Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gumuk Pasir Pantai Parangkusumo Jogjakarta Yang Menjadi Daya Tarik Pengunjung Saat Berada Di Jogjakarta



Pantai Parangkusumo adalah salah satu pantai di selatan Jogjakarta yang sangat diminati para wisatawan selain pantai Parangtritis.Pantai Parangkusumo merupakan pantai yang berdekatan dengan pantai Parangtritis Jogjakarta tepatnya berada di sebelah pantai Parangendok Jogjakarta.

Dimanakah letak pantai Parangkusumo?
Alamat pantai Parangkusumo ini berada di Desa Parangtritis,Kecamatan Kretek,Kabupaten Bantul,Jogjakarta.Jarak pantai Parangkusumo dengan pusat Kota Jogjakarta sekitar 30KM dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Sobat mau berkunjung ke pantai Parangkusumo Bantul ini sangat mudah karena masih satu jalur dengan pantai tetangga yaitu pantai Parangtritis yang lebih tersohor.
sunset di pantai parangkusumo
PantainyaJogja.com   by@Jelajahijogja
Rute menuju pantai Parangkusumo Jogjakarta.
Rute perjalan menuju pantai Parangkusumo sama dengan rute menuju pantai Parangtritis,jika Sobat dari pusat kota Jogjakarta bisa mengambil arah selatan Malioboro dari titik 0 km belok ke kiri setelah sampai perempatan Gondomanan belok ke kanan menuju Jalan Brigjen Katamso kemudian menuju perempatan lurus menuju Jalan Parangtritis,ikutilah jalan Parangtritis lurus jangan berbelok hingga nanti menemukan  plang petunjuk jalan menuju pantai Parangkusumo yang Sobat tuju.

Jika Sobat berasal dari arah timur kota Wonosari bisa melewati jalur JJLS hingga sampai perempatan Saptosari lurus terus mengikuti jalan Parangtritis,tetapi Sobat harus berhati hati karena banyak tanjakan dan tikongan yang sempit,setelah sampai pantai Parangtritis nanti akan menemukan post retribusi dan ikutilah jalur lurus hingga menemukan papan petunjuk jalan menuju pantai Parangkusumo.

Baca juga Lokasi wisata pantai Parangtritis Jogjakarta


Berapa biaya masuk pantai Parangkusumo Jogjakarta?
Berbicara tentang harga tiket masuk pantai Parangkusumo Jogjakarta tentunya Sobat tak usah khawatir karena biayanya cukup murah hanya sebesar Rp5000 saja untuk mobil dan Rp2000 untuk motor.

Sedangkan biaya parkirnya juga cukup murah hanya Rp5000 untuk mobil dan Rp2000 untuksepeda motor.Dengan biaya tersebut Sobat sudah bisa menikmati keindahan dan nuansa sakral di pantai Parangkusumo ini.

Suasana sakral di pantai Parangkusumo ini akan Sobat rasakan ketika memasuki lokasi pantai yang biasa dijadikan tempat ritual upacara melasti maupun ritual yang lain.Suasana sakral akan lebih terasa di tempat yang bernama batu cinta,Sobat akan menemukan banyak taburan kembang setaman dan rangkaian sesajen yang ada di sekitar Puri Cempuri.

Puri Cempuri ini merupakan tempat yang diyakini sebagai lokasi bertemunya Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul dalam membuat perjanjian.

Selain cerita yang melegenda dan suasana sakral yang ada di pantai Parangkusumo Sobat bisa menikmati keindahan pantai Parangkusumo dengan Gumuk pasir yang sangat bersih dan cantik,biasanya Gumuk pasir ini dijadikan spot foto yang paling diminati,apalagi pada sore hari pasti Sobat akan menemukan banyak para pengunjung yang nongkrong sambil menikmati pemandangan sunset dari gumuk pasir tersebut.

Gumuk pasir pantai Parangkusumo ini menjadi daya terik tersendiri karena tempatnya sangat luas dan pasirnya juga bersih.Gumuk pasir ini terhampar luas sekitar 2KM dari sepanjang  sungai opak.Selain bisa menikmati sunset dari gumuk pasir,Sobat juga bisa berfoto di taman bunga yang ada di sekitar gumuk pasir pantai Parangkusumo tersebut.

Sobat juga bisa melakukan sunboarding atau berseluncur di gumuk pasir dengan menggunakan papan,di lokasi gumuk pasir ini juga sering dijadikan tempat pembuatn vidio klip dan juga tempat berfoto preweding.
lokasi pantai parangkusumo
PantainyaJogja.com   by@Pituturhakim
Fasilitas yang ada di Pantai Parangkusumo Jogjakarta.
Jika Sobat berencana berkunjung ke pantai Parangkusumo bantul Jogjakarta ini tentunya akan bertanya tanya tentang fasilitas yang ada di sana,namuntak usah khawatit karena fasiitas yang ada sudah cukup lengkap,mulai dari tempat parkir yang luas dan aman,toilet dan kamar mandi,tempat ibadah dan tentunya banyak warung makan sederhana yang menyediakan berbagai olahan seafood.

Baca juga Keistimewaan pantai Baru Bantul Jogjakarta


Selain itu di pantai Parangkusumo Sobat juga akan menemukan banyak hotel dan penginapan sederhana dengan banyak pilihan harga sesuai dengan fasiitas yang ditawarkan oleh penginapan tersebut,harganya juga bervareasi mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 500.0000.

Naah lengkap kan?Coba deh Sobat agendakan untuk berlibur ke pantai Parangkusumo pasti akan sangat mengasyikkan,karena berlibur ke pantai merupakan solusi yang tepat untuk menghilangkan penat dari padatnya kota dan sibuknya pekerjaan Sobat. 
gumuk pasir pantai parangkusumo
PantainyaJogja.com  by@Miakibau
Selain menikmati Gumuk pasir ternyata di pantai Parangkusumo juga ada wahana permainan seperti nunggang kuda dengan biaya Rp25.000 perorang dan Sobat juga bisa menyewa ATV dengan harga Rp 50.000.Liburan Sobat akan terasa lebih seru jika bersama dengan keluarga,teman dan orang orang terkasih.

Mungkin ini sedikit ulasan tentang lokasi pantai Parangkusumo dengan gumuk pasirnya yang sangat diminati,semoga bisa jadi bahan referensi tempat tujuan wisata Sobat saat berkunjung ke Jogjakarta.
Baca juga Daftar penginapan murah di kota Jogjakarta

Posting Komentar untuk "Gumuk Pasir Pantai Parangkusumo Jogjakarta Yang Menjadi Daya Tarik Pengunjung Saat Berada Di Jogjakarta"