Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiket Masuk Wisata Cave Boating Goa Tanding Gunungkidul Yogyakarta

Di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah dan patut Sobat kunjungi.Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul yang cukup memacu andrenalin adalah wisata Goa Tanding.

Keindahan Goa Tanding ini tak kalah dengan wisata Goa Pindul,karena Goa Tanding Gunungkidul memiliki lorong Ga yang cukup panjang dan luas yang didalam nya terdapat air yang biasa dijadikan wisata cave boating.

lokasi goa tanding
Pantainyajogja.com

Sejarah Goa Tanding Gunungkidul.
Goa Tanding Gunungkidul ini pada awalnya ditemukan oleh seseorang yang bernama Harto Tanding dari Daerah Bejiharjo saat akan menggali sumur tidak menemukan sumber air,dan kemudian terus menggali tanah semakin dalam.

Setelah Harto Tanding dan keluarganya menggali tanah kemudian alat yang di pakai yaitu linggisnya menembus rongga tanah yang ternyata adalah sebuah Goa bawah tanah,sehingga sampai saat ini nama Goa ini disebut dengan Goa Tanding.

Goa Tanding Gunungkidul ini memiliki kedalaman air sekitar 4 meter dengan jarak air dengan atap Goa diantara 5 meter hingga sampai 15 meter.

Lebar Goa Tanding ini antara 4 meter hingga sampai 9 meter di titik Goa paling lebar,sedangakan untuk panjang Goa sebagai tempat susur Goa mecapai 460 meter dengan durasi waktu sekitar 1,5 jam.

Di dalam Goa Tanding Jogjakarta ini memiliki pemandangan stalaktit dan stalagmit yang cukup indah,sehingga di lokasi Goa Tanding ini bisa menjadi spot foto yang sangat keren,namun bagi Sobat yang takut mungkin di dalam Gao ini cukup menyeramkan,namun bagi para petualang,Goa Tanding ini menjadi salah  satu destinasi wisata yang menantang dan harus dikunjungi.

Lokasi Goa Tanding.
Lokasi wisata Goa Tanding ini masih berdekatan dengan wisata Goa Pindul yang lebih terkenal di Gunungkidul,Jogjakarta.Jadi bagi Sobat yang sudah pernah berkunjung ke wisata Goa Pindul tak akan kesulitan untuk menemukan letak lokasi Gao Tanding.


Alamat Goa Tanding ini berada di Padukuhan Gelaran 2,desa Bejiharja,Kecamatan karangmojo,Kabupaten Gunungkidul,Yogyakarta.

Lokasi Goa Tanding ini sangat dekat dengan Goa Pindul karena hanya berjarak sekitar 500 meter saja,jika dari pusat kota Kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 16 Km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Goa Tanding Gunungkidul Jogjakarta.
Jika Sobat ingin berkunjung ke lokasi wisata Goa Tanding ini jalur sama seperti menuju Goa Pindul Jogjakarta,jika dari pusat Kota Gunungkidul ikutilah jalur menuju arah Karangmojo kemudian belok ke kiri menuju Desa Bejiharjo.

Untuk sampai di lokasi wisata Goa Tanding Sobat harus menuju arah seperti menuju Goa Pindul,nanti Sobat akan menemukan papan petunjuk jala menuju destinasi Goa Tanding yang Sobat tuju,jika masih bingung bisa menggunakan google maps.

wisata goa tanding yogyakarta
Pantainyajogja.com

Tiket Masuk Goa Tanding Gunungkidul.
Jika Sobat ingin melakukan cave boating Goa Tanding,sebaiknya bersama teman agar lebih ramai dan tentunya menjadi sangat seru menyusuri Goa dengan menggunakan perahu karet dengan pemandu yang profesional.

Harga tiket masuk Goa Tanding ini merupakan harga paket lengkap,setiap orang dikenakan biaya Rp 150.000 dengan fasilitas antara lain:
*Perahu karet/inflatable boat.
*Baju/Jaket plampung.
*Helm safety.
*Sepatu karet.
*Pemandu wisata profesional.
*Asuransi keselamatan.
*Free makan 1 kali.
*Free parkir dan kamar mandi.

Dengan harga tiket masuk Goa Tanding tersebut tentunya sebanding dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak pegelola Goa Tanding,nah untuk kapasitas boatnya adalah 7 orang dengan 2 orang pemandu.

Jika Sobat ingin berkunjung ke lokasi wisata Goa Tanding Gunungkidul ini bersama rombongan lebih baik konfirmasi terlebih dahulu,karena untuk masuk Goa Tanding hanya bisa 3 sampai 4 boat saja sekali masuk,demi keamanan dan keselamatan pengunjung.

Jam Buka Wisata Goa Tanding Gunungkidul.
Untuk jam operasional Goa Tanding ini mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB,bagi Sobat yang berasal dari luar kota bisa berkunjung di wisata Goa Tanding kapan saja,karena ada waktu seharian untuk menerima pengunjung.

Goa tanding gunungkidul
Pantainyajogja.com

Penyusuran Gao Tanding Jogjakarta ini tak kalah menarik dan tak kalah menantang dari wisata rafting Goa Pindul,karena lokasi Goa yang cukup luas dan panjang yang membuat moment moment keseruan disetiap titik lokasi yang keren.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan cave boating Goa Tanding adalah sebelum matahari beranjak naik,sehingga masih ada cahaya masuk ke dalam Goa,namun tak usah khawatir jika cuaca dalam Goa Tanding ini gelap,pengunjung juga sudah dilengkapi dengan senter penerangan.

Berkunjung dan melakukan aktivitas cave boating Goa Tanding ini menjadi solusi saat Goa Pindul ramai pengunjung,sehingga Sobat bisa memiliki alternatif penyusuran Goa selain Goa Pindul yang lebih terkenal.


Sedikit ulasan tentang Goa Tanding ini semoga bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan fererensi tujuan wisata Sobat di akhir pekan.Salam Wisata Indonesia.\\ 
 

Posting Komentar untuk "Tiket Masuk Wisata Cave Boating Goa Tanding Gunungkidul Yogyakarta"