Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desa Wisata Tegaldowo Dan Keunikan Kereta Gantung Dusun Girpasang Klaten Jawa Tengah

Untuk bisa menikmati keindahan Gunung Merapi,ada beberapa titik gardu pandang yang bisa Sobat kunjungi,misalnya dari Kaliurang,dan dari Klaten Jawa Tengah ada salah satu lokasi untuk menikmati keindahan Gunung Merapi dari Klaten Jogjakarta yaitu dari Desa Wisata Tegaldowo.

Desa Wisata ini berjarak sekitar 4 KM dari Gunung Merapi,lokasinya masih sangat asri dengan fasilitas yang selalu dilengkapi untuk mendukung sektor pariwisata Desa.

Gondola Dusun Girpasang
Pantainyajogja.com  by Fb@Saefull 

Alamat Desa Wisata Tegaldowo.
Bagi Sobat yang ingin menikmati indahnya Gunung Merapi dari tempat wisata Desa ini bisa datang di Desa Tegaldowo,Kecamatan Kemalang,Kabupaten Klaten,Jawa Tengah.

Dari lokasi ini Sobat bisa menikmati suasana Desa yang asri dengan spot spot foto dan gardu pandang Gunung Merapi.

Beberapa potensi wisata yang ada di Tegaldowo antara lain jalur pendakian Sapuangin menuju puncak Gunung Merapi,Goa Jepang,Embung Tirto Mulyo,Kampung Girpasang dengan 1001 anak tangga dan Kereta gantungnya.

Selain itu Desa Wisata Tegaldowo ini juga memiliki wisata Kuliner dan budaya yang khas.Warung kuliner di sana menyediakan aneka olahan khas Jawa dan tentunya dengan minuman khas kopi.

Warung warung kopi juga menyediakan aneka kopi,dan yang paling khas adalah kopi dari hasil panen tanaman kopi masyarakat lokal.karena masyarakat Tegaldowo ini kebanyakan berkebun kopi,sehingga kedepannya juga supaya bisa mengembangkan potensi wisata di area kebun kopi.

Harga tiket masuk wisata Desa Tegaldowo ini Sobat akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 2000 per orang,dengan biaya tersebut Sobat sudah bisa menikmati keindahan pedesaan dengan alam yang hijau dengan pemandangan Gunung Merapi yang sangat indah.

Desa Wisata Tegaldowo Klaten
Pantainyajogja.com  by@Desa_Wisata_Tegaldowo

Selain Sobat bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dari dekat tentunya Sobat juga bisa menikmati keindahan lampu Kota Solo saat malam hari,Sobat bisa mengabadikan dengan berfoto foto dari warung pojok yang merupakan lokasi yang bagus untuk menikmati kopi sambil bersantai bersama teman.

Harga kopi dan makanan yang ada diwarung pojok ini juga cukup murah kok Sob,untuk harga makanan mulai dari Rp 7000 hingga Rp 15.000.Dengan aneka camilan dengan harga mulai Rp 7000 saja.

Ada beberapa menu minuman yang ada di warung Kopi Tegaldowo Klaten antara lain:aneka teh,lemon,minuman jahe,dan juga aneka kopi,yang paling terkenal adalah kopi merapi Sapuangin,yang merupakan menu kopi asli khas daerah Tegaldowo,Klaten.

Selain aneka minuman di Desa Wisata Tegaldowo ini juga banyak menu makanan yang bisa Sobat pesan antara lain ayam geprek,ayam bakar,ayam goreng,nasi goreng,lele goreng dan bakar,dan juga makanan ringan seperti sosis,nuget,jamur crispy,pisang goreng,kentang goreng dan masih banyak lainnya.

kereta gantung dusun girpasang
Pantainyajogja.com  by Fb @Saefull

Ada yang unik hlo Sob di Desa Wisata Tegaldowo Katen ini,yaitu Dusun Girpasang,Dusun Girpasang ini merupakan dusun yang terpencil dengan jalur untuk menuju ke sana harus melewati jalan yang berliku di pinggir jurang.

Nah untuk memudahkan pengangkutan barang Dusun Girpasang ini membuat sebuah gondola atau biasa juga disebut dengan kereta gantung untuk mengangkut barang barang sehingga akan mudah sampai dengan menyeberangi jurang dan sungai Girpasang.

Nah bagi Sobat yang penasaran dan berani mencoba naik kereta gantung ini juga bisa kok Sob,Gondola Girpasang ini memiliki kapasitas 4 orang dengan biaya Rp 60.000.

Harga Rp 60.000 sudah termasuk nanti Sobat kembali lagi.

Bagi Sobat yang ingin mencari suasana baru yaitu suasana desa yang masih alami bisa datang ke Desa Tegaldowo atau Dusun Girpasang ini,Sobat akan menemukan budaya,adat lokal dan tentunya ditemani dengan masyarakat sekitar yang sangat ramah.

Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan wisata Sobat di akhir pekan.
 

Posting Komentar untuk "Desa Wisata Tegaldowo Dan Keunikan Kereta Gantung Dusun Girpasang Klaten Jawa Tengah"