Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Dan Jalur Menuju Pantai Parangracuk Gunungkidul,Jogjakarta

Pantai Parangracuk Gunungkidul merupakan pantai tebing tanpa bibir pantai dengan pasir seperti pantai Baron,Namun pantai Parangracuk memiliki keindahan yang berbeda dari pantai yang ada di Gunungkidul karena merupakan pantai dengan tebing cantik dan spot memancing yang sangat terkenal.

Letak pantai Parangracuk Gunungkidul ini berada di sebelah barat pantai Baron dengan jalan masuk tanjakan yang lumayan sempit.

Namun sekarang meskipun letak pantai Parangracuk yang tersembunyi sudah mulai dikenal dan dikunjungi setiaphari libur bahkan hari hari biasa juga sudah banyak yang berkunjung.

Jika Sobat mau berkunjung ke pantai Parangracuk ini sangat mudah kok,karena letak pantai Parangracuk ini hanya bersebelahan dengan pantai Baron yaitu sebelum pintu masuk retribusi utama JJLS.Sehingga mudah untuk Sobat temukan.

Jalur menuju lokasi pantai Parangracuk ini masih sempit namun sudah beraspal meskipun ada sedikit yang rusak.
pantai parangracuk gunungkidul
PantainyaJogja.com   by@Noviyantoeko
Alamat letak pantai Parangracuk Gunungkidul
Sebenarnya alamat pantai Parangracuk ini sama seperti pantai Baron yaitu berada di dusun Rejosari,Kelurahan Kemadang,Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Kota Jogjakarta.

Letaknya sekitar 40KM dari pusat kota Gunungkidul dengan waktu tempuh sekitar 1Jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.Sobat bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi untuk sampai di lokasi pantai Parangracuk ini.

Untuk akses masuk bus besar memang belum bisa namun kalau hanya minibus sudah bisa melewati jalur menuju pantai Parangracuk ini meskipun sempit dan tetap harus berhati hati.

Baca juga  Pantai Baron dengan mercusuar yang tinggi

Rute yang harus dilalui untuk menuju pantai Parangracuk ini ada banyak sekali akses jalan sesuai dengan asal Sobat yaitu antara lain:
*Jika Sobat berasal dari Kota Jogjakarta bisa melalui Imogiri Bantul ataupun melewati jalur besar Jogja Wonosari.Jika Sobat melalui jalur Imogiri ambil saja jalur ringroad selatan Jogjakarta kemudian arahkan kendaraan Sobat menuju Imogiri kemudian melewati Siluk lurus terus hingga sampai Panggang Gunungkidul,kemudian menuju arah Saptosari dengan mengikuti jalur lurus lewat jalan JJLS hingga nanti Sobat menemukan desa Planjan sekitar 10Km dari perkampungan Planjan akan menemukan pertigaan tanjakan jika Lurus ke pantai Baron dan jika belok ke kanan tanjakan akan menuju ke pantai Parangracuk yang Sobat tuju.

Jika Sobat melewati jalur besar Jogja-Wonosari juga sangat mudah,ikutilah jalur dengan melewati bukit bintang Patuk lurus terus menuju Wonosari,kemudian setelah sampai di Bandara Gading nanti akan menemukan lampu merah yang ke 2 belok saja ke kanan menuju Payen,kemudian setelah menemukan perempatan pasar Pasar Playen beloklah ke kanan menuju Paliyan,ikutilah jalur lurus hingga sampai pertigaan pasar Trowono dengan melewati hutan dan PUSLATPUR Kecaatan Paliyan,Setelah menemukan pertigaan tersebut beloklah ke kiri melalui jalur JJLS hingga Sobat sampai di Desa Planjan,kemudia ikuti jalurnya seperti diatas.
PantainyaJogja.com   by@Yudaweandana
Di pantai Parangracuk ini Sobat bisa menikmati pemandangan alamyang sangat hijau dengan sepanjang jalan banyak ladang warga yang di tanami pepohonan seperti jagung,singkong,dan kacang,jadi Sobat tak usah takut akan kesasar karena jika bingung bisa bertanya kepada warga yang sedang beraktivitas di ladang.Warga disekitar pantai Parangracuk ini juga baik dan ramah jika Sobat bertanya pasti akan diarahkan jalurnya kok,tenang saja.

Selain pemandangan alam di pantai Parangracuk ini Sobat juga bisa melihat beberapa pantai yang ada di sebelah timur seperti pantai Baron Pantai Kukup dan pantai Sepanjang.Selain itu Sobat juga bisa berfoto dengan spot spot foto yang sangat keren seperti foto foto di sini.

Pantai Parangracuk ini memang awalnya dibuka hanya untuk tempat pembangkit listrik,jadi jika Sobat ke sana jangan heran banyak gedung dan instalasi listrik yang merupakan sumber energi listrik alternatif yaitu pembangkit listrik tenaga gelombang[PLTG] yang merupakan pembangkit listrik yang dihasilkan dari kekuatan gelombang laut pantai Parangracuk.

Selain PLTG di sana juga ada sumber energi alternatif yang lain seperti pembangkit listrik tenaga surya[PLTS]dan juga pembangkit listrik tenaga ombak [PLTO].

rute pantai parangracuk
PantainyaJogja.com   by@Novie.Astuty
Sobat juga bisa menikmati sunset dari pantai Parangracuk ini,biasanya pada sore hari akan banyak para pengunjung yang menghabiskan waktunya untuk nongkrong sambil menikmati indahnya sunset dari puncak bukit Parangracuk ini.Banyak juga yang melakukan pemotretan preweding di sekitar tugu atau patung yang ada di puncak bukit parangracuk.

Bagi Sobat yang suka memancing di tebing Pantai Parangracuk ini merupakan spot mancing favorit bagi para Rockfising,biasanya saat event event pemancingan lokasi pantai Parangracuk ini dijadikan titik spot memancing yang sangat bagus.
jan  pantai parkidulangracuk gunung
PantainyaJogja.com
Jika Sobat mau berkunjung ke pantai Parangracuk Gunungkidul ini akan terasa sangat panas sekali pada siang hari karena puncak parangracuk ini termasuk tebing yang tinggi,namun banyak juga lokasi yang teduh yaitu bawah pepohonan sekitaran pembangkit listrik yang ada di sana.

Di lokasi Pantai Parangracuk ini juga ditanami pepohonan perindang seperti pohon cemara maupun pohon waru yang bisa membuat suasana adem pada siang hari.Tetapi memang dibagian selatan atau lokasi mendekati tebing karang belum adanya pepohonan perindang hanya pohon pandan saja.

lokasi pantai parangracuk gunungkidul
PantainyaJogja.com  by@Ernysun
Hamparan rumput yang hijau seputaran pohon pandan menambah suasana seperti dialam yang masih alami.Jika Sobat mau pergi ke pantai Parangracuk Gunungkidul ini sebaiknya membawa bekal makanan yang dibutuhkan karena di sana belum banyak tempat makan maupun restoran seperti pantai pantai yang lain.

Namu jika hanya untuk sekedar minum,sudah ada warung sederhana yang menyediakan makanan ringanyang berada di dekat pintu masuk lokasi Pantai Parangracuk ini.Di lokasi pantai Parangracuk juga sudah ada fasilitas toilet dan kamar mandi meskipun tidak banyak,paling tidak Sobat tidak akan bingung untuk  mencari toilet.
pantai parangracuk gunungkidul
PantainyaJogja.com  by@Afri_sap
Mungkin sedikit ulasan ini bisa bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi tujuan wisata maupun tujuan preweding.Tidak ada salahnya Sobat mencoba berkunjung ke pantai Parangracuk ini,selain berwisata menikmati keindahan juga Sobat bisa belajar tentang tenaga alternatif yang ada di sana.

Yuuuk agendakan untuk berkunjung ke pantai Parangracuk Gunungkidul ini,selain tempatnya yang bagus juga sebagai tentang pembelajaran dan pengetahuan tentang tenaga alternativ.  

Posting Komentar untuk "Letak Dan Jalur Menuju Pantai Parangracuk Gunungkidul,Jogjakarta"