Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Wisata Kota Semarang Untuk Keluarga Yang Paling Populer

Wisata Kota Semarang memang cukup beragam,Kota Semarang memiliki destinasi wisata yang menawarkan pesona alam,budaya,dan juga sejarahnya.

Dengan kombinasi yang menarik antara modernitas dan keberagaman kultural, kota ini telah menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke tempat wisata Kota Semarang.

Nah kali ini Pantainyajogja.com akan berbagi informasi tentang daftar wisata Semarang untuk keluarga antara lain:

1. Kota Lama Semarang

wisata kota semarang
Kota lama Semarang

Tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Semarang adalah Kota Lama Semarang. Kawasan ini memperlihatkan warisan arsitektur kolonial Belanda yang masih terjaga dengan baik.

Lokasi Kota Lama Semarang berada di Semarang Utara,tepatnya di tepi sungai Mberok,Tanjung Mas yang sangat strategis.

Bangunan-bangunan unik bergaya Eropa masa lalu menjadi daya tarik tersendiri,ada beberapa wisata kota tua Semarang yang wajib Sobat kunjungi seperti Gereja Blenduk, Lawang Sewu, dan Taman Srigunting.

Destinasi wisata Semarang ini menjadi saksi bisu masa lalu yang kaya sejarah dan budayanya. Sobat juga bisa berjalan-jalan dan juga berkeliling dengan sepeda ontel di sepanjang Jalan Pemuda yang dikenal dengan Pasar Johar yang terkenal dengan kuliner khasnya.

2. Sam Poo Kong

wisata kota semarang
Sam Poo Kong

Kuil Sam Poo Kong ini berada di Jl Simongan,Bongsari,Kecamatan Semarang Barat,Kota Semarang Jawa Tengah.

Lokasi Sam Poo Kong ini juga cukups strategis dan mudah untuk ditemukan,ada banyak jalur menuju Kuil Sam Poo Kong Semarang ini,Sobat bisa menggunakan panduan google maps.

Sam Poo Kong sebagai Klenteng Gedung Batu,yang merupakan kompleks kuil yang dihormati oleh umat Buddha. Kuil ini merupakan tempat peringatan bagi Laksamana Cheng Ho, seorang pahlawan dari Dinasti Ming yang melakukan perjalanan ke Nusantara pada abad ke-15.

Arsitektur unik dan ornamen yang megah menghiasi kuil ini, membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi jika berada di Semarang Jawa tengah.

Berada di Kuil Sam Poo Kong Semarang ini,Sobat bisa berfoto-foto dan juga belajar sejarah Kuil Sam Poo Kong ini.

Kuil Sam Poo Kong ini bisa menjadi pilihan obyek wisata di Semarang yang akan meberikan pengalaman menarik.

3. Lawang Sewu

wisata kota semarang hits
Lawang sewu

Lawang Sewu ini berada di Jl Pemuda,Sekayu,Kecamatan Semarang tengah,Kota Semarang Jawa Tengah.

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan perkantoran Perusahaan kereta api Hindia-Belanda pada masa Kolonial Belanda.

Lawang Sewu dalam bahasa Jawa berarti "Seribu Pintu," adalah bangunan bersejarah yang sangat megah dengan arsitektur art deco yang dibangun pada tahun 1904.

Kini Lawang Sewu telah menjadi museum yang menyajikan koleksi tentang sejarah dan arsitektur kolonial. Selain bisa belajar sejarah, Sobat juga dapat merasakan sensasi petualangan dengan mengikuti pemandu tur  di Lawang Sewu yang terkenal dengan cerita mistisnya ini.

Tiket masuk Lawang Sewu Semarang ini cukup terjangkau,bagi wisatawan Mancanegara Rp 30.000,wisatawan lokal Rp 20.000,sedangkan untuk anak-anak dan pelajar harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000 saja.

4. Taman Srigunting

wisata kota semarang populer untuk keluarga
Taman Srigunting

Taman Srigunting adalah sebuah taman yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah,tepatnya berada di Jalan Letjen Suprapto 32, Kawasan Kota Lama,Tanjung Mas,Kecamatan Semarang Utara,Kota Semarang Jawa Tengah.

Taman Srigunting merupakan tempat yang populer di Kota Semarang untuk melepas penat, beristirahat, dan menikmati keindahan alam yang damai. Dengan suasana yang nyaman dengan fasilitas yang memadai, taman ini menjadi tempat yang cocok untuk berlibur sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Di Taman Srigunting Semarang ini juga sering mengadakan acara pentas seni budaya,sehingga Sobat bisa menikmati keindahan alam kota semarang sambil melihat pertunjukan.

Banyak sekali spot berfoto yang keren dan instagramable seperti properti becak,sepeda jadul dan masih banyak spot foto lainnya.

5. Masjid Agung Semarang Jawa Tengah


Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia dan merupakan simbol keagungan Islam di Kota Semarang. 

Lokasi Masjid Agung Semarang ini berada di Jl Gajah Raya,Sambirejo,Kecamatan Gayamsari,Semarang,Jawa Tengah.

Dibangun dengan arsitektur yang megah dan detail yang indah dengan perpaduan gaya Jawa,Timur Tengah dan juga gaya arsitektur Yunani,sehingga menghasilkan bangunan yang unik.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Kota Semarang ini juga memiliki cerita sejarah tentang berdirinya Masjid Agung.

Menyediakan fasilitas seperti perpustakaan dan galeri seni bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi lebih dalam tentang Islam dan budaya Jawa.

Di halaman Masjid Agung Semarang ini cukup luas,sehingga selain bisa belajar tentang sejarah dan agama Islam di Masjid Agung ini,Sobat juga bisa santai di halaman taman masjid.

6. Kawasan Kuliner Semarang

Simpang lima semarang
Kawasan kuliner Simpang Lima Semarang

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tanpa mencicipi kuliner khasnya yang sangat lezat. Kota Semarang ini terkenal dengan hidangan lezat seperti lumpia, tahu gimbal, nasi goreng babat, bandeng presto, dan masih banyak lagi lainnya yang bisa Sobat temukan di kawasan kuliner Semarang.

Sobat bisa berkunjung ke kawasan Simpang Lima Semarang dengan berbagai restoran, kafe, dan pedagang kaki lima yang menjual aneka makanan.

Kawasan Simpang Lima Semarang ini adalah tempat yang sangat populer untuk menikmati hidangan khas Semarang. Jangan lupa mencicipi jajanan tradisional dan minuman segar seperti es dawet dan es kacang merah dan minuman khas Semarang yang ada di kawasan kuliner Simpang Lima.Kawasan Simpan Lima Semarang ini mejadi salah satu wisata di Semarang yang lagi hits bagi kalangan anak muda.

Sobat bisa bersantai dan nongkrong di kawasan Simpang Lima Kota Semarang ini,apalagi saat malam hari,tempatnya sangat bagus dengan hiasan lampu-lampu kota yang terlihat cantik.

7. Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito semarang
Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito adalah tempat yang sempurna untuk memahami sejarah dan budaya Jawa Tengah.

Lokasi Museum Ronggowarsito ini berada di Jl Abdulrahman Shaleh,Kalibanteng,Kecamatan Semarang Barat,Kota Semarang Jawa Tengah.

Lokasinya cukup strategis dan juga tidak jauh dari Simpang Lima Semarang,karena hanya berjarak sekitar 7 Km dengan waktu perjalan sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Museum ini didedikasikan untuk mengenang Raden Ngabehi Ronggowarsito, seorang sastrawan terkenal dari Jawa pada abad ke-19. Di dalam museum, Sobat dapat menemukan koleksi artefak, naskah, dan lukisan yang menggambarkan kehidupan dan karya-karya Ronggowarsito pada zaman dulu.

Museum Ronggowarsito ini adalah tempat yang tepat untuk melihat warisan intelektual dan seni Jawa yang berharga,sekaligus bisa Sobat jadikan tempat wisata keluarga di Semarang.

8. Kampung Pelangi

wisata semarang hits
Kampung pelangi

Kampung Pelangi adalah sebuah kampung di Kota Semarang yang dirubah menjadi sebuah karya seni warna-warni yang menakjubkan.

Kampung Pelangi Semarang ini berada di Jl DR Sutomo,Randusari,Kecamatan Semarang Selatan,Kota Semarang,Jawa Tengah.

Kampung Pelangi ini sangat unik denagn dinding-dinding rumah warga yang dihiasi dengan mural cerah dan berwarna-warni.

Kampung ini menciptakan suasana yang ceria dan Instagrammable. Setiap sudutnya menawarkan spot foto yang indah dan memikat.

untuk harga tiket masuk kawasan kampung Pelangi Semarang ini cukup murah,Sobat hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp 3000 saja per orang,dan juga biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil pribadi.

Kampung Pelangi Semarang ini menjadi pilihan tempat wisata Kota Semarang yang murah,namun memiliki keindahan yang takkan Sobat dapatnya di Kota lainnya,sehingga tempat ini menjadi tempat menarik di Semarang yang wajib Sobat kunjungi

Wisata Kota Semarang menjadi pilihan destinasi wisata yang menggabungkan pesona sejarah, keindahan alam, seni dan budaya yang memikat hati.

Informasi tentang daftar Wisata Kota Semarang,Jawa Tengah ini semoga bermanfaat,dan tentunya bisa Sobat jadikan bahan referensi tujuan wisata jika pergi ke Semarang. 



Posting Komentar untuk "Daftar Wisata Kota Semarang Untuk Keluarga Yang Paling Populer"