Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokasi Wisata Kampung Anggur Plumbungan Bantul Jogjakarta

Di Kota Jogjakarta memang selalu menyajikan tempat tempat wisata baru,bukan hanya wisata pantai yang sudah terkenal,tetapi banyak sekali wisata kebun yang patut Sobat kunjungi,salah satunya yang lagi viral di Kota Jogjakarta adalah wisata kampung anggur Bantul.

Wisata Kampung Anggur Bantul merupakan tempat budidaya buah anggur yang dilakukan setiap warga masyarakat,sehingga saat musim anggur setiap pekarangan rumah akan dipenuhi dengan buah anggur yang bergelantungan,sehinga akan menarik jika dijadikan tempat berfoto dan menikmati buah anggur yang langsung memetik dari pohonnya.

Cerita berdirinya wisata kampung anggur di Bantul Jogja ini bermula dari seorang pemuda yang bernama Rio Aditya yang menanam buah anggur lokal jenis isabela,namun hasilnya kurang memuaskan,dan beralih menanam anggur jenis hibrida dari Ukraina yaitu anggur Ninel dan ternyata perawatannya cukup mudah dengan rasa yang lebih manis dari jenis anggur lainnya.

Dari kesuksesan menanam buah anggur ini,masyarakat sekitar tertarik untuk ikut menanam anggur di pekarangan rumahnya,hingga sekarang menjadi wisata kampung anggur yang sangat terkenal di Kota Jogjakarta.
   
kampung anggur bantul
Pantainyajogja.com  by@Dyah_Watie

Alamat Kampung Anggur Bantul
Kampung anggur ini berada di Dusun Plumbungan,Desa Sumbermulyo,Kecamatan Bambanglipuro,Kabupaten Bantul,Jogjakarta.

Lokasi kampung anggur Bantul ini cukup dekat dengan pusat Kota Jogjakarta hanya berjarak sekitar 40 KM dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Kampung Anggur ini sangat mudah untuk Sobat temukan,tak perlu bingung untuk sampai lokasi wisata kampung anggur karena jalurnya cukup mudah.

Rute Menuju Kampung Anggur Plumbungan.
Jika Sobat ingin berkunjung ke lokasi wisata kampung anggur Bantul ini maka ada beberapa jalur yang bisa Sobat lalui,jika dari pusat Kota Jogjakarta bisa menuju Jalan Bantul,kemudian pasar Bantul masih lurus ke selatan hingga sampai di perempatan Palbapang,dari perempatan ini lurus terus sekitar 3 KM Sobat akan menemukan pertigaan kemudian belok ke kiri lurus terus.

Sobat nanti akan menemukan pertigaan kemudian belok ke kanan,ikuti terus jalan tersebut hingga melewati area persawahan,kemudian sampai di Dusun Plumbungan,nah di Dusun Plumbungan inilah tempat yang Sobat tuju.

Lokasi Wisata Kampung Anggur Plumbungan  Bantul Jogjakarta
Pantaiyajogja.com by@Blusukanbantul
 
Fasilitas yang ada di kampung anggur Plumbungan Bambanglipuro ini cukup lengkap seperti Desa wisata pada umumnya,untuk lokasi parkir kendaraan juga sudah disiapkan,untuk fasilitas kamar mandi dan toilet juga ada untuk umum,selain itu Sobat juga bisa belajar menanam hingga merawat buah anggur di lokasi wisata edukasi kampung Anggur Bantul,Jogja ini.

Untuk jam buka sendiri mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00,sehingga Sobat bisa memanfaatkan waktu seharian berada di kampung Aanggur Jogja ini.

Apa Saja Yang Bisa Di Lakukan Di Kampung Anggur Bantul?
Nah bagi Sobat yang berkunjung ke wisata anggur Bantul ini bisa membeli anggur langsung memetik sendiri ddari pohonnya,untuk harga buah anggur super ini dijual dengan harga Rp100.000 per KG nya.

Jika Sobat ingin menanam sendiri dirumah,di lokasi wisata kampung anggur ini juga dijual bibit anggur ninel,Sobat bisa memilih bibit dari harga yang murah hingga yang mahal.

Selain itu Sobat juga bisa berfoto foto di lokasi kebun buah anggur yang berbuah lebat,berfoto di kebun anggur ini Sobat akan merasakan sensasi berada di kebun anggur milik sendiri.

Sedikit ulasan tentang wisata kampung anggur Bantul ini semoga bisa bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan wisata Sobat di akhir pekan.

Posting Komentar untuk "Lokasi Wisata Kampung Anggur Plumbungan Bantul Jogjakarta"