlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam saja.

Sedangkan untuk para pendaki senior bisa melanjutkan pendakian ke bukit mongkrang candi 2 yang lebih tinggi lagi,namun sebaiknya menggunakan jasa pemandu dari masyaraat sekitar yang sudah berpengalaman.

Puncak candi Mongkrang 1 ini menjadi tujuan paling favorit,karena meskipun belum sampai ke lokasi paling puncak tetapi Sobat sudah bisa menikmati keindahan alam dan gunung yang menjulang tinggi di sekitar puncak Mongkrang 1.

Bukit Mongkrang
Pantainyajogja.com by@Bukit_Mongkrang

Mitos Bukit Mongkrang Tawangmangu.
Puncak Bukit Mongkrang ini sangat recomended untuk titik lokasi pendakian,namun untuk puncak Mongkarang atau sering di sebut Gunung Jobolarangan merupakan puncak tertinggi bukit Mongkrang yang berada di arah selatan dari puncak Mongkrang.

Puncak Jobolarangan ini memiliki mitos yang masih kental dikalangan masyarakat karena untuk jalur pendakian saja masih harus membuat rute sendiri melewati hutan yang lebat.

Puncak Jobolarangan ini berasal dari kata Jobo yang artinya berkunjung dan Larangan yang berarti tidak boleh didaki,sebenarnya puncak Jobolarangan atau yang biasa disebut puncak 2045 masih cukup mistis.

Alamat Puncak Mongkrang.
Bukit Mongkrang ini berada di daerah lapangan Tlogo Dringo,Karanganyar,Gondosuli kidul,Tawangmangu,Karanganyar Jawa Tengah.

Jika dari Kota Karanganyar hanya berjarak sekitar 2 km saja,nanti Sobat akan menemuka lokasi parkir di area Tlogo Dringo sebagai titik awal pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar.

Jalan Menuju Bukit Mongkrang.
Bagi Sobat yang ingin berkunjung ke Bukit Mongkrang maka jalurnya sangat mudah karena Sobat nanti sebelum pos pendakian Cemara Kandang akan menemukan gapura yang bertuliskan Tlogo Dringo masuk saja.

Setelah sampai di lokasi parkir Tlogo Dringo nanti akan dilanjutkan untuk perjalanan dengan melewati perkampungan dan Sobat akan menemukan pos retribusi pendakian Bukit Mongkarang Jawa Tengah.

Dari post retribusi pendakian Bukir Mongkrang inilah Sobat harus mulai mengeluarkan tenaga,karena jalannya sudah mulai menanjak menuju Bukit Mongkrang.

Tinggi Gunung Mongkrang.
Gunung Mongkrang atau Bukit Mongkrang ini berada di ketinggian 2.194 mdpl,tidak terlalu tinggi sih bagi para pendaki senior,namun bagi para pendaki pemula ketinggian Gunung Mongkrang ini cukup lah untuk melatih mental pendaki pemula.

Bukit Mongkrang ini merupakan kaki gunung Lawu bagian selatan dan memiliki pemandangan yang sangat bagus.

Bagi para pemula pasti akan menanyakan ketinggian Bukit Mongkrang dan juga durasi pendakian yang hars dilakukan,Sobat tak perlu khawatir karena dengan ketinggian Gunung Mongkrang tersebut masih aman untuk para pemula.Sobat hanya butuh sekitar 1 sampai 2 jam pendakian menuju puncak Bukit Mongkrang 1.

Harga Tiket Masuk Bukit Mongkrang.
Berbicara tentang tiket Bukit Mongkrang tentunya Sobat tak usah khawatir karena HTM Mongkrang view ini cukup murah.

Sobat hanya perlu mengeluarkan biaya Rp10.000 saja.5000 untuk biaya parkir di lokasi parkir Tlogo Dringo dan 5000 untuk membayar di post retribusi Bukit Mongkrang.

Sedangkan jika Sobat ingin camping,di sana juga ada yang menyediakan alat camping,sehingga Sobat tak perlu repot membawa dari rumah.Untuk biaya camping di bukit Mongkrang Sobat hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 15.000 saja.

Bukit Mongkrang Karanganyar
Pantainyajogja.com by@Bukit_Mongkrang

Jika dalam perjalanan menuju Puncak Bukit Mongkrang ini terasa capek dan lelah Sobat bisa mampir di warung warung sederhana yang ada di sepanjang perjalanan menuju Bukit Mongkrang.

Setelah sampai di puncak Bukit Mongkrang Sobat bisa menyaksikan Gunung Lawu yang berada di sebelah utara dan untuk sebelah selatan adalah lembah sedel yang memisahkan antara puncak Bukit Mongkrang dan puncak Jobolarangan,yaitu puncak tertinggi Bukit Mongkrang.

Bukit Mongkrang pada puncak pertama sangat diminati karena lokasinya cukup luas untuk mendirikan tenda dan juga lebih aman karena untuk camping ground Puncak Candi 1 cukup datar dengan alas rumput yang hijau.

Mungkin sekian dulu ya Sob,ulasan tentang Puncak Bukit Mongkrang Karanganyar Jawa Tengah ini,semoga bisa bermanfaat dan bisa Sobat jadikan tujuan pendakian Sobat,apalagi bagi para pemula.

Posting Komentar untuk "Wisata Bukit Mongkrang Kabupaten Karanganyar Menikmati alam Dari Ketinggian"