Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oleh-oleh Khas Jogja Dan Harganya;Pilihan Belanja Saat Berkunjung Ke Jogjakarta

Jogjakarta merupakan salah satu Kota yang memiliki destinasi wisata yang paling populer di Indonesia.Sehingga banyak wisatawan lokal maupun Mancanegara yang datang ke Yogyakarta.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya,juga terkenal dengan sejarah dan budayanya.Jogja juga dikenal dengan kulinernya yang enak dan murah.dengan oleh-oleh khasnya yang lezat dan unik.

Apa saja oleh-oleh khas Jogja?Mungkin sebagian orang bertanya tentang jenis oleh-oleh khas Jogja yang bisa dibawa pulang.

Kali ini Pantainyajogja.com akan membahas beberapa oleh-oleh khas Jogja dan harganya.

Oleh-oleh khas Jogja Dan Harganya

Bakpia

oleh leh khas jogja murah
Bakpia Jogja

Bakpia merupakan salah satu kue khas Yogyakarta yang banyak dijadikan oleh oleh para wisatawan,karena memang rasanya yang gurih dan harganya juga cukup terjangkau.

Bakpia Jogja terbuat dari tepung terigu, gula, kacang hijau, dan bahan-bahan lainnya.Bakpia dapat ditemukan di toko oleh-oleh Jogja, dengan harga yang bervariasi sesuai dengan isian bakpia tersebut.

Harga bakpia berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 80.000 per bungkus tergantung dari isi kacang atau keju, dan juga tergantung dari kemasan dan merk.

Gudeg

oleh oleh khas jogja dan harganya
Gudeg jogja

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah.Gudeg ini dimasak dengan cara direbus di kuwali dengan waktu yang lama,sehingga menghasilkan cita rasa gudeg yang khas.

Gudeg dapat ditemukan di restoran dan warung gudeg Jogja,bahkan banyak warung nasi rames yang menyajikan olahan gudeg ini,sehingga jika Kalian berkunjung ke Jogja dan lagi mencari warung gudeg tak akan kesulitan.

Banyak sekali pilihan warung gudeg jogja terkenal seperti gudeg Yu Djum,Gudeg Bu Citro,gudeg Sagan dan banyak warung gudeg lainnya. 

Makanan tradisional khas Jogja ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000 per porsi, tergantung dari jenis gudeg dan juga isian gudeg.

Keripik Tempe

Keripik tempe
Keripik tempe Jogja

Keripik tempe adalah keripik khas Jogja yang terbuat dari tempe kedelai,cara buat keripik tempe ini sangat mudah,yaitu dari bahan tempe yang dipotong tipis dan digoreng hingga renyah.

Kripik tempe ini juga ada yang digoreng dengan campuran tepung yang sudah dibumbui,sehingga memiliki rasa gurih dengan aroma bawang yang khas.

Keripik tempe dapat ditemukan di banyak toko oleh-oleh di Jogja, dengan harga berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 per bungkus, tergantung dari merk dan ukuran bungkus.

Keripik tempe ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama,jika Kalian berasal dari luar kota dan membutuhkan waktu perjalanan panjang,tak usah khawatir kripik tempe ini akan basi.

Geplak

Geplak jogja oleh oleh jogja murah
Geplak Jogja

Geplak adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari kelapa parut dan gula pasir maupun gula jawa,sehingga rasanya manis.

Sebenarnya geplak ini berasal dari Bantul,yaitu salah satu kabupaten yang ada di Kota Jogjakarta.Geplak ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh dari Jogja yang tahan lama dengan harga yang cukup murah.

Bagi Sobat yang lagi mencari oleh-oleh Jogja yang satu ini sangat mudah,banyak toko oleh-oleh di Jogja yang menjual geplak.

Harga geplak Jogja juga sangat terjangkau mulai dari harga Rp 5.000 hingga Rp.10.000 per bungkus, tergantung dari jenis geplak dan berat per bungkusnya.

Gatot Dan Tiwul.

oleh-oleh khas Gunungkidul
Gatot dan Tiwul

Gatot dan Tiwul merupakan makanan khas Jogjakarta yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Gatot dan tiwul ini terbuat dari bahan dasar singkong yang sudah dikeringkan atau biasa disebut dengan gaplek.

Cara membuat gatot dengan memotong motong gaplek atau singkong kering menjadi kecil,kemudian dikukus hingga matang,kemudian dibumbui dengan garam dan penyedap rasa dan juga dicampur dengan parutan kelapa muda,sehingga rasanya sangat gurih.

Tiwul juga terbuat dari singkong kering atau disebut dengan gaplek,kemudian ditumbuk halus menjadi tepung singkong,setelah itu dibuat tiwul dengan cara dikukus.

Rasanya gurih dengan campuran garam dan parutan kelapa,sedangkan untuk mendapatkan rasa manis,tiwul dicampur dengan air gula kemudian baru dikukus.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Jogja murah ini bisa datang ke toko oleh-oleh yang ada di Kabupaten Gunungkidul Jogjakarta,seperti oleh-oleh Sari Rasa,Oleh-oleh Pak Kirun,Oleh-oleh Ika Sari dan banyak lainnya.

Harga gatot dan tiwul ini cukup murah,hanya sebesar Rp 20.000 sampai dengan Rp 30.000 setiap kemasan. 

Belalang Goreng.

belalang goreng jogja
Belalang goreng

Selain terkenal dengan makanan khas yang biasa,di Jogja juga terdapat makanan khas yang terbilang ekstrim bagi sebagian orang.

Kuliner khas yang tak biasa ini adalah belalang goreng,belalang goreng menjadi salah satu oleh-oleh khas jogja yang cukup diminati.

Belalang goreng ini tersedia tersedia dua rasa,yaitu rasa original gurih,dan juga rasa manis gurih,untuk memasak belalang goreng gurih ini hanya perlu bumbu garam dan juga bawang,tetapi untuk rasa manis gurih,belalang harus direbus terlebih dahulu dengan gula,kemudian baru digoreng.

Sobat bisa mendapatkan belalang goreng ini di toko oleh oleh jogja seperti oleh oleh Pak Gareng Gunungkidul,oleh oleh Sari Rasa dan juga bisa kalian temukan di pinggiran jalan Jogja-Wonosari.

Untuk harga belalang goreng di Jogjakarta mulai dari Rp 25.000 per toples,Kalian juga bisa membeli belalang hidup dengan harga Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per Kg.

Wedang uwuh

wedang uwuh jogja
Wedang uwuh

Wedang uwuh adalah minuman tradisional Jogja yang terbuat dari bahan-bahan alami rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan bahan-bahan lainnya.

Wedang uwuh memiliki aroma rempah-rempah yang kuat dan rasanya yang khas.Wedang uwuh dapat ditemukan di banyak warung dan toko di Jogja, dengan harga berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 15.000 per bungkus.

Jika Sobat akan menikmati langsung wedang uwuh ini,bisa mencari tempat kuliner tradisional atau kuliner khas seperti angkringan yan ada di Kota Jogjakarta.

Batik

Batik Jogja murah
Batik Jogja

Bagi Sobat yang lagi mencari oleh-oleh khas Jogja selain makanan,bisa belanja oleh-oleh baju batik jogja yang bisa dibeli di Malioboro.

Batik adalah kain tradisional Indonesia yang sangat terkenal dengan dihiasi motif yang indah dan khas.Jogja merupakan salah satu pusat produksi batik terbesar di Indonesia,sehingga sampai sekarang banyak para pemburu batik khas Jogja.

Batik Jogja dapat ditemukan di banyak toko dan pasar di Jogja, dengan harga bervariasi tergantung dari kualitas dan jenis kain batik.

Batik yang mahal yaitu batik dengan kain yang berkualitas dan juga dengan pengerjaan secara manual yaitu membatik kain dengan alat canting dan juga pewarna alami.

Harga batik berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 1.000.000 per potong, tergantung dari bahan, motif, dan kerumitan proses pembuatannya.

Tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Jogja sebagai kenang-kenangan saat berkunjung ke Kota Jogjakarta.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Jogja dan harganya,semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Oleh-oleh Khas Jogja Dan Harganya;Pilihan Belanja Saat Berkunjung Ke Jogjakarta"