Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rute Jalan Dan Harga Tiket Masuk Kawasan Candi Cetho Karanganyar



Candi Cetho merupakan candi peninggalan Agama Hindu pada masa kerajaan Majapahit,Candi Cetho ini berbentuk bangunan candi yang sangat unik yang berada di atas ketinggian 1496M dari permukaan laut,sehingga suasana di sekitar candi Cetho ini sangat sejuk.

Komplek candi Cetho ini biasa dijadikan tempat ritual pemujaan bagi penganut agama Hindu,sehingga candi ini masih terus terawat dan masih berbentuk aslinya.

Sebelum kita membahas tentang rute jalan dan harga tiket masuknya lebih baik tahu dulu letak dan alamat lokasi candi Cetho ini.Candi Cetho ini berada di dusun Cetho RT01,RW03,Kelurahan Gumeng Kabupaten Karanganyar.

Lokasi candi Cetho ini berada di lereng gunung Lawu dengan akses jalan yang menanjak dan menikung,Sobat harus berhati hati jika mau berkunjung ke Candi Cetho Karanganyar ini.
tiket masuk candi cetho
PantainyaJogja.com  by@Soloculinery
Diantara beberapa candi yang ada di Jawa Tengah Candi Cetho ini memang belum begitu terkenal seperti candi candi yang lain,karena candi Cetho letaknya cukup jauh dari perkotaan dan akses masuk  yang lumayan sulit.

Namun dilihat dari sisi keunikan bentuk bangunan candi Cetho ini mempunyai ciri khas tersendiri yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung.Selain keunikan candi Cetho ini,di kawasan candi ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hijaunya perkebunan teh dan hamparan luas sawah warga yang jika dilihat dari lokasi candi akan sangat menakjubkan dan rtak bisa dilewatkan.

Di sekitar Candi Cetho juga terdapat tempat wisata yang sangat menarik dan wajib Sobat kunjungi antara lain kawasan candi Sukuh,air terjun,taman hutan,kebun teh dan masih banyak tempat wisata yang lainnya.Sobat juga bisa mencoba mencicipi teh asli di Rumah Teh Ndoro Dongker dengan harga yang sangat terjangkau,Sobat bisa menikmati teh hijau kemuning,teh putih,teh raja,teh hitam donker dan beberapa jenis teh lainnya.



tiket masuk candi cetho
PantainyaJogja.com  by@Apriyadi_21
Rute jalan menuju kawasan candi Cetho

Jika Sobat mau berkunjung ke candi Cetho ini harus berhati hati karena lokasinya cukup sulit untuk dijangkau,tidak ada sarana transportasi umum untuk sampai di candi Cetho,Sobat harus membawa kendaraan pribadi,lebih baik membawa sepeda motor agar lebih mudah saat memilih jalur dan melewati jalan yang menanjak dan berliku.

Jika Sobat mau menggunakan kendaraan mobil,harus memperhatikankondisi mobil Sobat harus prima dan pengemudi yang profesional.

Jalan yang harus Sobat lalui jika mau berkunjung adalah melewati koota Solo-kemudian menuju terminal Karangpandan-ikuti terus jalur lurus hingga nanti Sobat akan menemukan gapura besar-kemudian Sobat akan sampai di daerah Kemuning,Dari sana  Sobat akan menemukan papan petunjuk arah menuju candi Cetho yang Sobat tuju.

Jika Sobat terpaksa harus menggunakan kendaraan umum bisa diakses dari stasiun Solo balapan dengan naik ojek menuju terminal Tirtonadi-kemudian Sobat harus naik bus jurusan Solo Tawangmangu-setelah sampai di terminal Karang Pandang Sobat harus turun berganti bus kecil jurusan Karang pandan Kemuning-kemudian Sobat turun di pertigaan Nglorog kemudian dari Nglorog Sobat harus naik ojek untuk menuju lokasi candi Cetho dengan jarak sekitar 13KM.
Baca juga Daftar candi terkenal di Jogjakarta
jalur menuju candi cetho
Pantainyajogja.com  by@arhamabid13
Harga tiket masuk kawasan wisata candi Cetho Karanganyar
Untuk harga tiket masuknya tentunya sangat murah,Sobat akan dikenakan biaya retribusi masuk sebesar Rp 7000 dan biaya parkir sepeda motor Rp 2000 dan untuk mobil Rp5000.

Setelah membayar tiket masuk tersebut Sobat akan di pinjami dan dibantu untuk memakai kain poleng oleh petugas yang ada di sana.Sobat harus tetap memakai kain poleng atau kain kotak hitam putih saat berada di lokasi kawasan candi Cetho ini,karena lokasi candi Cetho ini masih digunakan sebagai lokasi pemujaan oleh agama Hindu,oleh karena itu Sobat harus bisa menghormati dengan menggunakan kain tersebut dan Sobat juga harus mematuhi aturan aturan yang ada di lokasi candi.

Fasilitas yang ada di Candi Cetho
Berbicara tentang fasilitas tentunya di lokasi candi Cetho ini tidak memiliki fasilitas yang lebih,karena lokasinya sebenarnya hanya untuk tempat pemujaan agama Hindu.

Jika Sobat mau mencari fasilitas yang lebih bisa Sobat temukan di sekitar tempat parkir,itupun hanya warung sederhana yang menyediakan makanan dan minuman.Jika Sobat mau menginap dan mencari tempat menginap seperti hotel atau losmen di sana Sobat tidak akan menemukan,kecuali hanya pondok wisata yang menyediakan kamar sederhana dengan tarif Rp50.000 semalam
Baca juga  Sejarah candi Borobudur dan harga tiket masuk yang harus Sobat ketahui
rute menuju candi cetho karanganyar
PantainyaJogja.com By@oyonsuyono
Naah itulah sedikit ulasan mengenai jalan dan harga tiket masuk kawasan candi Cetho Karanganyar yang bisa jadi bahan referensi tujuan wisata Sobat saat berkunjug ke Kota Solo.

Jika Sobat belum pernah berkunjung ke Candi Cetho akan rugi deeh karena lokasi candi yang sangat unik dan komplek wisatanya sangat adem yang bisa memanjakan mata kita dengan emandangan alam pegunungan dan hamparan kebun teh maupun sawah yang sangat mempesona. 

Posting Komentar untuk "Rute Jalan Dan Harga Tiket Masuk Kawasan Candi Cetho Karanganyar"