Candi Selogriyo Windusari Magelang,Sejarah Dan Rute Menuju Ke Sana.

Kabupaten Magelang selain terkenal dengan wisata alamnya juga terkenal dengan wisata sejarahnya,salah satu wisata sejarah di Kabupaten Magelang yang akan kami bagikan adalah Candi Selogriyo Magelang.

Candi Selogriyo Magelang ini merupakan sebuah situs peninggalan purbakala agama Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke 9 Masehi.

Candi Selogriyo Magelang ini juga memiliki nama lain yang juga banyak orang menyebut dengan Omah Batu atau rumah batu.

Candi Selogriyo ini tidak ada candi pendamping,hanya satu candi saja,di dalam candi terdapat 5 arca yaitu:
*Arca Dirga Mahesasuramardini yang berada di dinding utara.
*Arca Ganesha yang berada di dinding barat.
*Arca Agastya yang ada di dinding bagian selatan.
*Arca Nandiswara yang berada di timur.
*Arca Mahakala juga berada di dinding timur.

Sebelum kita bahas tentang lokasi dan harga tiket masuknya kita juga akan membahas sedikit sejarah tentang Candi Selogriyo Magelang ini.

Sejarah Candi Selogriyo Magelang.
Awal mula ditemukan Candi Selogriyo ini pada masa penjajahan Belanda oleh Hartman dalam kondisi pecah pecah tidak utuh seperti pada saat ini.

Candi Selogriyo Windusari ini ditemukan pada tahun 1835 dan kemudian sang penemu pecahan dan ceceran batuan candi membentuk team untuk menyusun ulang candi menjadi candi Selogriyo seperti sekarang ini.

Namun sebelumnya juga candi Selogriyo ini berada di deket lereng gunung yang kemudian terkena longsor sehingga sebagian rusak,sehingga pada tahun 2000 dilakukan penataan ulanag dan peletakkannya lebih jauh dari lokasi longsor sehingga lebih aman seperti saat ini.

Asal usul Candi Selogriyo ini bisa menjadi tambahan pengetahuan tentang sejarah peninggalan pada masa lampau.


Candi Selogriyo Windusari Magelang,
Pantanyajogja.com by@Candi_Selogriyo 


Mitos Candi Selogriyo Windusari Magelang.
Ada beberapa mitos yang masih dikenal di Candi Selogriyo ini salah satunya adalah mitos bahwasanya mata air yang berada di kawasan Candi Selogriyo ini memiliki khasiat awet muda bagi orang yang membasuh muka di mata air tersebut.

Menurut warga sekitar waktu yang paling tepat dan lebih berkhasiat saat membasuh muka di sember mata air ini sekitar tanggal 1 hingga 10 Muharam.

Mitos Candi Selogriyo yang ke dua adalah menurut warga,dahulu sering terdegar suara gamelan saat malam selasa Kliwon dan Jumat Kliwon.

Percaya atau tidak dengan mitos yang beredar di Candi Selogriyo ini tentunya adalah hak masing masing,namun Sobat harus bisa menjaga dan melestarikan warisan jaman dahulu,sehingga bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.

Lokasi Candi Selogriyo Windusari.
Candi Selogriyo terletak di Desa Candisari,Kecamatan Windusari,Kabupaten Magelang,Jawa Tengah,berjarak sekitar 12 Km dari pusat Kota Magelang Jawa Tengah.

Lokasi Candi Selogriyo ini berada di lereng 3 gunung yaitu bukit Condong,Bukit Giyanti dan Malang.Sehingga jika dari lokasi Candi Selogriyo ini Sobat akan dimanjakan dengan pemandangan alam perbukitan yang indah.

Jalur Menuju Lokasi Candi Selogriyo Magelang.
Bagi Sobat yang ingin berkunjung ke lokasi candi Selogriyo ini bisa melalui beberapa rute yang bisa Sobat tempuh salah satunya adalah dengan melewati jalan Kecamatan Bandongan.

Setelah Sobat sampai di kecamatan Bandongan nanti akan menemukan pertigaan dan menuju arah Kecamatan Windusari.

Setelah sampai di Desa Candisari kemudian menuju Dusun Selogriyo,nah untuk sampai di lokasi candi Selogriyo ini Sobat hanya bisa menggunakan sepeda motor saja.

Sobat juga bisa berjalan kaki sejauh 2 Km untuk sampai di lokasi wisata candi Selogriyo ini,namun tak usah khawatir akan terasa capek,karena sepanjang perjalanan Sobat akan dimanjakan dengan pemandangan alam dan area persawahan warga yang begitu luas dan hijau.

Sepanjang perjalanan Sobat bisa sambil berfoto foto di lokasi spot foto yang bagus,Sobat juga bisa berfoto bersama masyarakat sekitar yang sedang beraktivitas,sehingga nanti menjadi kenangan tersendiri pernah melakukan tracking ke candi Selogriyo Magelang ini.

Baca Juga Wisata Bukit Grenden Magelang

Candi Selogriyo Windusari Magelang
Pantanyajogja.com by@Candi_Selogriyo 

Tiket Masuk Candi Selogriyo Magelang.
Berbicara tentang harga tiket masuk candi Selogriyo Magelang ini menurut kami cukup murah,karena Sobat hanya dikenakan biaya masuk Rp 5000 saja.

Parkir kendaraan roda 2 Rp 2000 dan untuk parkir mobil Rp 5000 saja,harga tersebut juga bisa berubah sesuai dengan keputusan pihak pengelola dan pemerintah setempat.

Untuk jam buka Candi Selogriyo ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 Wib,sehingga Sobat bisa puas seharian berada di lokasi area Candi.

Fasilitas Candi Selogriyo.
Untuk fasilitas yang ada di kawasan candi Selogriyo ini memang masih sederhana dan belum begitu lengkap,tetapi untuk fasilitas penting juga sudah ada seperti toilet,tempat parkir,warung makan dan tentunya spot foto yang keren yang ada di sana.

Bagi Sobat yang ingin berkunjung ke Candi Selogriyo Magelang ini harus memepersiapkan barang barag kebutuhan Sobat salah satunya adalah kamera untuk mengabadikan da berfoto selfie di sana.

Bawalah topi saat terik matahari,meskipun udaranya sejuk,namun saat terik pasti akan terasa panas.

Candi Selogriyo Windusari Magelang
Pantanyajogja.com by@Candi_Selogriyo 

Candi Selogriyo Magelang ini berada di ketinggian 740 Mdpl,sehingga udaranya cukup sejuk meskipun panas matahari.

Meskipun Candi Selogriyo ini berukuran kecil namun memiliki relief relief yang keren,candi Srlogriyo ini berukuran 4,2 X 4,2 dengan ketinggian 4,96Meter.

Mekipun candinya kecil tetapi pemandangan alam sekitar candi yang membuat kagum para pengunjung,dengan didukung oleh taman candi yang tertata rapi membuat betah berlama lama berada di sini.

Sedikit informasi tentang Candi Selogriyo Windusari Magelang ini semoga bisa bermanfaat dan bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan wisata Sobat di akhir pekan.


 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Candi Selogriyo Windusari Magelang,Sejarah Dan Rute Menuju Ke Sana."

Posting Komentar